Sukses

Pola Diet Ternyata Memengaruhi Suasana Hati

Ada hubungan yang kuat antara makanan dan otak, peneliti mengungkap lebih jauh hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Ada korelasi yang erat antara makanan dan otak, sehingga pola diet akan berpengaruh pada seseorang. Hubungan ini sedang dibedah oleh para peneliti, salah satunya Monica Dus, Asisten Profesor Biologi Molekuler, Seluler, dan Perkembangan di University of Michigan.

Sebagai ilmuwan yang mempelajari ilmu saraf nutrisi, ia tertarik dengan bagaimana komponen makanan dan produk pemecahannya dapat mengubah instruksi genetik yang mengontrol fisiologi seseorang. Selain itu, penelitiannya juga difokuskan untuk memahami bagaimana makanan dapat memengaruhi pikiran, suasana hati, dan perilaku kita.

Meskipun belum dapat mencegah atau mengobati kondisi otak dengan diet, peneliti seperti ia belajar banyak tentang peran nutrisi dalam proses otak sehari-hari yang membuat kita menjadi diri sendiri. "Mungkin tidak mengherankan, keseimbangan nutrisi adalah kunci untuk kesehatan otak: Kekurangan atau kelebihan vitamin, gula, lemak dan asam amino dapat mempengaruhi otak dan perilaku baik secara negatif maupun positif," katanya seperti dikutip dari Japan Today, Rabu 7 September 2022.

Diet sangat berhubungan dengan asupan nutrisi, seperti halnya vitamin C, kekurangan vitamin dan mineral lain juga dapat memicu penyakit gizi yang berdampak buruk pada otak manusia. Misalnya, tingkat diet rendah vitamin B3/niasin yang biasanya ditemukan pada daging dan ikan sehingga menyebabkan pellagra, penyakit di mana orang mengalami demensia. 

Sementara, niasin sangat penting untuk mengubah makanan menjadi energi, melindungi genetik dari kerusakan lingkungan, dan mengontrol berapa banyak produk gen tertentu yang dibuat. Dengan tidak adanya proses kritis ini, sel-sel otak, juga dikenal sebagai neuron, tidak berfungsi dan mati sebelum waktunya, yang bisa menyebabkan demensia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kekurangan Vitamin B3

Pada model hewan, penurunan atau penghambatan produksi niasin di otak akan meningkatkan kerusakan saraf dan kematian sel. Sebaliknya, meningkatkan kadar niasin telah terbukti mengurangi efek penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer, Huntington, dan Parkinson. Studi observasional pada manusia menunjukkan bahwa tingkat niasin yang cukup dapat melindungi seseorang dari penyakit ini, tetapi hasilnya masih belum meyakinkan.

Di sisi lain, kekurangan vitamin B3 yang disebabkan oleh konsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan efek yang sama seperti yang ditemukan pada pellagra. Contoh lain bagaimana kekurangan nutrisi memengaruhi fungsi otak dapat ditemukan pada unsur yodium, seperti vitamin B3, harus diperoleh dari makanan seseorang.

Yodium, yang ada dalam makanan laut dan rumput laut, merupakan bahan pembangun penting untuk hormon tiroid suatu molekul sinyal yang penting untuk banyak aspek biologi manusia, termasuk perkembangan, metabolisme, nafsu makan, dan tidur. Tingkat yodium yang rendah mencegah produksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup, mengganggu proses fisiologis penting ini.

Yodium sangat penting untuk perkembangan otak manusia, sebelum garam meja ditambahkan dengan mineral ini pada 1920-an, kekurangan yodium adalah penyebab utama kecacatan kognitif di seluruh dunia. Pengenalan garam beryodium dianggap telah berkontribusi pada peningkatan bertahap dalam skor IQ di abad yang lalu. 

3 dari 5 halaman

Diet Katogenik

Tidak semua kekurangan makanan merugikan otak. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa orang dengan epilepsi yang resistan terhadap obat, suatu kondisi sel-sel otak menyala tak terkendali dapat mengurangi jumlah kejang dengan mengadopsi rejimen karbohidrat ultra rendah, yang dikenal sebagai diet ketogenik, di mana 80 persen hingga 90 persen dari kalori yang diperoleh dari lemak.

Karbohidrat merupakan sumber energi yang disukai tubuh. Ketika mereka tidak tersedia, baik karena puasa atau karena diet ketogenik, sel memperoleh bahan bakar dengan memecah lemak menjadi senyawa yang disebut keton. Pemanfaatan keton untuk energi menyebabkan perubahan besar dalam metabolisme dan fisiologi, termasuk tingkat hormon yang beredar dalam tubuh, jumlah neurotransmiter yang diproduksi oleh otak dan jenis bakteri yang hidup di usus.

Para peneliti berpikir bahwa perubahan yang bergantung pada diet ini, terutama produksi bahan kimia otak yang lebih tinggi yang dapat menenangkan neuron dan menurunkan tingkat molekul inflamasi, mungkin berperan dalam kemampuan diet ketogenik untuk menurunkan jumlah kejang. Perubahan ini juga dapat menjelaskan manfaat keadaan ketogenik, baik melalui diet atau puasa, pada fungsi kognitif dan suasana hati.

4 dari 5 halaman

Gula dan Lemak Jenuh

Kelebihan kadar beberapa nutrisi juga dapat memiliki efek merugikan pada otak. Pada percobaan di manusia dan hewan, peningkatan konsumsi gula halus dan lemak jenuh, kombinasi yang biasa ditemukan dalam makanan ultraproses, membuat otak tidak peka terhadap sinyal hormonal yang diketahui mengatur rasa kenyang.

Menariknya, diet tinggi makanan ini juga menurunkan kepekaan sistem rasa, membuat hewan dan manusia menganggap makanan kurang manis. Perubahan sensorik ini dapat mempengaruhi pilihan makanan serta imbalan yang kita dapatkan dari makanan.

Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa respons orang terhadap es krim di area otak yang penting untuk rasa dan penghargaan menjadi tumpul ketika mereka memakannya setiap hari selama dua minggu. Beberapa peneliti berpikir penurunan sinyal hadiah makanan ini dapat meningkatkan keinginan untuk makan lebih banyak makanan berlemak dan manis, mirip dengan cara perokok menginginkan rokok.

Diet tinggi lemak dan makanan olahan juga dikaitkan dengan fungsi kognitif dan memori yang lebih rendah pada manusia dan model hewan serta insiden penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi. 

5 dari 5 halaman

Cukup Nutrisi

Namun, para peneliti masih belum tahu apakah efek ini disebabkan oleh makanan ini atau karena penambahan berat badan dan resistensi insulin yang berkembang dengan konsumsi jangka panjang dari diet ini. Sehingga semua ini membawa kita ke aspek penting dari efek diet pada otak, yaitu waktu.

Beberapa makanan dapat memengaruhi fungsi dan perilaku otak secara akut -seperti berjam-jam atau berhari-hari- sementara yang lain membutuhkan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk memiliki efek. Misalnya, makan sepotong kue dengan cepat mengubah metabolisme ketogenik yang membakar lemak dari seseorang dengan epilepsi yang resistan terhadap obat menjadi metabolisme yang membakar karbohidrat, sehingga meningkatkan risiko kejang.

Sebaliknya, dibutuhkan berminggu-minggu konsumsi gula untuk rasa dan jalur penghargaan otak untuk berubah, dan berbulan-bulan kekurangan vitamin C untuk mengembangkan penyakit kudis. Akhirnya, ketika mengacu penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson, risiko dipengaruhi oleh paparan diet selama bertahun-tahun yang dikombinasikan dengan faktor genetik atau gaya hidup lain seperti merokok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.