Sukses

6 Fakta Menarik Pakistan, Punya Tambang Garam Terbesar Kedua di Dunia

Pakistan sedang menjadi sorotan setelah banjir bandang terjadi yang menewaskan lebih dari 1.000 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Pakistan secara resmi dikenal sebagai Republik Islam Pakistan. Negara di Asia Selatan ini beribu kota di Islamabad. Lokasinya strategis, berada di antara Asia Tengah, Asia, Selatan, dan Timur Tengah.

Pakistan memperoleh kemerdekaannya pada 14 Agustus 1947 setelah lama dijajah Inggris. Negara ini resmi menjadi Republik Islam setelah mengadopsi konstitusi baru pada 1956. Perang sipil yang terjadi pada 1971 di Pakistan timur memicu perpecahan di negara itu, hingga melahirkan Bangladesh.

Bangsa ini memiliki banyak kelompok etnis dan budaya seperti Punjabi, Kashmir, Muhajir, Pashtun, Shinaki, dan beberapa komunitas lain yang tersebar di seluruh negeri. Selain budaya mereka sendiri, kelompok-kelompok ini datang untuk membentuk budaya baru yang banyak dipengaruhi oleh negara tetangga dan budaya mereka, dikutip dari worldatlas.com.

Selain budayanya, banyak hal lain yang dapat diulik dari Pakistan. Simak enam fakta menarik Pakistan yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Tambang Garam Terbesar Kedua di Dunia

Tambang Garam Khewra terletak di Khewra, utara Pind Dadan Khan, sebuah subdivisi administratif Distrik Jhelum, Punjab, Pakistan. Lokasinya 160 km sebelah selatan dari Islamabad, ibu kota Pakistan.

Ini adalah tambang garam terbesar dan tertua di Pakistan dan terbesar kedua di dunia. Tambang garam itu ditemukan tak sengaja oleh pasukan Alexander Yang Agung, Raja Makedonia, pada 320 SM, setelah melihat kuda mereka menjilati batu. 

Garam terjadi dalam bentuk struktur seperti kubah yang tidak beraturan. Ada tujuh lapisan garam tebal dengan ketebalan kumulatif sekitar 150 meter. Di tempat-tempat garam batu adalah 99 persen murni.

Garamnya berwarna bening, putih, merah muda, kemerahan hingga warna merah daging sapi. Dalam cakrawala tertentu itu adalah kristal. Di dalam tambang ada pita alternatif yang indah dari garam warna merah dan putih, dikutip dari situs Pakistan Mineral Development Corporation.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Jalan Beraspal Tertinggi di Dunia

Pakistan memiliki jalan internasional beraspal tertinggi yang dinamai The Karakoram Highway (KKH). Ini juga disebut keajaiban dunia kedelapan atau jalan raya persahabatan China-Pakistan. Jalan ini membentang sejauh 800 mil dari Abbottabad di Pakistan ke Kashgar di Xinjiang, Cina Barat.

Jalan ini adalah salah satu jalur perjalanan darat paling menakutkan dan menegangkan di dunia. Konstruksi jalan dimulai pada 1959 dan dibuka untuk umum pada 1986 setelah 27 tahun pengeboran dan konstruksi dengan tali. Sebanyak 810 pekerja Pakistan dan 82 pekerja Cina kehilangan nyawa mereka, sebagian besar karena erosi dan jatuh, saat membangun jalan raya, dikutip dari dangerousroads.org.

3. Layanan Ambulans Sukarelawan Terbesar di Dunia

Dimulai oleh mendiang Abdul Sattar Edhi sebagai tempat penampungan satu kamar, yayasan ini sekarang beroperasi di seluruh Pakistan. Yayasan Edhi Pakistan menjalankan layanan ambulans terbesar di dunia, memiliki lebih dari 400 pusat di seluruh Pakistan.

Yayasan ini menjalankan layanan gawat darurat 24 jam. Selain itu, yayasan ini menyediakan layanan lain seperti perawatan kesehatan gratis, layanan adopsi, panti asuhan, dan tempat penampungan bagi para tunawisma, dikutip dari academiamag.com.

3 dari 4 halaman

4. Alam dan Situs Warisan UNESCO

Salah satunya destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika di Pakistan adalah Masjid Badshahi. Masjid itu merupakan peninggalan dinasti Mughal yang memerintah Semenanjung India selama hampir tiga abad. Bangunan ini dapat menampung lebih dari 100.000 jemaah dan diakui sebagai situs warisan dunia UNESCO.

Masjid ini dibuat oleh Kaisar Mughal Aurangzeb. Masjid tersebut mewakili arsitektur Mughal yang megah dan berdiri di sebuah kandang dengan empat menara dan tiga kubah. Ini juga merupakan rumah bagi peninggalan Nabi Muhammad (SAW).

 

Mengutip Nomadparadise.com, Pakistan juga memiliki banyak lembah yang populer yang dijadikan tempat wisata. Lembah Hunza, lembah ini merupakan permata tersembunyi Pakistan, yang terletak di Provinsi Gilgit Baltistan. Ini adalah lembah terpencil, terletak di antara Himalaya dan Pegunungan Karakoram. Lembah subur ini memiliki lahan pertanian yang selalu menjadi daya tarik wisata.

Di pegunungan Hunza, ada rasa ketenangan dan pengasingan. Ini adalah kunjungan wajib bagi yang ingin melarikan diri dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.

Lembah Swat yang terletak di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa juga tak kalah indahnya. Ratu Elizabeth II saat berkunjung ke sana bahkan melabelinya sebagai Swiss-nya Pakistan. Di tempat itu juga terdapat satwa liar di antara hutan rimbun, pegunungan, dan danau yang indah.

Lembah Swat terkenal tidak hanya karena pemandangannya yang menakjubkan, tetapi juga karena satwa liarnya yang alami. Ini memiliki hutan yang rimbun, pegunungan puncak yang tinggi, dan danau yang indah.

4 dari 4 halaman

5. Hidangan Paling Populer

Jika mengunjungi Pakistan, jangan lewatkan untuk menyantap makanan asli dari sana. Melansir Tasteatlas.com, berikut beberapa hidangan paling populer di Pakistan.

Seekh kabab adalah varietas kebab Pakistan yang lezat dan berair yang dibuat dengan kombinasi daging cincang (biasanya domba), bawang, bawang putih, jahe, ketumbar, jus lemon, yogurt, dan garam masala. Rempah-rempah yang digunakan dalam hidangan dapat dimodifikasi sesuai dengan preferensi pribadi.

Selanjutnya, Chicken karahi adalah hidangan unggas yang populer di Pakistan dan India Utara. Kata karahi dalam namanya mengacu pada panci masak tebal dan dalam yang mirip dengan wajan tempat hidangan disiapkan. Selain ayam, hidangan ini dibuat dengan bubuk cabai merah, jinten, garam masala, jahe, allspice, kapulaga, tomat, dan bawang putih.

Selain itu, samosa bertekstur renyah juga populer di sana. Memiliki berbagai rasa yang berbeda, samosa memberikan pengantar yang sempurna untuk dunia masakan India bagi pendatang baru. Gorengan berbentuk segitiga ini diisi dengan berbagai bahan, mulai dari sayuran hingga daging, seperti bawang bombay, lentil, kentang berbumbu, kacang polong, atau daging giling.

6. Tarian Dhamal

Tarian Dhamal setua Mahabharatha. Ini populer di kalangan Ahir di Distrik Gurgaon. Tarian ini juga populer di Mahendargarh dan Jhajjar, dikutip dari Webindia123.com.

Tarian ini berakar pada emosi yang lebih dalam dari orang-orang, dilakukan pada malam bulan purnama di Phalgun. Para penari berkumpul di ruang terbuka dan membentuk lingkaran. Mereka mulai dengan sebuah lagu dengan suara ketukan Dhamal.

Lagu-lagu yang dinyanyikan selama tarian berhubungan dengan beban cinta dan kerja. Mereka menggambarkan harapan, aspirasi, cinta, kerinduan, suka dan duka penduduk desa. Sekitar lima belas dan dua puluh penari berpartisipasi dalam tarian. Alat musik tua seperti Sarangi, Been, Dholak, dan Khartal merupakan orkestranya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.