Resep Ayam Ungkep dengan 3 Campuran Bumbu Dapur

Oleh Gilar Ramdhani pada 30 Agu 2022, 07:45 WIB
Diperbarui 30 Agu 2022, 07:45 WIB
Resep Ayam Ungkep dengan 3 Campuran Bumbu Dapur
Perbesar
Ayam Ungkep. (Shutterstock/Syanti Ekasari)

Liputan6.com, Jakarta Daging ayam merupakan lauk populer masyarakat Indonesia, yang mudah diolah dengan berbagai bumbu dan hasilkan cita rasa yang sedap. Bukan hanya enak, tapi juga kaya manfaat, bagian ayam mulai dari dada, paha, hingga sayap mengandung protein dengan kadar beragam yang dibutuhkan tubuh. Bagian paha dan dada ayam jadi favorit karena sumber protein tanpa lemak yang baik. 

Sebelum menikmati sajian ayam goreng atau panggang, alangkah baiknya bila ayam diungkep terlebih dahulu dengan berbagai macam bumbu dapur dan rempah. Bumbu dapur selalu menjadi bagian dari masakan yang tidak bisa dilewatkan, karena dapat menambah cita rasa makanan dan semakin lezat. Ada beraneka ragam bumbu dapur untuk membuat ayam ungkep bisa uenak pol.

Bumbu ungkep kuning menjadi bumbu yang banyak digunakan saat mengolah ayam, biasanya berasal dari rempah-rempah seperti kunyit, bawang, kemiri, jahe, dan lengkuas. Penasaran, dengan resepnya? Berikut ini salah satu resep ayam ungkep yang dikutip dari Cookpad.

1. Bahan - Bahan

● 2 ekor ayam kampung/negri/pejantan

Ada banyak pilihan ayam untuk dimasak? Buat kamu yang nggak mau ribet bisa menggunakan ayam negeri yang selalu menjadi idola dan sering dikonsumsi karena harganya yang terjangkau. Bahkan ayam ini gampang dicari, kamu bisa beli di pasar tradisional hingga supermarket besar. Sedangkan, untuk ayam pejantan dan ayam kampung sekilas memiliki tampilan yang sama, namun untuk harga ayam kampung relatif lebih mahal dan saat memasaknya pun harus membutuhkan waktu yang lebih lama agar dagingnya bisa empuk. Semuanya tergantung selera kamu.

Bumbu yang dihaluskan :

  • 2 ruas lengkuas
  • 1 ruas jahe
  • 2 ruas kunyit, bakar/sangrai
  • 8 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 6 butir kemiri halus, sangrai
  • 10 buah cabai rawit
  • 1 sdt lada putih

Tambahan ungkep :

Ayam ungkap akan memiliki aroma yang sedap dengan 

  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang sereh
  • 1 batang kayu manis untuk menambah aroma yang harum dan manis.
  • Gula
  • Garam

Bahan satu ini jangan sampai dilewatkan ya. Garam memiliki peranan penting dalam memperkaya cita rasa, agar makanan yang diolah dapat terasa gurih dan nikmat. Tidak hanya itu, bahan dapur ini memiliki peranan penting dalam tubuh karena bisa menyeimbangkan kadar mineral dan air. Pilihlah garam yang berkualitas dan memiliki kandungan yodium.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


2. Cara Membuat

Cara membua ayam ungkep
Perbesar
Ayam ungkep. (Shutterstock/inalasta)
  • Cucilah ayam sampai bersih, lalu potong menjadi 8 bagian atau sesuai selera.
  • Rebus ayam dalam air mendidih kurang lebih 10 menit untuk menghilangkan bau ayam.
  • Sambil menunggu ayam di rebus. Haluskan semua bumbu di blender, lalu tumis dengan minyak, dan tambahkan daun salam, sereh, gula, garam lada putih. Tumislah hingga tercium harum.
  • Setelah itu, pindahkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam wajan besar/presto, masukkan ayam yang sudah direbus, lalu tambahkan air hingga seluruh ayam terendam. Dan masukkan kayu manis agar ayam lebih wangi.
  • Ungkep hingga bumbu meresap atau sampai kering.
  • Ayam siap digoreng dan dihidangkan, atau bisa di simpan di dalam freezer.

3. Tips membeli bumbu dapur tanpa ngantri

Di era new normal, aktivitas sudah kembali normal seperti sekolah, kuliah, dah bekerja. Masyarakat khususnya ibu-ibu mulai berbondong-bondong belanja kebutuhan dapur seperti sayuran, bahan dapur, dan daging-dagingan untuk keperluan bekal sang anak dan suami. Di satu sisi, banyak yang mengeluh karena harus pergi ke supermarket untuk berbelanja dan harus mengantri panjang yang justru membuat lelah dan menyita waktu banyak. 

Mulai sekarang, kamu nggak perlu khawatir lagi untuk membeli kebutuhan dapur tanpa perlu mengantri. TOKOPEDIA hadir dengan fitur Toserba ‘Toko - Toko Serba Ada’ yang menyediakan segala kebutuhan yang kamu inginkan mulai dari produk siap masak, perawatan tubuh, perlengkapan kebersihan, termasuk juga  bahan dapur seperti lada putih, garam, gula, kayu manis dari berbagai merek seperti Miwon, Dolphin, Ladaku, Koepoe, MamaSuka.

Sekarang, belanja kebutuhan dapur tidak perlu ngantri lagi, lho! Kamu hanya perlu download aplikasi TOKOPEDIA dan dapatkan kebutuhan yang kamu inginkan secara cepat dan aman. Dapatkan juga keuntungan lainnya saat berbelanja di TOKOPEDIA seperti cashback 20%, diskon hingga 70%, dan tentunya gratis ongkir ke seluruh wilayah di Indonesia.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya