Karya Seni Terinspirasi Jimin BTS Dipamerkan di Museum Louvre Prancis

Oleh Dyah Ayu Pamela pada 01 Sep 2022, 15:01 WIB
Diperbarui 01 Sep 2022, 15:01 WIB
Jimin BTS artwork di Louvre Museum Prancis
Perbesar
Jimin BTS artwork di Louvre Museum Prancis. (Dok: Twitter: https://twitter.com/jimin_record13?s=11&t=75su0DeDO_Vp6icU-yewcQ Liputan6.com dyahpamela)

Liputan6.com, Jakarta - Selain bakatnya sebagai vokalis dan penari, Jimin secara konsisten menarik perhatian berkat pesonanya. Seringkali, Jimin viral di kalangan penggemarnya dan jadi berita utama, seperti ketika BTS menghadiri acara penghargaan di AS.

Pesona Jimin BTS turut memikat banyak seniman dan telah menjadikannya inspirasi. Para seniman masing-masing menghasilkan beberapa karya seni yang terinspirasi olehnya baik di dalam maupun di luar panggung.

Sebagian besar dari karya-karya seni ini bahkan telah berhasil menjadi pameran seni nasional dan internasional di negara-negara seperti Korea Selatan, Prancis, Portugal, dan Inggris. Bahkan suaranya adalah sebuah karya seni, dan pria kelahiran 13 Oktober 1995 ini telah menjadi salah satu nama yang berpengaruh di dunia seni. Jimin pun dinobatkan sebagai 'pemandu istimewa' untuk pameran seni Futura x BTS pertama yang diadakan beberapa bulan yang lalu.

Mengutip dari Allkpop, Kamis (1/9/2022), seorang seniman, ilustrator terkenal Korea Selatan Lee K., secara khusus konsisten dalam menunjukkan cinta dan penghargaannya terhadap pesona Jimin. Setelah menciptakan beberapa lukisan cat minyak tentang dirinya dan memamerkannya di berbagai galeri seni, pekan raya, dan pameran di seluruh dunia, muncul berita bahwa beberapa mahakarya seniman di antaranya termasuk karya yang terinspirasi oleh Jimin, akan dipamerkan di 'FOCUS ART FAIR' di Carrousel du Louvre 'Museum Louvre' di Paris, Prancis, mulai 1 September hingga 4 September 2022.

Museum Louvre adalah museum yang paling banyak dikunjungi di dunia, dan dikenal sebagai tempat beberapa karya seni terkenal di dunia seperti lukisan potret Mona Lisa karya Leonardo da Vinci, patung Venus de Milo karya Alexandros dari Antiokhia. Di Museum Louvre juga terdapat monumen Kemenangan Samothrace, Patung Cupid's Kiss oleh Antonio Canova, lukisan Liberty Leading the People oleh Eugène Delacroix dan lukisan minyak The Raft of the Medusa oleh Théodore Géricault. 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Museum di Jeju

Jimin BTS artwork di Louvre Museum
Perbesar
Jimin BTS artwork tampil di Louvre Museum. (Dok: Twitter https://twitter.com/jimin_record13?s=11&t=75su0DeDO_Vp6icU-yewcQ Liputan6.com dyahpamela)

Bukan hanya kali itu saja Jimin BTS menjadi sorotan. Saking digilai penggemarnya, pria bernama lengkap Park Ji-min ini membuat sebuah museum di pulau Jeju, Korea Selatan diserbu. Sekitar 9 ribu orang berbondong-bondong ke Museum Seni Jeju usai kunjungan Jimin BTS pada akhir 2021 silam.

Mengutip Allkpop, saat ia mengunggah foto dari berbagai tempat yang ia datangi selama tinggal di Pulau Jeju, dalam waktu singkat lebih dari 10 juta penggemarnya menyematkan tanda suka. Tak perlu menunggu lama, para pelancong mulai memadati lokasi-lokasi tersebut dalam jumlah besar, mengikuti jejak Jimin.

Beberapa tempat kunjungan adalah Museum PODO, jalan Nuwemaru, dan taman Snoopy. Para penggemar yang mengunjungi Pulau yang terletak di Barat Daya Provinsi Jeolla Selatan karena Jimin itu telah mendokumentasikan semua lokasi.

Akibatnya, ada peningkatan besar yang terjadi pada ekonomi lokal Jeju, di mana sempat terpuruk karena pandemi Covid-19. Bisnis lokal kemudian menjadi ramai lagi sebab semakin banyak turis mengunjungi pulau itu, sehingga acara khusus pun diselenggarakan oleh otoritas setempat untuk membuat kunjungan penggemar ke pulau Jeju lebih bermakna. 


Google Arts and Culture

Intip Karya Seni Favorit RM, Jungkook, dan Jimin BTS yang Tampil via Google Arts and Culture
Perbesar
Jimin BTS dengan beberapa karya seni favoritnya yang ditampilkan di platform Google Arts and Culture. (dok. Screenshoot Google)

Sebelumnya, bulan lalu saat Google bergabung dalam perayaan ulang tahun ARMY ke-9 mereka menggelar pameran kolaborasi spesial bersama BTS. Google meluncurkan BTS x Street Galleries lewat platform Arts & Culture yang menghadirkan galeri virtual dengan beragam karya seni favorit masing-masing anggota.

Karya seni itu hadir di enam kota di dunia yang familiar bagi para penggemar setia BTS. Salah satunya RM yang memilih Seoul sebagai lokasi galeri virtualnya, tepatnya di Namdaemun. Leader BTS itu beralasan tempat tersebut sangat berarti baginya lantaran menjadi tempat BTS memulai rangkaian tur global pada 2021.

"Tempat ini juga menyimpan beragam monumen Korea yang bersejarah. Itulah arti karya seni bagiku: abadi," kata RM dalam keterangan yang muncul di laman tersebut, dikutip Liputan6.com 9 Juli 2022.

Dalam kesempatan itu, ia memperkenalkan sejumlah karya seni favoritnya. Salah satunya adalah lukisan berjudul 'Venice, From the Porch of Madonna Della Salute' karya JMW. Turner. RM mengungkapkan melihat banyak karya Turner sewaktu mengunjungi Galeri Nasional di London.

"Melihat karya lukisnya seperti mimpi yang jadi kenyataan," sebut pria bernama asli Kim Nam Joon itu.


Run BTS

Jimin BTS
Perbesar
Jimin BTS. (dok. Facebook bangtan.official/https://web.facebook.com/561348433880423/photos/pb.100044221820084.-2207520000../4212766042071959/?type=3)

Mengutip dari laman Showbiz Liputan6.com, Jumat 16 Agustus 2022, RM dkk akhirnya kembali lagi dalam Run BTS, dalam sebuah episode spesial. Isinya mengenai telepati, para member diberi tantangan oleh staf untuk berkomunikasi dengan telepati atau hanya kode mata dan pikiran saja untuk menuju ke tempat tujuan masing-masing sesuai arahan.

Di sini semua member diuji apakah memiliki perasaan yang sama dan seberapa baik dalam mengenal satu sama lain. Seperti disaksikan dalam video VLive pada 16 Agustus 2022 lalu, dalam tantangan pertama, kode yang diberikan yaitu tempat yang sangat menyenangkan.

Kali itu member BTS dan ARMY diajak untuk flashback ke kejadian yang menyenangkan. Tetapi hanya empat orang yang bertemu di tempat yang sama yaitu Jimin, Taehyung, Jin dan RM, mereka kompak mengunjungi asrama lama mereka. 

Sementara member yang lain memilih tempat yang berbeda yang dirasa memiliki memori menyenangkan, Suga ke Sungai Han, J-Hope ke Jamsil Olympic Stadium, dan Jungkook ke Lotte World. Suga, J-Hope dan Jungkook sebelumnya sempat menyangka member yang lain akan mengunjungi asrama lama mereka namun Suga, J-Hope, Jungkook merasa tujuan mereka pun memiliki kenangan yang menyenangkan bersama member BTS.

Infografis 3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya