Sukses

Ahli Kesehatan Sebut Orgasme Bisa Jadi Terapi Sulit Tidur Alami

Orgasme diyakini dapat membantu mengatur sistem saraf dan melepaskan ketegangan sehingga bisa lebih tenang saat tidur.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir semua orang pernah mengalami sulit tidur. Berguling-guling sepanjang malam dengan harapan menemukan posisi yang nyaman untuk bisa tertidur, sambil semakin cemas dan frustrasi karena jarum jam semakin larut mendekati waktu alarm Anda akan berbunyi.

Meskipun ada banyak alasan untuk memiliki waktu tidur berkualitas, ada juga beberapa cara alami dan mudah untuk menenangkan pikiran dan tubuh Anda supaya tidur bisa nyenyak. Salah satu tindakan yang efektif yang bisa diberikan diri Anda sendiri dan pasangan adalah orgasme.

“Umumnya, orgasme membantu seseorang untuk rileks dan menghilangkan stres, sedangkan periode pasca-orgasme memungkinkan perasaan pelepasan dan ketenangan menjadi keadaan yang lebih tenang,” jelas Andrea Tan, pakar kesehatan dan hubungan seksual bersertifikat berbasis di Singapura, dikutip dari Asia One, Selasa 30 Agustus 2022.

"Orgasme dapat membantu mengatur sistem saraf, melepaskan ketegangan, dan mengatur tingkat suasana hati kita - semua elemen yang diperlukan untuk tidur malam yang nyenyak," tambahnya. Gemma Fisk, konsultan tidur bayi dan dewasa bersertifikat, sependapat.

“Setelah kita orgasme, otak kita melepaskan serotonin, yang mendorong perasaan rileks yang membantu kita untuk lebih mudah tidur. Serotonin adalah pembunuh kortisol,” jelasnya.  Gemma mengungkapkan kortisol adalah hormon stres yang biasanya meningkat sepanjang hari, terutama jika seseorang menghadapi situasi yang memicu stres.

Mengurangi tingkat kortisol Anda sebelum tidur penting untuk membantu mencegah lingkaran setan kecemasan dan insomnia. "Jika kita sering tidur sambil merasa stres dan disibukkan oleh pikiran negatif, hal ini akan membuat otak kita percaya bahwa kamar tidur adalah tempat yang membuat stres dan dapat menyebabkan masalah tidur seperti insomnia kronis,” dia memperingatkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Kerja Orgasme

Para ahli sangat percaya pada pendekatan holistik dan berbasis sains untuk membantu orang dewasa tidur lebih nyenyak, mempromosikan hubungan positif antara tidur dan seks. "Seks dan tidur sangat berkaitan dan jika kita dapat bekerja untuk mendukung satu sama lain. Jika mereka diabaikan, mudah untuk berputar ke zona yang sangat tertekan dan terasa sulit untuk keluar," katanya lagi.

Gemma dan Andrea berbagi lebih banyak tentang bagaimana orgasme dapat membantu mengurangi tingkat stres untuk tidur yang lebih baik, mengapa kolom saran tidur jarang menyebutkan seks/orgasme sebagai metode, dan banyak lagi. Lalu bagaimana cara kerja orgasme sebagai terapi tidur alami? Stres dan kecemasan adalah dua faktor utama yang biasanya mengurangi kualitas tidur seseorang, catat Andrea.

"Dalam tubuh kita, orgasme berkontribusi untuk merasakan hormon atau neurotransmiter yang baik. Orgasme akan menyebabkan peningkatan oksitosin, yang mengimbangi efek kortisol yang meningkat pada saat stres, ”jelas Andrea, yang setuju dengan Gemma bahwa seseorang harus menurunkan tingkat kortisol untuk masuk ke keadaan tenang sebelum tidur. "Stimulasi vagina selama orgasme juga memicu pelepasan endorfin, yang mendukung jumlah dopamin yang baik untuk orgasme untuk memberikan kesenangan santai," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Waktu Tidur Berkualitas

Selain itu ada alasan mengapa waktu tidur sangat penting. "Tidur yang buruk dapat memiliki efek yang mengubah hidup pada kesehatan fisik dan mental kita. Bagi siapa pun yang tidur kurang dari enam jam setiap malam, mereka secara drastis lebih rentan terhadap diabetes, penyakit jantung, depresi, sistem kekebalan yang buruk, dan banyak lagi,” Gemma memperingatkan.

Semua orang pernah mendengar tentang teh herbal dan teknik pernapasan, tetapi kolom saran tidur jarang menyebutkan seks/orgasme sebagai metode untuk tidur lebih nyenyak. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya penelitian di bidang ini dan sifat sensitif topik yang menyulitkan peneliti untuk melakukan studi ilmiah dengan peserta.

Namun demikian, penelitian baru dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan bahwa mereka yang berhasil mencapai orgasme sebelum tidur melaporkan memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan oleh National Library of Medicine juga mencatat bahwa “Orgasme yang dicapai melalui masturbasi (stimulasi diri) dikaitkan dengan persepsi kualitas tidur yang lebih baik”, dan “temuan ini menunjukkan bahwa publik merasakan aktivitas seksual dengan orgasme. mendahului hasil tidur yang lebih baik”.

4 dari 4 halaman

Stigma

Para ahli juga mencatat bahwa meskipun masih ada stigma yang melekat pada seks dalam penelitian, terdapat pergeseran yang terjadi ketika membahas seks secara lebih terbuka. "Perawatan kesehatan wanita berubah karena lebih banyak penelitian dan saya adalah pendukung besar peningkatan komunikasi tentang topik ini untuk generasi wanita kita berikutnya,” kata Gemma melanjutkan.

"Saya seorang ibu dari dua anak perempuan dan saya sedang dalam misi untuk memastikan mereka merasa nyaman mendiskusikan topik seks secara terbuka. Ini adalah elemen alami dan sangat penting dari kehidupan, kesehatan, dan hubungan kita," katanya lagi.

Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki pasangan, apakah kesenangan diri sama-sama mengarah pada kualitas tidur yang lebih baik? "Untuk memanfaatkan manfaat orgasme, tidak hanya eksklusif bagi mereka yang memiliki pasangan. Kenikmatan diri memberikan akses individu ke orgasme dan semua manfaat terkait, termasuk meningkatkan kualitas tidur,” kata Andrea.

Beberapa orang mungkin merasa bersalah setelah orgasme, mengalahkan tujuan di mana orgasme euforia berfungsi sebagai terapi tidur alami. Dalam masyarakat Asia bahkan ada sistem kepercayaan yang berbeda saat tumbuh dewasa, atau rasa malu dan penilaian atas topik kesenangan dan orgasme yang tabu secara umum. "Rasa bersalah yang muncul karena berpikir melakukan sesuatu yang salah, sangat mengurangi kesenangan,” pungkas Andrea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.