Sukses

10 Tips Traveling Murah ke Korea Selatan, Pilih Bulan yang Pas dan Kunjungi Museum

Murah atau tidaknya liburan ke Korea Selatan bergantung pada pilihan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Saat pandemi mulai mereda, liburan atau traveling ke luar negeri kembali diminati. Salah satunya ke Korea Selatan yang pamornya bersinar berkat popularitas K-pop dan K-drama.

Jutaan penggemar di seluruh dunia membuat pemerintah Negeri Ginseng itu memberikan perhatian yang besar pada destinasi wisata. Banyak spot travel seperti lokasi proses syuting drama Korea yang dipercantik dengan berbagai fasilitas dan kemudahan akses.

Upaya seperti itu membuat banyak traveler dari berbagai negara semakin ingin traveling ke Korea.  Salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi di Korea adalah Pulau Jeju. Sebagai pulau terbesar di Korea Selatan, pulau yang terletak di sebelah selatan Semenanjung Korea menawarkan panorama menarik lewat spektrum alam dalam warna biru dan hijau.

Mengingat Korea Selatan adalah negara maju dengan pendapatan per kapita yang tinggi, banyak yang mengira bujet untuk traveling ke negara di Asia Timur itu akan menghabiskan banyak biaya. Padahal, itu bisa diakali tergantung pada pilihan Anda, apakah lebih memilih fasilitas yang terbaik tapi bujetnya sangat tinggi atau yang paling hemat tapi secara kualitas tidak beda jauh dengan yang terbaik.

Jika Anda sedang merencanakan perjalanan ke Korea Selatan. Berikut ini ada beberapa tips dan trik perjalanan yang dapat membuat Anda menekan bujet yang dilansir dari laman Lonely Planet, Selasa, 30 Agustus 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mengandalkan WiFi

Saat berada di Korea, Anda sangat mungkin untuk mengandalkan wifi agar tetap terhubung dengan ponsel maupun gawai lainnya. Bisa dibilang hampir semua tempat punya jaringan wifi. Kalau Anda masih khawatir bisa saja kehilangan sinyal, Anda bisa membeli SIM Card sebelum berangkat ke Korea.

Anda bisa membeli kartu SIM di laman seperti Trazy, Klook atau Korea Sim dan bisa mengambilnya di bandara Korea saat Anda tiba di sana. Namun kalau Anda mau berhemat, sebaiknya tak perlu membeli kartu SIM baru, yang harganya terbilang cukup mahal.

2. Pergi di Bulan Tertentu

Untuk menemukan tiket penerbangan paling murah untuk ke Korea Selatan, Anda bisa merencakan liburan saat musim dingin, yaitu bulan Januari. Selain Januari, tiket pesawat juga biasanya lebih murah saat bulan Oktober, November, dan Maret. Anda juga bisa memilih pergi di bulan yang lain kalau ada tawaran diskon tiket pesawat yang sangat terjangkau.

3 dari 4 halaman

3. Naik Transportasi Umum

Saat berlibur, cara paling mudah untuk berhemat adalah dengan memanfaatkan transportasi umum yang ada. Di negara maju seperti Korea Selatan tentunya ada beragam pilihan transportasi yang nyaman dan terjangkau. Misalnya, kalau dari Bandara Incheion ingin ke pusat kota Seouk, Anda bisa memanfaatkan kereta The AREX Train, untuk sampai ke pusat kota.

4. Beli Korail Pass

Korail Pass adalah sebuah kartu yang bisa digunakan tanpa batas saat naik kereta di sana.  Anda bisa memilih kartu dengan durasi 3 sampai 5 hari, atau disesuaikan dengan durasi Anda berada di Korea.

5. Manfaatkan Diskon

Untuk mencari harga termurah, Anda harus pintar-pintar dalam memanfaatkan promo yang ada. Salah satunya dengan membeli kartu Tmoney transit card, yang bisa diisi ulang, agar bisa menghemat saat naik subway atau bus.

6. Pilih Akomodasi Lokal

Untuk penginapan, Anda juga dapat memilih akomodasi lokal, dibanding dengan hotel internasional bintang lima yang harganya jauh lebih mahal. Hotel lokal biasanya tarifnya relatif lebih terjangkau.

4 dari 4 halaman

7. Makanan Kaki Lima

Korea Selatan menjadi surganya untuk makanan atau jajanan kaki lima (street food), yang biasanya menawarkan beragam makanan dengan harga relatif terjangkau. Biasanya, makanan yang ditawarkan juga memiliki rasa rumahan yang lebih lezat. Namun untuk umat muslim, Anda wajib berhati-hati dengan status kehalalannya karena banyak makanan di Korea yang menggunakan babi.

8. Cari Kupon Turis

Di Korea, Anda bisa mencari tahu beberapa fasilitas kupon yang ditawarkan khusus turis. Dengan membeli kupon seperti The Discover Seoul Pass, Anda bisa menikmati lebih dari 200 penawaran, termasuk AREX dan sepeda.

9. Naik Pesawat ke Pulau Jeju

Kalau Anda berencana untuk ke Pulau Jeju, Anda bisa memilih transportasi pesawat. Selain lebih cepat, naik pesawat ternyata lebih murah dibandingkan naik kapal feri.

10. Museum dan Taman Nasional

Tempat wisata yang bisa menambah wawasan dan sangat terjangkau adalah taman nasional dan museum. Di Korea Selatan, ada 22 taman nasional yang bisa dikunjugi dan sebagian besar gratis atau memasang tarif murah.

Anda juga bisa mendatangi museum tanpa perlu bayar. Anda bisa mencari tahu sejarah Korea, atau informasi lainnya dengan mengunjungi lebih dari 2.000 museum di Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.