Sukses

Pengantin Pria di China Tewas Tersambar Petir saat Berpose untuk Foto Prewedding

Seorang pria tewas tersambar petir saat berpose untuk foto prewedding dengan tunangannya, ketika ada badai petir di tempat pemandangan populer di barat daya China.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria tewas tersambar petir saat berpose untuk foto prewedding dengan tunangannya ketika ada badai petir di tempat pemandangan populer di barat daya China. Dikutip AsiaOne, menurut sebuah pernyataan Komite Manajemen Jade Dragon Snow Mountain di Lijiang, provinsi Yunnan.

Pria itu disambar petir tepat tengah hari pukul 13:30 pada Rabu 25 Agustus 2022 di Spruce Meadow, tempat wisata populer yang terkenal dengan padang rumput dan gunung yang tertutup salju. Layanan darurat setempat segera tiba di tempat kejadian dan membawa pria bermarga Ruan itu ke rumah sakit tempat ia dinyatakan meninggal.

"Orang-orang yang berdiri di dekat korban tidak terluka," kata seorang manajer tur yang hadir kepada The Paper. Sebuah video yang diambil tepat setelah kecelakaan menunjukkan pekerja darurat di tengah hujan lebat mengenakan jas hujan dan memegang payung memindahkan pria itu ke tandu.

Otoritas meteorologi setempat telah mengeluarkan peringatan petir dan kilat, dalam taraf bahaya di bawah sistem peringatan empat tingkat China, sekitar 30 menit sebelum petir menyambar. Seorang turis di lokasi tersebut mengatakan kepada The Paper bahwa hujan turun sejak siang hari itu dan dia hanya mendengar guntur yang keras selama badai yang ia yakini telah menyertai sambaran petir yang mematikan.

Berita kecelakaan tersebut telah menerima delapan juta tampilan di Douyin, sebuah platform berbagi dan menerima 30.000 komentar pada Jumat pagi. "Kebahagiaan besar berubah menjadi kesedihan besar. Kita tidak bisa membayangkan betapa menyakitkannya hal ini bagi pengantin wanita. Mungkin satu detik sebelumnya, dia dan tunangannya sedang membicarakan pernikahan romantis mereka dan menantikan kehidupan bahagia mereka di masa depan. Tapi kilatan petir telah menghancurkannya," tulis seorang warganet. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kejadian di Florida

Kejadian tersambar petir serupa juga terjadi pada seorang wanita di Florida Amerika Serikat. Ia tewas Kamis oleh petir yang juga menyambar anaknya dan seekor anjing peliharaan, kata pihak berwenang. Insiden itu terjadi pada Kamis sore, 25 Agustus 2022 di Winter Springs, sebuah kota kecil di Seminole County, Florida tengah, sekitar 15 mil di utara Orlando.

Departemen Kepolisian Winter Springs mengatakan menerima banyak laporan tentang orang-orang yang mungkin tersambar petir di dekat Trotwood Park sekitar pukul 14:20 waktu setempat dan mengerahkan petugas ke tempat kejadian. Petir tampaknya "menyambar pohon di dekatnya, membuat tumbang dan menimbulkan korban," kata polisi.

Pemadam Kebakaran Kabupaten Seminole juga menanggapi dan memberikan bantuan penyelamatan jiwa segera kepada para korban di lokasi. Seorang wanita dan anaknya kemudian diangkut ke rumah sakit daerah untuk perawatan, tetapi sang ibu meninggal, menurut polisi.

"Anak itu bersama anjing peliharaan telah diperiksa para profesional medis dan dalam keadaan baik-baik saja," kata Departemen Kepolisian Winter Springs dalam siaran pers Kamis. "Kami tidak merilis nama-namanya sehingga keluarga dapat berduka atas peristiwa yang tidak menguntungkan ini." Namun Sekolah Umum Seminole County mengkonfirmasi bahwa para korban termasuk seorang siswa Sekolah Dasar Keeth dan orang tua mereka.

3 dari 4 halaman

Hindari Petir

 

Menurut situs CDC, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, kejadian tersambar petir bisa dihindari. Meskipun rumah merupakan tempat perlindungan yang aman selama badai petir, Anda mungkin masih berisiko. Sekitar sepertiga dari cedera sambaran petir terjadi di dalam ruangan. Berikut Tipsnya dalam ruangan.

1. Hindari air.

Jangan mandi, mencuci piring, atau melakukan kontak lain dengan air selama badai petir karena petir dapat merambat melalui pipa bangunan. Risiko sambaran petir melalui pipa mungkin lebih kecil dengan pipa plastik dibandingkan dengan pipa logam. Namun, yang terbaik adalah menghindari kontak dengan pipa ledeng dan air mengalir selama badai petir untuk mengurangi risiko tersambar petir.

2. Jangan menyentuh peralatan elektronik.

Jangan gunakan apa pun yang terhubung ke stopkontak, seperti komputer, laptop, sistem permainan, mesin cuci, pengering, atau kompor. Petir dapat merambat melalui sistem kelistrikan, sistem penerimaan radio dan televisi, dan kabel atau batang logam apa pun di dinding atau lantai beton. Lengkapi rumah Anda dengan pelindung lonjakan arus seluruh rumah untuk melindungi peralatan Anda.

3. Hindari jendela, pintu, beranda, dan beton

Jauhi jendela dan pintu, dan jauhi beranda. Jangan berbaring di lantai beton atau bersandar di dinding beton selama badai petir. Petir dapat merambat melalui kabel atau batang logam apa pun di dinding atau lantai beton.

4. Jangan gunakan telepon kabel

Telepon berkabel tidak aman digunakan selama badai petir. Jangan menggunakannya. Namun, aman untuk menggunakan telepon nirkabel atau seluler selama badai.

4 dari 4 halaman

Tips Keamanan

Kejadian tersambar petir sering terjadi di cuaca yang kurang bersahabat dengan hujan badai petir. Mengutip laman weather.gov Sabtu, 27 Agustus 2022, petir jadi penyebab utama kematian terkait badai di A.S. Sambaran petir dapat mengakibatkan serangan jantung hingga jantung berhenti pada saat cedera, meskipun beberapa korban mungkin tampak mengalami kematian yang tertunda beberapa hari kemudian.

Tips Keamanan Luar Ruangan

Meskipun tidak ada tempat di luar yang aman selama badai petir, Anda dapat meminimalkan risiko dengan menilai ancaman petir lebih awal dan mengambil tindakan yang tepat. Pertahanan terbaik adalah menghindari petir.

Berikut adalah beberapa tips keselamatan di luar ruangan yang dapat membantu Anda menghindari tertabrak.

1. Waspadalah

Periksa ramalan cuaca sebelum berada di luar ruangan. Jika ramalan cuaca menyerukan badai petir, tunda perjalanan atau aktivitas Anda, atau pastikan tempat perlindungan aman yang sesuai sudah tersedia.

2. Pergi ke dalam ruangan

Ingat ungkapan, "Ketika guntur mengaum, masuklah ke dalam rumah." Temukan tempat berlindung yang aman dan tertutup saat Anda mendengar guntur. Tempat perlindungan yang aman termasuk rumah, kantor, pusat perbelanjaan, dan kendaraan keras dengan jendela digulung.

3.Segera cari perlindungan

Jika Anda terjebak di area terbuka, bertindak cepat untuk mencari perlindungan. Tindakan yang paling penting adalah menjauhkan diri dari bahaya. Berjongkok atau jatuh ke tanah dapat mengurangi kemungkinan tersambar petir, tetapi itu tidak menjauhkan dari bahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.