Trik Pria Traveling ke 3 Negara Pakai Pesawat Cuma Habis Rp5 Juta

Oleh Henry pada 09 Sep 2022, 08:01 WIB
Diperbarui 09 Sep 2022, 08:01 WIB
Bujet Terbatas? Ini 5 Tips Liburan ke Luar Negeri dengan Cicilan
Perbesar
Ilustrasi traveling (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Traveling ke luar negeri kerap menjadi impian bagi banyak orang. Tetapi, keinginan itu kadang tak bisa dilaksanakan lantaran membutuhkan anggaran yang tak sedikit, apalagi jika ingin mengunjungi lebih dari satu negara sekaligus.

Namun siapa sangka, seorang pria bisa mengklaim liburan ke tiga negara sekaligus dengan biaya Rp5 juta saja. Informasi itu tampak dalam unggahan akun TikTok @travelingwithhat pada 4 September 2022.

Pria Indonesia ini pergi liburan ke Vietnam, Thailand, dan Malaysia sekaligus dengan biaya yang cukup hemat. Pertama, ia memesan tiket pesawat untuk penerbangan rute Jakarta - Ho Chi Minh dengan harga Rp800 ribu. Ia juga memesan tiket penerbangan dengan rute Ho Chi Minh - Bangkok seharga Rp250 ribu. Untuk perjalanan dari Bangkok ke Kuala Lumpur, ia memesan tiket pesawat seharga Rp250 ribu.

Di setiap negara, pria ini menghabiskan dua malam untuk liburan. Ia juga memesan penginapan dengan harga murah, yakni Rp1 juta untuk enam malam. Untuk anggaran makan, ia menyiapkan Rp900 ribu untuk liburan tersebut dengan rincian tiga kali makan per hari.

Transportasi di tiga negara tersebut hanya menghabiskan Rp500 ribu. Kemudian untuk tiket pulang, yakni dari Kuala Lumpur ke Jakarta, ia berhasil mendapatkan harga Rp500 ribu.

"Masih tersisa Rp1 jutaan," tulisnya dalam video tersebut. Pria ini kemudian menyarankan untuk mengatur liburan tiga bulan sebelum keberangkatan untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih hemat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Aplikasi Tiket Murah

Pria Traveling ke 3 Negara Cuma Habis Rp5 Juta, Warganet Tak Percaya Harga Tiket Pesawatnya
Perbesar
Pria Traveling ke 3 Negara Cuma Habis Rp5 Juta, Warganet Tak Percaya Harga Tiket Pesawatnya. foto: TikTok @travelingwithhat

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Banyak yang kaget melihat harga tiket pesawat yang termasuk sangat murah dan mustahil bisa didapatkan saat harga tiket pesawat sedang tinggi saat ini.

"Wah sekarang mah tiket pesawat sudah mahal banget," tulis warganet lainnya.

"Sebelum pandemi atau di tahun lalu mungkin bisa segitu. Sekarang nggak mungkin dapat harga murah. Avtur lagi naik," timpal warganet lainnya. 

Tapi, ada yang percaya bila itu bisa dilakukan. "Aku banget nih yang suka kayak gini. Pernah 10 hari nggak sampai 5 juta," komentar seorang warganet.

Pemilik akun tersebut sempat membalas dan mengingatkan agar mencari waktu untuk berlibur setidaknya dalam tiga bulan mendatang atau lebih. Ia juga menyarankan untuk mengunduh aplikasi ‘Cheapflights' agar bisa mendapatkan tarif tiket pesawat termurah ke berbagai destinasi baik domestik maupun internasional. 

Pria ini mengungkapkan harga termurah biasanya ditandai dengan warna hijau di tanggal tertentu. "Karena cari tiket termurah ya kita harus usaha ekstra cari yang termurah dan menyesuaikan tanggal yang ditawarkan aplikasi, beda sama yang ‘sultan’ bisa milih sendiri tanggal buat liburan," tulis pemilik akun.

 


Liburan Mahal

Pria Traveling ke 3 Negara Cuma Habis Rp5 Juta, Warganet Tak Percaya  Harga Tiket Pesawatnya
Perbesar
Pria Traveling ke 3 Negara Cuma Habis Rp5 Juta, Warganet Tak Percaya Harga Tiket Pesawatnya.  foto: TikTok @travelingwithhat

Pengalaman yang dibagikan pria tersebut berbanding terbalik dengan unggahan seorang traveler saat liburan ke Turki. Pengalaman itu dibagikan wanita bernama Herma lewat akun TikTok @hermaprabayanti. Ia mengaku liburan ke Turki selama sembilan hari bersama tujuh orang temannya dengan biaya yang cukup mahal.

Melansir dari unggahannya pada Rabu, 20 Juli 2022, untuk tiket pesawat dari Jakarta ke Turki mereka mendapatkan harga sekitar Rp5,7 juta per orang untuk pulang pergi.  Untuk naik transportasi umum seperti bus dan kereta di Turki, mereka menghabiskan sekitar Rp350 ribu.

Mereka juga sempat menikmati makan malam di kapal feri dengan harga Rp650 ribu per orang.  Selanjutnya, mereka membeli access pass museum dengan harga Rp900 ribu. Access pass museum ini digunakan untuk masuk ke seluruh museum yang ada di Turki.

Dari Istanbul, mereka juga pergi ke Cappadocia naik pesawat seharga Rp1,7 juta per orang untuk pulang pergi. Di sana mereka menyewa mobil seharga Rp1,5 juta selama tiga hari.Untuk hotel, rata-rata mereka menghabiskan Rp700 ribu per malam.

Sesampainya di Cappadocia, tentu mereka menaiki balon udara dengan harga Rp3 juta per orang. Dari bandara ke hotel, mereka juga menaiki bus sebanyak tiga kali. Sekali jalan mereka akan mengeluarkan biaya Rp150 ribu sekali jalan.

Untuk biaya makan, per orang memiliki bujet Rp250 ribu. Mereka juga pernah menaiki feri dengan tarif Rp650 ribu per orang. Total untuk liburan ke Turki menghabiskan biaya Rp22.690.000 per orang selama sembilan hari di sana.


Turun 15 Persen

Wanita Ungkap Biaya Liburan di Turki, Anggarannya Bikin Syok
Perbesar
Wanita Ungkap Biaya Liburan di Turki, Anggarannya Bikin Syok. foto: TikTok @hermaprabayanti

Beberapa hari lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan harga tiket pesawat turun 15 persen. Ini disebutnya bisa menjadi angin segar bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan dua grup maskapai besar perihal harga tiket pesawat. Alhasil, keduanya sepakat memberikan promo tiket, dengan target penurunan harga sekitar 15 persen.

"Ini berkat doa dari seluruh pihak, berkat kerja sama, harga tiket pesawat turun 15 persen dan jadi angin segar bagi industri pariwisata," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing pekan lalu. "Dan ini kita perlu hargai upaya Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN adanya penurunan harga tiket pesawat, sangat diapresiasi oleh mesyarakat," sambungnya.

Melalui kerja sama Menhub Budi dan Menteri BUMN Erick Thohir, Sandiaga menyinggung soal penambahan armada. Maskapai penerbangan dengan cepat menambah armada, mulai dari Garuda dan Citilink, sampai ke Lion Air Group.

Infografis Menjawab Tantangan Turunkan Harga Tiket Pesawat
Perbesar
Infografis Menjawab Tantangan Turunkan Harga Tiket Pesawat (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya