Sukses

Bagikan 77.777 Kosmetik Saat HUT ke-77 RI, Brand Lokal Raih Rekor MURI

Brand lokal berhasil meraih rekor MURI setelah memecahkan pembagian kosmetik terbanyak di lokasi, tepatnya berjumlah 77.777.

Liputan6.com, Jakarta - Spirit brand lokal untuk menghadirkan inovasi dan suguhan spesial bagi masyarakat terus terasa geliatnya. Salah satunya seperti digaungkan brand kosmetik OMG Beauty yang telah rampung menggelar "Gebyar OMG" dalam rangka perayaan HUT ke-77 RI.

Head of Marketing OMG Dinisa Aruni menyampaikan Gebyar OMG terdiri atas beragam acara, termasuk lomba-lomba yang digelar di 1.000 RT/RW di seluruh Indonesia. Gelaran ini juga menyuarakan semangat mendukung perempuan Indonesia.

"Spirit OMG align dengan spirit seluruh wanita Indonesia yang harus merdeka dalam menjalani hidup dan selalu tampil percaya diri," kata Dinisa saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 29 Agustus 2022.

Dinisa melanjutkan kegiatan Gebyar OMG bukan hanya lomba, tetapi pihaknya ingin mendukung, memeriahkan, dan membuat gerakan sebagai brand baru lahir di masa pandemi. Brand lokal ini turut menggaungkan mulai dari sesuatu kecil bila digerakkan bersama dapat membuahkan gerakan yang besar.

"Selain OMG support lomba-lomba dan 500 spanduk, ada juga mural, kreasi-kreasi kreativitas dengan tiap area berbeda-beda. Yang mendapat rekor MURI itu pembagian (kosmetik) terbanyak 77.777 sama seperti 77 tahun kemerdekaan Indonesia," jelasnya.

Brand kecantikan ini berhasil meraih rekor MURI (Museum Rekor Dunia-Indonesia) setelah memecahkan "Pembagian Kosmetik di Lokasi Terbanyak". Adapun pembagian tersebut dilakukan ketika penyelenggaraan lomba makeup yang dilaksanakan di berbagai wilayah di Aceh hingga Makassar, Sulawesi Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekor MURI

Customer Relation Manager Indonesian World Records Museum (MURI) Andre Purwandono menyampaikan MURI memiliki tiga kategori utama. Pertama, segala sesuatu yang sifatnya pertama, atau penemuan, atau belum pernah dilakukan di mana pun.

"Kedua adalah sesuatu yang sifatnya superlatif, yang dapat diukur, seperti terbanyak, tertinggi, dan terkecil. Yang ketiga, segala sesuatu yang sifatnya seperti budaya, kuliner, ada tarian seni musik itu semua bisa dicatat MURI," kata Andre dalam kesempatan yang sama.

Andre turut mengapresiasi gelaran yang dilaksanakan OMG sebagai brand yang berdiri di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut membuktikan bahwa masa pandemi ini tak membatasi untuk terus berinovasi dan berkarya.

"OMG telah berhasil mencapai salah satu kategori yang MURI punya, yaitu superlatif yang terbanyak, yaitu lebih spesifiknya "Pembagian Kosmetik di Lokasi Terbanyak". Ini sebuah rangkaian untuk menyambut 17 Agustus hari kemerdekaan Indonesia," ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa gerakan ini bagus karena dalam kondisi sulit dan segala sesuatu terbatas, tetap dapat melakukan hal-hal besar. "Terutama di dua tahun terakhir ini ketika punya kesempatan buat kegiatan berdampak besar harus didukung bersama," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Verifikasi

Andre juga menjelaskan bahwa terkait prosedur sebelum merilis rekor MURI. Semua data dihimpun oleh pihaknya yang akan memverifikasi dari awal pengajuan hingga akhirnya ditetapkan.

"Dari awal pengajuan dan hari ini, semua sudah melalui verifikasi, ditanya 1.000 lokasi di mana saja, siapa saja yang terima, ditambah dokumentasi yang diberi tim OMG," terang Andre.

Ada pun pemilihan 1.000 lokasi penyelenggaraan Gebyar OMG dikatakan Dinisa berdasarkan area terdekat tim OMG. Pihaknya juga mengumumkan acara ini di media sosial dan tak ada kriteria khusus bagi wilayah yang ikut bergabung.

"Kita open bisa diajukan dari area masing-masing. Cukup deg-degan 'ada yang ikut enggak ya' karena OMG baru, tapi ternyata antusiasmenya sangat tinggi. Enggak ada kriteria khusus, siapapun yang mendaftar. Ada lebih dari 1.000 yang daftar, tapi yang tercatat dengan dokumentasi lengkap ada 1.000 terutama di area Jatim, banyak yang daftar 175 (wilayah), target hanya 100, sangat antusias masyarakatnya," terangnya.

4 dari 4 halaman

Lomba Makeup

Dinisa mengungkapkan kemeriahan dalam Gebyar OMG terjadi karena penyelenggaraannya yang serempak di seantero Indonesia. Menurutnya, setiap daerah memiliki keunikan masing-masing, lomba dan karakter masyarakat yang berbeda.

"Itu yang menjadi unik dan meriah. Yang selalu ada di setiap lomba, yaitu lomba makeup menggunakan produk OMG," jelasnya.

Salah satu keseruan lomba makeup ini adalah ketika para suami yang merias istrinya dengan mata tertutup. Berbagai produk kecantikan OMG pun turut dilibatkan dalam gelaran ini.

"Yang sangat kreatif pakai foundation, ada yang pakai lipcream saja, lipcream ada yang menjadi blush on dan eyeshadow. Semakin kreatif pesertanya, itu yang menang," ungkapnya.

Lomba makeup di berbagai daerah ini dinilai oleh tim OMG yang ada di area-area tersebut. Pemenang lomba makeup mendapatkan beragam hadiah yang menarik.

"Hadiahnya macam-macam, ada yang support makeup dan skincare satu paket, berupa uang, sepeda, setrika, tergantung dari karang taruna RT/RW-nya," tambah Dinisa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.