6 Fakta Menarik Jerman, Negara Pemilik Ekonomi Terbesar di Eropa

Oleh Elly Purnama pada 09 Sep 2022, 08:30 WIB
Diperbarui 09 Sep 2022, 08:30 WIB
Beri Hormat ala Nazi, Turis Ini Ditangkap Saat Wisata di Jerman
Perbesar
Ilustrasi Bendera Jerman (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Jerman merupakan anggota kunci organisasi Uni Eropa. Dengan ibu kota Berlin, negara ini memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia.

Negara di Eropa tengah ini menjadi negara kedua setelah Rusia yang memiliki jumlah perbatasan darat antar-negara terbanyak di Eropa. Terdapat sembilan negara yang berbatasan langsung dengan Jerman, meliputi Denmark di sebelah utara; Polandia dan Republik Ceko di timur; Swiss dan Austria di selatan; Prancis di barat daya; serta Belgia, Luksembourg, dan Belanda di barat.

Pada Agustus 2022, inflasi di Jerman melonjak ke level tertinggi dalam hampir 50 tahun. Tingginya inflasi disertai dengan sentimen konsumen yang meningkat karena rumah tangga bersiap untuk lonjakan tagihan energi, dikutip dari kanal Bisnis Liputan6.com.

Terlepas dari itu, negara ekonomi terbesar di Eropa ini memiliki sejumlah hal yang mungkin belum Anda ketahui. Liputan6.com merangkum enam fakta menarik di antaranya dari berbagai sumber.

1. Sistem Pemerintahan

Jerman adalah negara demokrasi parlementer dan federal. Bundestag Jerman, badan konstitusional yang paling hadir di publik, dipilih langsung oleh warga negara yang berhak memilih setiap empat tahun sekali. Bundestag berfungsi membuat legislasi dan mengawasi kerja pemerintah.

Bundestag memilih Kanselir Federal untuk periode legislatif melalui pemungutan suara rahasia. Di dalam Pemerintah Federal, Kanselir memiliki wewenang untuk menetapkan pedoman, dengan kata lain menentukan garis kebijakan yang mengikat secara luas. Kanselir Federal menunjuk menteri federal, dan dari antara mereka seorang Wakil Kanselir.

2. Ribuan Bom Sisa Perang Dunia II

Tahukah Anda bahwa Jerman masih menyimpan ribuan bom yang belum meledak di seluruh negeri? Melansir dari Theplanetd.com pada Selasa, 6 September 2022, bom tersebut adalah sisa dari Perang Dunia II.

Meski Peran Dunia II sudah berlalu lebih dari 70 tahun, lebih dari dua ribu ton bom yang tidak meledak ditemukan setiap tahun. Karena itu, para ahli dilibatkan untuk memastikan bahwa lahan proyek baru, terutama bidang konstruksi, bebas dari amunisi.

Dampak penemuan bom ini juga bukan perkara kecil. Pada 2013, lebih dari 20 ribu orang mengungsi ketika sebuah bom Blockbuster seberat 4.000 pon ditemukan di kota Dortmund, Jerman Barat. Bom sebanyak itu jika meledak bisa menghancurkan seluruh kota.

Regu penjinak bom Jerman juga menjadi salah satu yang paling aktif di dunia. Tapi, tidak semuanya berhasil diledakkan tanpa insiden. Pada 2021, satu bom sisa Perang Dunia II itu meledak di Munich, Jerman.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


3. Gereja Gothic Terbesar di Eropa Utara

Katedral Cologne Jerman
Perbesar
Interior katedral Cologne terlihat di Jerman barat, Selasa (17/3/2020). Katedral yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1996 ini setiap harinya didatangi oleh 20.000 orang jauh sebelum virus corona COVID-19 mewabah. (Photo by Ina FASSBENDER / AFP)

Katedral Cologne terletak di Cologne, Rhine-Westphalia Utara, Jerman. Ini adalah gereja Gothic terbesar di Eropa Utara. Ini adalah rumah bagi menara tertinggi kedua sekaligus menjadi salah satu gereja terbesar di seluruh dunia.

Katedral Cologne mulai dibangun pada 1248. Pembangunannya diselesaikan lebih dari enam abad, yakni pada 1880.

Sejak 1996, UNESCO menobatkan Katedral Clogne sebagai situs warisan dunia. Setiap harinya rata-rata 20 ribu orang mengunjungi katedral itu. Selain sebagai wisata bersejarah, Katedral Cologne tetap berfungsi sebagai tempat ibadah. Di Eropa, katedral ini dinilai sebagai karya seni terpenting dari era Goldsmith.

4. Pemakan Rotii Sejati

Jerman memiliki lebih dari 300 jenis roti. Itu pun tidak termasuk varietas regional. Kalau ditotal, diperkirakan Jerman memiliki lebih dari 1.200 jenis kue kering, kue, dan makanan panggang lainnya juga.

Jika kamu seorang pecinta kuliner yang suka mencicipi makanan budaya, Jerman adalah lokasi unik bagi kamu untuk dicoba. Beberapa jenis roti yang wajib dicoba saat ke Jerman yaitu brötchen, pretzel, vollkornbrot, dan milchbrötchen. Jerman benar-benar surga pecinta karbohidrat.


5. Rekomendasi Tempat Wisata

Marienplatz, Munich
Perbesar
Marienplatz, Munich. (AFP/Christof Stache)

Jerman tidak hanya merupakan kekuatan ekonomi Uni Eropa (UE), tetapi juga salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi bagi mereka yang mencari liburan yang autentik dan mengasyikkan. Berikut beberapa tempat terbaik untuk dikunjungi di Jerman menurut Planetware.com.

Berlin

Berlin dianggap sebagai salah satu tujuan budaya top Eropa, rumah bagi banyak galeri seni dan museum untuk dijelajah. Beberapa di antara yang terbaik berlokasi di Museum Island, tujuan yang harus dilihat yang bisa memakan waktu berhari-hari untuk dijelajahi.

Setelah atraksi ini tutup, hal-hal menyenangkan yang dapat dilakukan di malam hari yaitu menikmati konser Berlin Philharmonic Orchestra yang terkenal, menonton pertunjukan Berlin Opera, atau pun sekadar berjalan-jalan di jalan raya yang selalu menarik di Distrik Mitte. Di sana, Anda akan menemukan landmark terkenal seperti Gerbang Brandenburg.

Munich

Ibu kota negara bagian Bavaria dan salah satu kota terbesar di Jerman, Munich sangat populer sebagai tujuan wisata karena lokasinya di tepi luar Pegunungan Alpen Bavaria yang indah. Meskipun bukan salah satu kota tertua di Jerman, Munich telah memainkan peran utama dalam membentuk budaya dan politik negara tersebut.

Munich termasuk salah satu tujuan wisata paling populer di Jerman atas pusat kota bersejarahnya. Sangat menyenangkan untuk dijelajahi dengan berjalan kaki, dengan keramaian yang berpusat di sekitar alun-alun kota, Marienplatz. Di sini, Anda dapat menjelajahi arsitektur tua yang menyenangkan berasal dari abad pertengahan, termasuk balai kota lama dan baru.

Medieval Rothenburg

Jika ada satu tujuan wisata di Jerman yang merangkum semua hal indah tentang negara yang menakjubkan, itu adalah kota tua Rothenburg. Terletak di jantung Bavaria yang indah dan mudah dijangkau dengan berkendara dari beberapa kota besar seperti Frankfurt, Rothenburg, menawarkan kesempatan berfoto yang luar biasa ke mana pun Anda memandang.

Terletak di atas Sungai Tauber, Rothenburg lolos dari kerusakan akibat perang yang menghancurkan begitu banyak kota abad pertengahan tua. Sebagian besar dari banyak bangunan abad pertengahan yang otentik masih dalam bentuk aslinya.

Struktur tua yang menakjubkan seperti balai kota abad ke-13 atau Rathaus, tetap sama seperti selama berabad-abad. Struktur yang sama-sama terpelihara dengan baik termasuk Imperial City Museum yang megah, terletak di sebuah biara tua, dan Taman Kastil yang bersejarah, tetap tidak berubah sejak didirikan pada abad ke-17.

Frankfurt

Frankfurt telah lama menjadi salah satu kota terpenting di Jerman. Selama berabad-abad sebagai negara kota yang mandiri, banyak bangunan tua dan atraksi kelas dunia serta hal menyenangkan untuk dilakukan di sini menjadikan bekas kota kekaisaran yang bersejarah ini sebagai tempat yang tepat untuk menghabiskan liburan akhir pekan atau bahkan lebih lama jika menjelajah pedesaan di sekitarnya.

Kota ini terletak di Sungai Main, dan bukti masa lalunya sebagai pusat perdagangan penting mudah dikenali, terutama di daerah Kota Tua (Altstadt) yang mengesankan. Sorotan di kota ini yaitu menjelajahi Römerberg yang menyenangkan, alun-alun kota ramah pejalan kaki yang terkenal dengan air mancurnya, rumah kota abad pertengahan, toko, dan galeri butik yang menarik, juga kafe dan restoran dengan pilihan bersantap di udara terbuka.


6. Hidangan Populer Jerman

pretzel
Perbesar
Pretzel

Roti sudah tidak asing lagi menjadi bagian dalam hidangan Jerman. Termasuk roti, berikut beberapa hidangan populer Jerman menurut Tasteatlas.com.

Pretzel

Dianggap sebagai simbol ikon Jerman, pretzel adalah jenis makanan panggang tradisional yang dibuat dengan menggabungkan tepung, garam, malt, ragi, dan air. Adonan yang dihasilkan kemudian dibentuk menjadi bentuk simpul pretzel yang terkenal sebelum dipanggang.

Pretzel sering dicelupkan ke dalam larutan alkali (natronlauge dalam bahasa Jerman) sebelum dipanggang, dan kemudian disebut laugenbrezel, pretzel bergaya Bavaria yang dibedakan dengan bagian luar yang bagus, cokelat, dan renyah yang mengelilingi bagian dalam yang lembut.

Bratwurst

Bratwurst berasal dari dua kata, brat, yang berarti daging tanpa limbah, dan wurst, yang berarti sosis. Bratwurst dulunya merupakan makanan untuk bertahan hidup selama bulan-bulan musim dingin dan teknik untuk tidak membuang sisa daging, kini menjadi makanan lezat yang dikonsumsi di seluruh Jerman dan luar negeri.

Bratwurst berakar dari Celtics, tetapi orang-orang Franconia mengembangkannya lebih lanjut. Bratwurst biasanya dikonsumsi untuk sarapan, karena tradisi petani yang membuat sosis di pagi hari dan memakannya di siang hari karena jika tidak, sosis akan rusak.

Schwarzwälder Kirschtorte (Kue Black Forest)

Kue ceri Black Forest adalah makanan penutup populer Jerman yang terdiri dari spons cokelat yang dilapisi krim kocok dan dihiasi dengan ceri yang diresapi kirschwasser. Beberapa variasi menggunakan brendi kirschwasser untuk merendam lapisan cokelat atau sedikit membumbui krim kocok.

Saat pembuatan, kue tersebut dihiasi dengan krim kocok, serutan cokelat, dan buah ceri. Di antara banyak teori tentang penemuannya, masih diperdebatkan apakah kue itu dibuat oleh pembuat manisan Josef Keller atau koki kue Erwin Hildenbrand.

Infografis 6 Desa Wisata yang Wajib Dikunjungi
Perbesar
Infografis 6 Desa Wisata yang Wajib Dikunjungi (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya