Sukses

Berawal dari Mata Kuliah, Hana Catering Sukses Memikat Hati Para Konsumen

Banyak fakta unik terbentuknya usaha kuliner Hana Catering, mulai dari cerita para konsumen yang sudah mengkonsumsi dan mereview varian menu nasi kotak, nasi kuning hingga nasi gudeg.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah pelaku usaha di Indonesia terus bertambah, salah satunya di sektor kuliner. Menariknya, ide menjalankankan bisnis kuliner bisa terjadi dimanapun dan kapanpun. Yang awalnya menjual makanan dari rumah sekarang bisa langsung dijual ke konsumen dari kedai sendiri dan berakhir sukses. Hal seperti ini juga dialami oleh Maruko Miya yang merintis Hana Catering di Malang.

Banyak fakta unik terbentuknya usaha kuliner Hana Catering ini. Mulai dari cerita para konsumen yang sudah mengkonsumsi dan mereview dari produk yang dijual hingga perkembangan usaha ini. Penasaran kan? Yuk, ikutin cerita selengkapnya!

Cinta Segitiga : Maruko Miya, Rice Bowl, dan Kampus

Melalui sesi wawancara, Maruko bercerita tentang awal mula membangun usaha Hana Catering yang terjadi secara tidak sengaja saat masih kuliah.

"Awal buka catering pada thn 2017 ketika mengikuti mata kuliah kewirausahaan. Produk saya adalah ricebowl ayam, ternyata banyak yang suka. Akhirnya, setelah selesai semester 5, saya tetap lanjut jualan rice bowl ke temen-temen kampus dan naruh di koperasi untuk dijual. Pada akhir tahun 2018 ada teman dari BEM pesan 250 kotak nasi kotak untuk acara seminar yang narasumbernya Merry Riana. Waktu itu senang dong, itulah awal mula berdirinya catering ini," ujar Hana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

AADH : Ada Apa Dengan Hana Catering?

Tercetusnya nama Hana Catering karena terinspirasi dari nama sang ibu, yaitu Hana. Namun, setiap perjalanan dalam membuat usaha tidak bisa langsung sukses. Pasti melalui banyak tantangan dan hambatan seperti yang pernah dihadapi oleh Maruko.

“Menurut saya, tantangan yang pernah dihadapi adalah banyaknya usaha catering di Malang yang lebih enak dan terkenal. Maka dari itu, saya lebih mengutamakan rasa ke makanannya sendiri agar bisa dikenal oleh banyak konsumen,” kata Maruko.

Bahkan, semua menu yang di Hana Catering menjadi andalan dan favorit para konsumen. 

 Biasanya mereka memesan untuk acara hari raya, imlek dan event. Atau juga bisa dijadikan hampers. Untuk pemesanannya sendiri dengan sistem pre order H-2 dengan minimal order 15 kota,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Secret Recipe!

Maruko mengungkapkan bahwa Hana Catering memiliki khas tersendiri sehingga berbeda dengan catering-catering lainnya. Menurut para customer, rasa bumbu yang dibuat lebih medok, dan nasi kuningnya pun nggak bikin seret di tenggorokan. Itulah salah satu alasan mengapa para customer kuliner selalu mengutamakan rasa dibandingkan tempat dan nama brandnya.

Maruko juga berharap bisa lebih mengembangkan Hana Catering kedepannya. “Harapan dan rencana saya adalah saya pengen Hana Catering ini bisa semakin dikenal oleh warga Malang dan Jawa Timur. Dan saya juga berharap bisa membuka kedai sendiri,” kata Maruko.

Maruko juga mengembangkan dan mempromosikan usaha kulinernya melalui ManisdanSedap.com. Sebagai bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse), ManisdanSedap.com hadir untuk membantu siapa saja dalam menemukan beragam menu PO dari berbagai daerah di Indonesia dengan mudah.

Selain itu, ManisdanSedap.com juga menampilkan jualan pemilik UMKM sekaligus memudahkan pembeli untuk berinteraksi dan bertransaksi langsung. Mau usaha kulinernya dikenal satu masyarakat Indonesia? Segera daftarkan usaha kulinermu di ManisdanSedap.com, serta pesan beragam PO menu favoritmu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap! Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.