Sukses

Jakarta Fashion Week 2023 Digelar Hybrid, Janjikan Kejutan untuk Pecinta Fesyen Tanah Air

Jakarta Fashion Week 2023 akan diselenggarakan di City Hall, Level 5 Pondok Indah Mall atau PIM III pada 24--30 Oktober 2022 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta Fashion Week 2023 atau JFW 2023 bakal kembali terlaksana secara langsung. Pekan mode yang digadang-gadang terbesar di Indonesia itu akan bertempat di venue baru, yakni di City Hall, Level 5 Pondok Indah Mall atau PIM III pada 24--30 Oktober 2022 mendatang.

CEO GCM Group and Chairwoman JFW Svida Alisjahbana menyampaikan selama 12 tahun lamanya, JFW digelar secara offline dan online sebagai pelengkap. Peragaan busana secara live streaming pertama dilakukan selama dua tahun belakangan akibat pandemi Covid-19.

"Yang kita pelajari saat offline dan catching up ilmu dua tahun online, tahun ini menggabungkannya menjadi live show and live streaming. Show offline dan online atau O2O," kata Svida dalam konferensi pers JFW 2023 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/9/2022).

Suguhan pesta mode yang akan digelar di rooftop tersebut, dikatakan Svida, memungkinkan hadirnya experience 'see-now-buy-now'. Penonton dapat langsung membeli koleksi desainer setelah peragaan busana selesai. Rangkaian JFW 2023 nantinya diwarnai pengalaman retail multi-label terbaik hasil kurasi Fashionlink di area Atrium Level 2 PIM III dan Dewi Luxe Market ada di Ground Floor.

"Live show bisa belanja dan live streaming bisa belanja di Lazada. O2O JFW untuk pertama kalinya embracing O2O seutuhnya dari platform masa kini," terang Svida.

Direktur Kreatif JFW Andandika Surasetja menggambarkan City Hall adalah satu ruang yang sangat luas dan dapat dieksplorasi. Melalui pekan mode ini, pengunjung akan banyak disuguhkan beragam pengalaman baru. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

See-Now-Buy-Now

Aspek pengalaman bukan hanya soal peragaan busana, tetapi ditunjang dengan pengalaman belanja ritel di Atrium Level 2 dan online didukung penuh oleh Lazada. Selain itu, Dika menyebut JFW tahun ini mengusung tema besar bertajuk "Fashion Reformation". Maknanya adalah membahas masa depan fesyen itu sendiri.

"Karena kita pernah mengalami fase kehidupan pre-pandemic, during pandemic, dan post-pandemic, segala sesuatu shifting. Dulu retail tradisional bertransformasi digital. Dulu berpikir digital menggantikan, ternyata tradisional dan digital berjalan beriringan hadirkan pengalaman baru melalui JFW," tutur Dika.

VP of Marketing and Branding Lazada Indonesia Irene Inonu menjelaskan pihaknya menuju masa depan dengan bantuan digital membawa teknologi baru untuk lebih dekat dengan konsumen. Inovasi live streaming mengusung konsep 'see-now-buy-now'.

"Lazada Live dengan setiap look akan hadir di genggaman tangan di handphone dan dihubungkan dengan 'see-now-buy-now' koleksi di runway yang bisa dibeli oleh dokumen," katanya.

E-commerce ini juga akan menghadirkan seamless experience melalui instalasi di PIM III selama JFW berlangsung. Ditambah, nantinya Lazada turut menyuguhkan dua spesial show.

3 dari 4 halaman

Jaring Bakat Muda

Svida mengatakan JFW selalu menggali bakat muda terbaik, dari perancang mode, Fashion Force, sampai Dewi Fashion Knights (DFK). Begitu pula dengan JFW Model Search yang juga menjaring model-model muda yang fresh, masa kini, dengan pribadi yang keren.

"JFW Model Search engagement di TikTok sampai 200 juta dan syutingnya kita buat reality show di InterContinental Jakarta Pondok Indah," demikian jelas Svida.

Ia menjelaskan perekrutan JFW Model Search di awal harus berkeliling Indonesia untuk mencari bakat-bakat terbaik. Kini, berkat adanya media sosial, seperti TikTok, proses penjaringan model-model baru terbaik menjadi lebih dimudahkan.

Ajang pencarian model ini awalnya mendapat 980 submission dan menjadikan JFW Model Search sebagai platform untuk meniti karier di dunia model. Jebolannya kini sudah punya nama di dunia modeling, seperti Rizal Rama dan Raihan. Proses seleksi dilakukan untuk mencari wajah dari JFW 2023 sejak Juni 2022. Juri sudah memilih 16 kandidat terbaik untuk selanjutnya mengikuti proses seleksi di Jakarta.

4 dari 4 halaman

JFW 2023 Icons

Rangkaian proses seleksi itu akan dirangkum dalam Webseries JFW 2023 Icons - The Journey melalui kanal YouTube official Jakarta Fashion Week. Mereka diarahkan oleh mentor dan dewan juri, yakni koreografer mode Panca Makmun, top model Kelly Tandiono, dan direktur kreatif JFW Andandika Surasetja.

"Ada enam episode mulai ditayangkan mulai 12 September 2022 dan di penghujung episode ada pemenang dari JFW Icons," kata Dika.

Syuting webseries JFW 2023 Icons - The Journey dilakukan di InterContinental Jakarta Pondok Indah. Director of Marketing and Communications InterContinental Jakarta Pondok Indah Marlene Danusutedjo menyampaikan sebagai official partner, reality show acara tersebut disambut dengan suguhan menarik.

"Tim chef dan kuliner kami menyiarkan sajian khusus, satu hidangan bernama 'JFW inspired afternoon tea'. Ini adalah hidangan camilan sore hari yang wadahnya dibuat fashion banget, ada tas wanita, variasi hidangan cokelat bentuk sepatu hak tinggi, tempat kosmetik, untuk tersaji di beauty challenge," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.