Sukses

6 Gaya Nafa Urbach Berkebaya, Pesonanya bak Kembang Desa

Dari kebaya kartini hingga kutu baru, Nafa Urbach seolah ingin membuktikan kebaya bisa dipakai dalam beragam momen.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum gerakan Kebaya Goes to UNESCO digaungkan, Nafa Urbach sudah lebih dulu rutin mengenakan busana nasional itu dalam berbagai kesempatan. Beragam motif dan warna kebaya yang dipakainya mampu menambah pesona pemain sinetron Terpikat itu.

Ia juga kerap membagian potret saat mengenakan kebaya di akun media sosialnya. Salah satunya adalah foto yang diunggah pada 15 Mei 2022.

Dalam potret itu, pemain sinetron sekaligus penyanyi itu tampil mengenakan kebaya kartini bermotif bunga dengan warna terang. Ia memadupadankannya dengan kebaya warna sogan yang memberi keanggunan. Dengan latar suasana pedesaan, perempuan yang pernah digadang-gadang sebagai penerus Nike Ardilla itu terlihat seperti kembang desa.

"Mugi sedaniyapun tansah unggul lan kebak semangat buat hari ini," tulis Nafa dalam kolom keterangan. Ia berharap semua orang selalu prima dan lengkap.

Warganet pun membanjiri unggahan itu dengan beragam komentar. Mayoritas memuji perempuan yang kini menjadi kader Partai Nasdem itu cantik dan bersinar.

"Like a sunshine," tulis warganet.

"Cantik mbak, sedari dulu sampe sekarang tetap cantik," imbuh warganet lainnya.

Nafa Urbach adalah putri dari alm. Ronald Walter Urbach dan Neneng Maria Kusuma. Perempuan kelahiran Magelang, 15 Juni 1980 ini merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Ia mengawali karir pada era 90an sebagai penyanyi yang kerap membawa lagu bergenre slow rock. Album perdana Nafa berjudul “Bagian Lilin Kecil” yang rilis pada 1996. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenalkan Budaya Indonesia

Masih dengan suasana pedesaan, Nafa kembali mengenakan kebaya saat turun ke daerah untuk bertemu masyarakat. Pada Pemilu 2019, ia sempat maju sebagai calon legislatif dari Partai Nasdem untuk daerah pemilihan (Dapil) 6 Jawa Tengah pada pemilu 2019.

Saat turun ke desa, terlihat Nafa dengan kebaya kutu baru berjalan menyusuri area pesawahan. Latar belakangnya yang berwarna serba hijau terlihat kontras dengan kebaya bermotif dominan warna kuning itu. Rambutnya yang coklat senada dengan warna kain yang dikenakan menambah aura kecantikannya.

"Bunga desa yang cantik," tulis seorang warganet.

 

Saat menghadiri event W20 Summit di Parapat, Sumatera Utara, Nafa tidak ketinggalan untuk memamerkan busana kebayanya. Ia kembali mengenakan kebaya kutu baru berbahan beludru yang dilengkapi stagen hijau cerah nan kontras.

Tampilannya makin apik dengan kain batik sogan. Ia sengaja menggerai rambutnya dengan riasan wajah minimalis. Hanya lipstik merah yang ditonjolkan.

Kehadiran Nafa saat itu di Parapat untuk menghadiri salah satu side event G20. Forum itu membahas hal-hal yang berkaitan dengan isu perempuan, UMKM, perubahan energi, ekonomi, dan lain-lain. Nafa menyebut, dalam kegiatan itu ia bertemu dengan delegasi-delegasi internasional dari 18 negara. Kebaya yang dikenakannya bisa menjadi upaya pengenalan budaya Indonesia ke negara lain.

3 dari 4 halaman

Bak Gangster

Kebaya tidak hanya mencerminkan elemen kuno, tetapi juga bisa berpadu apik dengan gaya kekinian. Nafa, misalnya, sengaja memakai kacamata hitam saat mengenakan kebaya kutu baru berwarna dasar hitam.

"Emak-emak gangster jawa, rusuh," tulis Nafa diimbuhi emoji tertawa. Unggahan itu pun dikomentari oleh presenter Wanda Hamidah dengan emoji bentuk hati.

Kebaya bermotif bunga itu dipadukan dengan batik bercorak kawung. Batik kawung yang disusun geometeris merupakan simbol perjalanan kehidupan manusia. Harapannya, agar manusia tidak melupakan asal usulnya. Selain itu, motif batik kawung juga dikenal sebagai lambang keperkasaan dan keadilan.

Masih dengan kebaya kutu baru, Nafa tampak anggun berpose mengenakan kebaya motif bunganya itu. Cahaya yang hanya menyoroti dirinya, membuat Nafa lebih menerbarkan pesonanya yang tampak apik berekspresi.

"Nang kono nggone nang kono wite," tulisnya dalam unggahan tersebut. Keterangan itu memiliki arti di sana tempat, di sana pohonnya.

Salah satu warganet bahkan menggodanya dengan menuliskan, “Kayaknya ak mulai percaya kalau legenda jaka tarub itu kisah nyata… apakah kamu si dewi Nawang Mulan kak?? Plisss jgn sampe ketemu selendangmu… tetaplah di bumiii kak…”

4 dari 4 halaman

Berkebaya bersama Sang Anak

Tidak hanya untuk dirinya, Nafa juga mengajak sang anak, Mikha untuk berpose mengenakan kebaya. Kebaya kartini serba putih itu dipadukan dengan warna rok yang lebih gelap.

Tampilan pasangan ibu dan anak itu terkesan anggun. Nafa menggelung rambutnya bergaya modern dengan rapi, mengingatkan pada gaya wanita ningrat. Potret bersama anak itu diunggahnya sekaligus untuk mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada para warganet. "

Dalam unggahan pada 2 Mei 2022 itu, Nafa menuliskan, "minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin." Warganet merespon unggahan itu dengan berbagai komentar.

“Semoga Nafa dan Putri selalu dalam Lindungan & BimbinganNya dalam sehat dan nyaman,” tulis seorang warganet.

 

Mikhaela atau Mikha merupakan anak Nafa Urbach dengan mantan suaminya, Zack Lee. Meski mereka bercerai sejak 2017 lalu, hubungan keduanya hingga kini masih akrab.

Keakraban Nafa dengan mantan suami terlihat dalam unggahan Instagramnya. Mereka menemani sang buah hati ke suatu acara. Nafa dan Zack memiliki prinsip yang sama, yaitu ingin menjadi orangtua yang lengkap bagi sang putri.

"Anak no 1 gak peduli bagaimana masa lalu kami berdua seperti apa, otak harus mengalahkan perasaan!" tulis Nafa dalam unggahan foto di akun Instagram pribadinya yang menampilkan kebersamaan Zack bersama putri mereka pada 28 Agustus 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini