Sukses

Bisnis Miss Universe Merugi, Hak Kepemilikan Ditawarkan Rp300 Miliar

Endeavour, perusahaan yang memegang hak miliki Miss Universe, kesulitan mencari pembeli acara kontes kecantikan itu.

Liputan6.com, Jakarta - Nasib bisnis Miss Universe sedang terombang-ambing. CEO Endeavor Ari Emanuel sedang berjuang untuk menjual hak kepemilikan kontes kecantikan itu kepada peminat yang bersedia mengeluarkan 20 juta dolar AS atau sekitar Rp300 miliar.

Emanuel yang juga dijuluki super agent itu sebelumnya telah membelanjakan bujetnya di bisnis Miss Universe selama enam bulan terakhir, kata seorang sumber, dikutip dari laman NY Post, Jumat, 2 September 2022. Namun, keberuntungan belum menghampiri sosok yang menginspirasi karakter fiksi serial hit HBO, Entourage.

Emanuel yang juga memiliki hak Ultimate Fighting Championship dan Agensi Bakat William Morris itu sebelumnya membeli hak kepemilikan Organisasi Miss Universe dari Donald Trump. Mantan presiden AS itu menjualnya pada 2015 sebelum ia terpilih. 

Harga jual yang disepakati antara kedua pihak tidak pernah diungkapkan ke publik. Namun, berdasarkan laporan keuangan yang terkait dengan kampanye politik Trump, organisasi itu bernilai antara 5 juta--25 juta dolar AS dengan pendapatan sekitar 3,4 juta dolar AS.

Seorang sumber yang familiar dengan kondisi keuangan Miss Universe mengatakan bahwa organisasi yang juga mencakup acara Miss USA dan Miss Teen USA itu merugi sekitar 2 juta dolar AS atau hampir Rp30 miliar per tahun. Mereka hanya bisa menghasilkan pendapatan sekitar 7 juta hingga 9 juta dolar AS.

 

Sumber juga menyebut Emanuel telah mencoba menawarkannya ke investor asing yang berbasis di Asia dan Amerika Selatan. Seseorang yang akrab dengan pola pikir Emanuel menyebut kemungkinan pria itu bisa menurunkan harga jualnya, tetapi tidak jauh dari angka yang ditawarkan semula.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terdampak Pandemi

Sumber itu menyebut Emanuel tidak suka bila ia 'kehilangan uangnya' untuk alasan apapun sehingga penurunan harga jual tidak akan terlalu signifikan. Namun, Endeavour menolak permintaan konfirmasi NY Post. Sumber lain juga menyebut seorang pembeli berminat dengan penawaran itu, tapi menolak menjelaskan lebih lanjut.

Orang dalam mengatakan Miss Universe secara rata-rata telah menguntungkan sejak Endeavor membelinya, dengan catatan kondisi selama pandemi diabaikan. Organisasi terpaksa membatalkan kontes itu pada 2020.

Endeavor, yang go public pada 2021 telah berupaya memangkas beberapa bisnis yang lesu. Mereka kini memburu lebih banyak akuisisi dan menumbuhkan divisi penghasil uang yang menguntungkan seperti liga MMA UFC, kata orang dalam.  

Kontes Miss Universe, yang didirikan pada 1952, pertama kali disiarkan di televisi pada 1955 oleh CBS. Acara tersebut muncul sebagai pesaing kontes Miss America, yang didirikan pada 1921. Berbeda dengan Miss USA, kontes Miss Amerika dimiliki oleh lembaga nirlaba Miss America Organization yang juga menjalankan program beasiswa yang diluncurkan pada 1945.

Aturan Miss Universe hanya mengizinkan wanita lajang berusia antara 18 dan 28 tahun yang belum pernah menikah atau memiliki anak untuk mendaftar. Dalam beberapa tahun terakhir, kedua acara telah mencoba untuk berkembang melewati cara tradisional mereka ketika rating mereka turun drastis.

Pada tahun lalu, mahkota Miss Universe dimenangkan Harnaaz Sandhu dari India yang menarik total 2,7 juta pemirsa di Fox — menempatkan jaringan tersebut di tempat terakhir di antara empat stasiun besar. Ratingtersebut turun 30 persen dari 3,8 juta pemirsa yang diundi oleh kontes tersebut pada 2019.

Dua tahun sebelumnya, pada 2017, kontes tersebut menarik 5,2 juta total pemirsa. Kontes tahun ini dijadwalkan digelaar Desember dan akan kembali disiarkan televisi oleh Fox.

 

3 dari 4 halaman

Strategi Endeavor

Penurunan jumlah penonton membuat para kritikus mempertanyakan apakah kontes kecantikan sudah ketinggalan zaman dan menghalangi penyebab kesetaraan gender. Kontes Miss America menghilangkan sesi pakaian renang dalam kompetisi pada 2018 disusul penurunan rating hingga menjadi 3,6 juta penonton pada 2020.

Kontes Miss Universe tahun lalu menyambut kontestan transgender pertamanya, dan tahun depan akan mengizinkan wanita dan ibu yang sudah menikah. Untuk Endeavor, menjual Miss Universe akan membantunya memperoleh uang tunas untuk peluang bisnis lainnya, kata seorang sumber.

Menjual aset telah menjadi bagian dari pedoman Endeavor. Sebelum go public, konglomerat media, investor yang telah menjual saham di Epic Games, juga pembuat Fortnite, sekitar 80 juta dolar AS.

Perusahaan yang juga mengelola acara fashion week di seluruh dunia, berbagai turnamen golf PGA, dan turnamen tenis profesional seperti Wimbledon dan Australia Open itu juga menjual investasi yang lebih kecil dalam bisnis berkinerja buruk, menjelang upaya keduanya untuk go public pada 2021. Namun, usaha itu sempat gagal pada 2019 karena investor menghindari campur baur aset dan beban utang yang berat dari Endeavor.

Dua tahun kemudian, perusahaan mempermanis hasil taruhan, membeli sisa sahamnya di UFC yang menguntungkan, yang membantu Endeavor go public dengan harga 24 dolar AS per saham April lalu. Pada tahun lalu, saham Endeavor telah berayun dari level tertinggi 34 dolar AS ke level terendah baru-baru ini sekitar 22 dolar AS. Saham ditutup Kamis di dekat level terendah, yakni 22,55 dolar AS.

4 dari 4 halaman

Sejarah Singkat Miss Universe

Kontes Miss Universe diinisiasi oleh kejadi pada 1951. Saat itu, Miss America Yolanda Betzbe yang baru dinobatkan menolak menjalani sesi pemotretan hanya menggunakan pakaian renang, dikutip dari Pop.inquirer.net.

Penolakan itu jelas tidak disukai sponsor utama kontes, Catalina Swimsuits. Mantan Miss America Jacque Mercer menyarankan, "Mengapa kamu tidak memulai kontes kamu sendiri?"

Jadi pada 1952, Catalina mendirikan Miss Universe saat ini seperti yang kita kenal. Kompetisi pertama diadakan di Long Beach, California. Armi Kuusela dari Finlandia menjadi juara pertama. Sebelum masa baktinya berakhir, dia harus melepaskan gelarnya untuk menikah dengan seorang pebisnis Filipina, Virgilio Hilario.

Kontes Miss Universe pertama kali disiarkan di televisi pada 1955. John Charles Daly adalah pembawa acara asli dari kontes tersebut, dari 1955 hingga 1966. Bob Barker mengambil alih selama 20 tahun, dari 1967 hingga 1987.

Pada 1996, Donald Trump membeli perusahaan yang beroperasi, Miss Universe, Inc. Dua tahun kemudian, Miss Universe, Inc. berubah nama menjadi Miss Universe Organization. Kantor pusatnya pindah dari Los Angeles ke New York City.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.