Sukses

Waspada, Es Mencair di Greenland Bikin Permukaan Laut Global Naik Hampir 0,3 Meter

Penelitian terbaru menunjukkan fenomena es mencair di Greenland tersebut tidak mungkin dihentikan walaupun dunia berhenti melepaskan emisi pemanasan mulai hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Es mencair di Greenland telah meningkatkan permukaan laut dunia hampir satu kaki (0,30 meter) dalam waktu dekat. Penelitian terbaru menunjukkan kondisi tersebut tidak mungkin dihentikan walaupun dunia berhenti melepaskan emisi pemanasan mulai hari ini.

Dikutip dari CNN, Selasa, 30 Agustus 2022, studi yang diterbitkan Senin, 29 Agustus 2022 di jurnal Nature Climate Change, menemukan bahwa hilangnya es dari seluruh permukaan Greenland akan memicu setidaknya 10 inci kenaikan permukaan laut, dengan mengabaikan skenario pemanasan iklim. Angka itu secara umum sama dengan total kenaikan permukaan laut global selama satu abad terakhir akibat mencairnya es di Greenland, Antartika, dan pemanasan global.

Para peneliti dari Survei Geologi Denmark dan Greenland mengamati perubahan volume lapisan es di dalam dan sekitar Greenland dan melihat bahwa limpasan air lelehan telah menjadi pendorong utama. Menggunakan "well-established theory", para ilmuwan dapat menentukan bahwa sekitar 3,3 persen dari lapisan es Greenland -setara dengan 110 triliun ton es- pasti akan mencair karena lapisan es bereaksi terhadap perubahan yang telah terjadi.

Kenaikan permukaan laut dari es yang mencair ini akan terjadi "terlepas dari jalur iklim masa depan yang dapat diperkirakan abad ini," menurut penulis utama Jason Box, seorang ilmuwan di Geological Survey of Denmark and Greenland. "Air ini secara teknis sudah berada di situasi yang ada di masa lalu dan akibatnya tidak lagi dianggap penting atau sebagai sumber perhatian," katanya.

Meskipun penulis tidak menentukan timeline, mereka memperkirakan bahwa perubahan permukaan laut dapat terjadi antara sekarang dan akhir abad ini. Penelitian ini semata-mata untuk memperkirakan minimum, atau "batas bawah yang sangat konservatif," atas kenaikan permukaan laut dari mencairnya es di Greenland, "dan dalam peristiwa yang hampir pasti bahwa iklim terus memanas, permukaan laut akan terus meninggi," kata Box.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permukaan Laut Naik

Lapisan es besar dapat mencair dengan cepat ketika suhu udara hangat. Tetapi, air laut yang lebih hangat juga mengikis lapisan di sekitar tepinya.

Temuan ini menyusul laporan kenaikan permukaan laut 2022 yang dirilis awal tahun ini oleh Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional, yang menemukan bahwa pantai AS diprediksi mengalami kenaikan permukaan laut 10 hingga 12 inci (25,4--30,48 cm) dalam 30 tahun ke depan. Ini akan menyebabkan banjir pasang terjadi lebih dari 10 kali lebih sering, dan memungkinkan gelombang badai menyebar lebih jauh ke pedalaman, menurut laporan itu.

Greenland menyimpan cukup banyak es. Jika semuanya mencair, ini bisa mengangkat permukaan laut sekitar 25 kaki (7,62 meter) di seluruh dunia. Para peneliti menunjukkan bahwa kenaikan permukaan laut 20 kaki (6 meter) tidak berarti akan naik secara merata di seluruh dunia.

Karena tempat-tempat seperti Greenland es mencair, misalnya, mereka juga kehilangan tarikan gravitasi es di atas air. Ini berarti permukaan laut Greenland turun saat permukaannya naik di tempat lain, kata William Colgan, peneliti senior di Geological Survey of Denmark and Greenland.

Tingkat perubahan itu adalah masalahnya, kata Colgan kepada Bill Weir dari CNN selama perjalanan penelitian di musim panas 2021. "Akan sangat sulit untuk beradaptasi dengan perubahan secepat itu," kata Colgan.

3 dari 4 halaman

Ambang Leleh

Sebelum perubahan iklim yang disebabkan manusia dimulai, suhu mendekati 32 derajat Fahrenheit (0 derajat Celcius) di Greenland tidak pernah terdengar sebelumnya. Namun sejak 1980-an, kawasan ini telah menghangat sekitar 1,5 derajat per dekade --empat kali lebih cepat dari kecepatan global-- sehingga semakin besar kemungkinan suhu akan melewati ambang leleh.

Beberapa hari cuaca hangat yang tidak biasa di Greenland utara baru-baru ini memicu pencairan cepat, dengan suhu sekitar 60 derajat. Ini 10 derajat lebih hangat dari biasanya untuk sepanjang tahun ini, kata para ilmuwan kepada CNN.

Jumlah es yang mencair di Greenland antara 15 dan 17 Juli 2022 saja --6 miliar ton air per hari-- akan cukup untuk mengisi 7,2 juta kolam renang ukuran Olimpiade, menurut data dari Pusat Data Salju dan Es Nasional AS. Ilmuwan global telah mengatakan bahwa tren percepatan perubahan iklim cukup jelas, dan bahwa kecuali emisi segera dihentikan, banyak peristiwa pencairan yang lebih ekstrem akan terus terjadi lebih intens dan lebih sering.

4 dari 4 halaman

1,2 Derajat Celcius

Dikutip dari Aljazeera, Selasa, 30 Agustus 2022, ini adalah pertama kalinya para ilmuwan menghitung mencairnya es minimum dan kenaikan permukaan laut yang menyertainya untuk Greenland, salah satu dari dua lapisan es raksasa di Bumi yang perlahan menyusut karena perubahan iklim dari pembakaran batu bara, minyak, dan gas alam. Dunia telah menghangat rata-rata hampir 1,2 derajat Celcius sejak zaman pra-industri. Kondisi ini melepaskan sederet dampak dari gelombang panas hingga badai yang lebih intens.

Di bawah kesepakatan iklim Paris, negara-negara telah sepakat untuk membatasi pemanasan hingga 2 derajar Celcius. Namun dalam laporan mereka tentang efek iklim tahun ini, Intergovernmental Panel on Climate Change atau IPCC mengatakan bahwa bahkan jika pemanasan stabil pada 2 hingga 2,5 derajat Celcius  "garis pantai akan terus terbentuk kembali selama ribuan tahun, memengaruhi setidaknya 25 kota besar dan menenggelamkan daerah dataran rendah".

Daerah tersebut tidak lain merupakan rumah bagi 1,3 miliar orang pada 2010. Colgan mengatakan tim penelitinya tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencairkan semua es yang ditakdirkan. Namun, membuat perkiraan yang terdidik mungkin akan terjadi pada akhir abad ini, atau setidaknya pada 2150.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.