Sukses

Pola Diet ala Ranty Maria, Salah Satunya Detoks Air Kelapa Hijau

Ranty Maria mengaku suka diet hingga bisa menurunkan berat badan tiga kilogram hanya dalam tiga hari.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu aktris muda yang bersinar dan eksis di layar kaca adalah Ranty Maria. Aktris bernama lengkap Ranty Maria Aprily Lee Kariso ini aktif membintangi sinetron maupun film dan kerap didapuk sebagai pemeran utama wanita, seperti di sinetron Putri untuk Pangeran dan Aku Jatuh Cinta.

Di tengah kesibukannya, aktris yang memulai kariernya sejak berusia tujuh tahun ini tetap menjaga kondisi tubuhnya agar tetap fit. Dengan begitu, ia jadi semakin bersemangat menjalani hari dan penampilannya pun kian menarik.

Meskipun sudah memiliki badan langsing, Ranty tetap menjaga pola makannya agar tidak bertambah berat badan. Kekasih Rayn Wijaya ini juga kerap berbagi tips soal diet yang ia jalani.

Ia biasanya diet dengan cara menjaga pola makan serta menjalankan detoks dengan air kelapa hijau. Ia mengaku hanya dalam waktu tiga hari, pernah sukses menurunkan berat badan sampai tiga kilogram.

"Parah banget kalau tahu berat badan aku naik. Aku biasanya diet dan semua teman-teman aku tuh tahu aku orangnya suka diet. Tiap pagi makan buah, biasanya camilanku buah," ungkap Ranty Maria dilansir dari fimela.com.

Penasaran bagaimana pola makan yang diterapkan oleh wanita berusia 23 tahun ini? Dilansir dari akun Instagram miliknya dan beberapa sumber lainnya, berikut pola makan yang dijalani Ranty Maria yang membuat berat badannya stabil dan menjaga imun tubuhnya sehingga selalu fit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mengurangi Nasi Putih

Ranty Maria mengaku mengurangi makan nasi putih dan memilih untuk mengganti sumber karbohidratnya dengan mengonsumsi kentang. Dilansir dari webmd.com, mengonsumsi kentang yang mengandung serat tinggi bisa membuat rasa kenyang lebih lama sehingga tidak khawatir berat badan naik.

2. Memilih camilan sehat

Memilih untuk menerapkan pola hidup sehat, Ranty cenderung memilah jenis camilan yang akan dikonsumsi. Misalnya camilan yang terbuat dari aneka bahan dasar yang tinggi gizi dan nutrisi seperti yogurt dan smoothies.

Smoothies yang dibuatnya pun berbahan dasar sayuran dan buah-buahan. Dengan begitu smoothies jadi lebih kaya vitamin, karbohidrat, serat, serta kandungan lainnya untuk menjaga imun tubuh, dan mengontrol nafsu makan.

3. Rutin mengonsumsi air kelapa

Ranty Maria mengaku rutin minum air kelapa. Seperti diketahui, air kelapa dipercaya ampuh sebagai detoks. Air kelapa dapat menetralisir racun yang ada dalam tubuh. Air kelapa pun rendah kalori sehingga tidak meningkatkan berat badan.

3 dari 4 halaman

4. Rutin mengonsumsi buah

Rutin mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan, Ranty mengaku hampir setiap hari ia jadikan sebagai menu harian. Baik sarapan maupun makan malam. Buah tersebut biasanya ia olah menjadi smoothies.  Dilansir dari healthline.com, kandungan vitamin C yang tinggi pada buah-buahan mampu memperkuat kekebalan tubuh serta membantu membakar lemak.

5. Memperbanyak konsumsi sayuran

Tak hanya rutin makan buah. Ranty juga konsisten mengonsumsi sayuran setiap hari. Sayuran tersebut biasanya ia olah jadi salad atau ditumis bersama bahan makanan lainnya. Kandungan vitamin C, vitamin A, serat, dan antioksidan yang ada di pada sayuran dipercaya dapat menjaga imun tubuh sekaligus bikin perut terasa kenyang lebih lama.

6. Dada Ayam

Sebagai sumber protein, Ranty memilih mengonsumsi ayam. Ia sengaja makan bagian dada yang mengandung kalori paling rendah. Mengonsumsi dada ayam secara rutin dapat memberi manfaat baik bagi tubuh. Salah satunya adalah menjaga metabolisme tubuh.

7. Membatasi makanan manis

Memilih untuk menerapkan pola hidup sehat, Ranty pun membatasi makanan manis. Bukan tanpa tujuan, mengonsumsi gula secara berlebih akan meningkatkan risiko diabetes dan obesitas.

4 dari 4 halaman

8. Mengurangi makanan yang digoreng

Ranty cenderung menghindari makanan yang mengandung minyak. Bukan tanpa alasan, minyak cenderung mengandung kalori tinggi. Asupan minyak yang berlebih bisa meningkatkan jumlah lemak dan memicu berbagai penyakit.  Anda disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi gorengan, atau makanan yang digoreng dan menggantinya dengan mengonsumsi makanan yang direbus atau bernutrisi seperti buah-buahan.

9. Mengurangi makanan olahan dan berpengawet

Ranty Maria memilih untuk mengonsumsi makanan real food yang jelas mengandung gizi dan nutrisi. Ia pun mengurangi asupan makanan olahan dan yang mengandung banyak pengawet.

Bila terlalu sering mengonsumsi makanan olahan dan berpengawet, risiko berat badan naik lebih besar. Selain itu rentan penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, gangguan jantung, dan lain-lain.

10. Minum air putih

Ranty memperbanyak mengonsumsi air putih dibanding dengan minuman manis dan bersoda. Meski godaan mengonsumsi minuman manis cukup besar, Ranty mengaku tetap memilih air putih. Selain membuat tubuh terhidrasi, air putih juga dapat membantu pembakar lemak lebih maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.