Kisah Pernikahan PM Inggris Baru Liz Truss, Pernah Berselingkuh hingga Rumah Tangga Nyaris Bubar

Oleh Putu Elmira pada 06 Sep 2022, 12:02 WIB
Diperbarui 06 Sep 2022, 12:02 WIB
PM Inggris yang baru, Liz Truss berbicara setelah memenangkan kontes kepemimpinan Partai Konservatif di Queen Elizabeth II Center di London, Senin, 5 September 2022. (AP/Frank Augstein)
Perbesar
PM Inggris yang baru, Liz Truss berbicara setelah memenangkan kontes kepemimpinan Partai Konservatif di Queen Elizabeth II Center di London, Senin, 5 September 2022. (AP/Frank Augstein)

Liputan6.com, Jakarta - Liz Truss terpilih menjadi Perdana Menteri Inggris berikutnya setelah memenangkan kontes untuk menggantikan Boris Johnson sebagai pemimpin Partai Konservatif. Truss adalah seorang pendukung tetap yang menjadi kesayangan sayap kanan Konservatif yang mendukung Brexit.

Dikutip dari BBC, Selasa (6/9/2022), Perdana Menteri Inggris baru terpilih ini juga seorang mantan aktivis Demokrat Liberal, yang berbaris melawan Margaret Thatcher pada 1980-an, tetapi sekarang mengklaim sebagai orang yang membuat gagasan Thatcher tetap hidup. Pemilik nama lengkap Mary Elizabeth Truss ini bukan pilihan pertama anggota parlemen Tory untuk menggantikan Boris Johnson.

Tapi, janjinya untuk kembali ke nilai-nilai Konservatif mendasar, seperti memotong pajak dan menyusutkan negara, terbukti persis seperti apa yang ingin didengar oleh anggota partai.

Liz Truss lahir pada 26 Juli 1975 di Oxford, Inggris. Perempuan berusia 47 tahun ini menggambarkan ayahnya adalah seorang profesor matematika, dan ibunya, seorang perawat, sebagai "sayap kiri".

Sebagai seorang gadis muda, ibunya membawanya dalama pawai Kampanye Perlucutan Senjata Nuklir, sebuah organisasi yang menentang keras keputusan pemerintah Thatcher untuk mengizinkan hulu ledak nuklir AS dipasang di RAF Greenham Common, sebelah barat London, Inggris. Meskipun kini bangga menjadi seorang Konservatif dari Leeds, saat itu Liz adalah seorang liberal Skotlandia.

Keluarga itu pindah ke Paisley, tepat di sebelah barat Glasgow, ketika Liz Truss berusia empat tahun. Dalam sebuah wawancara dengan BBC, dia ingat berteriak "Maggie, Maggie, Maggie - oot, oot, oot," dalam aksen Skotlandia, saat dia ikut serta dalam pawai.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Kehidupan Pribadi

Liz Truss (AFP)
Perbesar
Liz Truss (AFP)

Keluarga Truss kemudian pindah ke Leeds, tempat ia bersekolah di Roundhay, sebuah sekolah menengah negeri. Ia menggambarkan melihat "anak-anak yang gagal dan dikecewakan oleh harapan yang rendah" selama hidupnya di sana.

Ketika menuntut ilmu di Oxford University, Liz Truss membaca filsafat, politik dan ekonomi. Truss juga terlibat dalam banyak kampanye dan misi di Oxford, tetapi mencurahkan sebagian besar waktunya untuk politik, menjadi presiden Oxford University Liberal Democrats.

Setelah lulus dari Oxford ia bekerja sebagai akuntan untuk Shell, dan Cable & Wireless. Liz Truss menikah dengan sesama akuntan Hugh O'Leary pada 2000 dan dikaruniai dua buah hati.

Dikutip dari Hello Magazine, Selasa (6/9/2022), Liz bertemu Hugh di Tory Party Conference pada 1997 ketika Liz berusia 22 tahun. Ia menggambarkan kecintaannya pada olahraga musim dingin ketika harus memilih kencan pertama mereka.

"Saya mengundangnya bermain ice skating dan pergelangan kakinya terkilir," kata Liz Truss kepada You Magazine.

 

Liz Truss dan Suami

Liz Truss dan suaminya Hugh O'Leary
Perbesar
Pemimpin Partai Konservatif baru dan Perdana Menteri terpilih Inggris Liz Truss (kiri) bereaksi di samping suaminya Hugh O'Leary ketika dia mendengar pengumuman pemenang kontes kepemimpinan Partai Konservatif di pusat kota London pada 5 September 2022. (STEFAN ROUSSEAU / POOL / AFP)

Kala itu, dengan keinginan untuk menjaga hubungannya dari sorotan, Liz belum membagikan detail atau foto hari besarnya. Namun, ia terlihat mengenakan cincin pertunangan berlian dan emas di tangan kirinya.

Pasangan itu akan merayakan ulang tahun ke-22 pernikahan mereka tahun ini. Dilaporkan bahwa ia membeli rumah keluarga tiga kamar tidurnya di Thetford, Norfolk, seharga 180.000 Pound sterling atau setara Rp3,1 miliar.

Rumah tersebut sekarang menjadi huniannya dengan suaminya dan dua anak mereka, Frances dan Liberty. Namun, pernikahan mereka tak selalu berjalan mulus. Liz diduga berselingkuh selama 18 bulan dengan sesama anggota parlemen Tory Mark Field pada 2005, setelah Shadow Minister untuk London saat itu ditugaskan sebagai mentor politik Liz.

Pernikahan 12 tahun Mark berakhir setelah perselingkuhan, yang terungkap pada 2006, sementara Liz dan Hugh tetap bersama. Itu hampir mengubah karier Liz selamanya. Anggota partai lokal ingin dia tidak terpilih sebagai kandidat Konservatif untuk South West Norfolk pada 2009 setelah mempelajari hubungannya dengan Mark.


Tertutup

Liz Truss dan suaminya Hugh O'Leary
Perbesar
Liz Truss dan suaminya Hugh O'Leary (Tangkapan Layar Instagram/elizabeth.truss.mp)

Baik Liz dan suaminya telah menjelaskan bahwa mereka tidak ingin membahas perselingkuhannya atau membahas detail tentang pernikahan mereka. "Saya benar-benar bahagia menikah," kata Liz Truss kepada You pada 2019.

Pernyataan tersebut hanya beberapa minggu setelah dia membagikan foto Hugh yang sangat langka di Instagram pribadinya untuk menandai perayaan Hari Valentine. Dalam potret, pasangan ini berpose di Blagdon Hall dengan di samping mereka tampak seperti adanya perayaan pernikahan.

"Love of my life. #happyvalentinesday," demikian bunyi keterangan unggahan Liz Truss yang dibagikan pada 14 Februari 2019 lalu.

Terkait dengan kabar perselingkuhan, Hugh juga mengatakan kepada Daily Mail, "Saya tidak ingin membicarakannya."

Dikutip dari Evening Standard, Hugh diketahui dibesarkan di Liverpool sebelum keluarganya pindah ke Wirral. Ia belajar ekonometrika dan ekonomi matematika di The London School of Economics (LSE). Hugh terjun ke karier politiknya sendiri sebelum beralih ke akuntansi (dia tidak berhasil sebagai kandidat Tory dalam pemilihan dewan lokal pada 2002 dan masih sering bekerja sama dengan Tories di Greenwich).

Infografis Varian Baru Virus Corona Hantui Inggris. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Varian Baru Virus Corona Hantui Inggris. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya