Sukses

Ini 5 Tips Cari Cuan Lewat Konten Kuliner dari Andre Sarwono

Para konten kreator pemula dapat memanfaatkan promo di layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan informasi dan teknologi memang membawa banyak perubahan untuk manusia. Salah satu buktinya adalah media sosial.

Yup, saat ini semakin banyak orang yang memanfaatkan media sosial, bukan hanya untuk membangun relasi dan berkreasi. Media sosial justru juga dapat melahirkan profesi baru, seperti konten kreator.

Di tengah perkembangan transformasi digital yang semakin pesat, profesi konten kreator semakin bertumbuh menjadi sebuah ladang penghasilan yang cukup menjanjikan. Tak ayal jika semakin banyak orang berlomba-lomba menekuni profesi yang satu ini, dengan membuat konten yang unik dan kreatif untuk menarik perhatian warganet.

Salah satu jenis konten yang paling populer di kalangan warganet adalah konten kuliner. Tak heran jika banyak konten kreator yang memilih untuk fokus membuat konten menarik seputar kuliner. Food vlogger terkenal asal Indonesia, Andre Sarwono adalah salah satu contohnya.

Sosok dibalik akun @makanterusss yang kini telah memiliki lebih dari 2,3 juta pengikut di Instagram aktif membagikan konten ulasannya saat mencicipi berbagai jenis kuliner baik lokal maupun mancanegara.

Pria kelahiran Samarinda, 2 Januari 1997 ini mengawali kariernya sebagai food vlogger sejak 2015. Berawal dari kecintaannya pada dunia kuliner, Andre mencoba peruntungannya, dengan membuat konten ulasan dari makanan yang ia cicipi di blognya, makanterusss.com.

Konsistensi dan kerja keras Andre dalam membuat konten kuliner pun berbuah manis. Ketika membuat konten visual, Andre juga berhasil menarik perhatian para pencinta kuliner. Bahkan akun media sosial dan blognya menjadi salah satu top referensi para pencinta kuliner.

Makin Terbantu Layanan Pesan Antar Makanan

Setelah lebih dari tujuh tahun menekuni profesi sebagai food vlogger, Andre melihat bahwa perkembangan industri kuliner saat ini turut menghadirkan berbagai kemudahan bagi para konten kreator pemula yang juga ingin mengikuti jejaknya sebagai food vlogger.

"Di era digital sekarang ini, pekerjaan para food vlogger juga sangat terbantu dengan kehadiran layanan pesan antar makanan (food delivery). Tinggal pesan saja dari rumah, makanan bisa langsung diantar. Kami bisa jadi merasa lebih leluasa dan fokus saat proses pembuatan kontennya. Apalagi layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood misalnya yang selalu menyediakan banyak promo menarik buat para penggunanya. Promonya juga berguna banget buat para konten kreator, jadi kita bisa beli lebih banyak variasi kuliner dengan harga yang lebih hemat di ShopeeFood,” jelas Andre.

Nah, untuk membantu mendukung para konten kreator pemula yang juga ingin berkecimpung dalam industri kuliner, Andre memberikan lima tips jitu untuk dipraktekkan, guna mencari cuan melalui konten kuliner:

Utamakan Orisinalitas

Pada dasarnya, setiap individu memiliki karakter dan gaya yang berbeda-beda. Itulah mengapa Andre percaya bahwa menjadi diri sendiri adalah kunci utama saat ingin mulai membangun branding sebagai konten kreator di media sosial.

Kemudian, kenali karakter diri sendiri agar kamu dapat menciptakan persona diri yang unik dan berbeda. Berusahalah untuk selalu utamakan orisinalitas diri, tidak meniru gaya orang lain. Jangan sampai karya yang sudah kamu buat justru tidak diapresiasi karena dianggap copycat.

Riset dan Perkaya Referensi

Perputaran tren di media sosial terjadi dengan sangat dinamis. Pastikan agar kamu melakukan riset mendalam tentang tren yang sedang berkembang, sehingga kamu dapat membuat konten yang relevan bagi para audiens yang mau disasar.

Selain memantau perkembangan tren, kamu juga bisa perkaya diri dengan mencari referensi dari para food vlogger lainnya untuk mendapatkan inspirasi dan mendorong kreativitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Layanan Pesan Antar Makanan

Bagi kamu, para konten kreator pemula, dapat memanfaatkan promo yang ada di layanan pesan antar makanan, seperti ShopeeFood yang selalu punya berbagai penawaran menarik.

Contohnya, pada 28-30 Agustus 2022, ShopeeFood akan mengadakan kampanye ShopeeFood Day yang menyediakan beragam promo. Mulai dari Diskon 100%, Gratis Ongkir Sepuasnya, hingga Promo Serba Gratis.

Kampanye ShopeeFood Day akan selalu hadir selama tiga hari mulai dari tanggal 28 setiap bulannya. Oh ya, jangan lupa catat tanggal-tanggal promo ShopeeFood ini ya, agar kamu bisa lebih hemat saat harus membeli banyak makanan untuk membuat konten, ya! 

Beri Perhatian Khusus pada Kualitas Visual dan Konten

Konten kreator sangat bergantung pada tampilan dan kualitas konten yang ditampilkan. Saat membuat konten visual, pastikan agar kamu memperhatikan komposisi pengambilan gambar maupun video dengan baik.

Selain visual, kamu juga harus mencoba menampilkan informasi konten yang menarik, informatif, dan pastinya jujur. Kejujuran dari setiap ulasan yang kamu berikan dapat turut menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas dari sisi audiens.

Jadi, usahakan setiap konten yang kamu posting dapat menarik perhatian audiens dan pastikan informasinya dapat dipertanggungjawabkan, ya!

Konsisten Bikin Konten dan Terus Belajar

Membangun citra sebagai konten kreator memang tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam. Butuh konsistensi dan keseriusan untuk terus melakukan inovasi dalam pembuatan konten.

Kuncinya jangan pernah menyerah untuk terus belajar meningkatkan kualitas konten dan juga keahlian diri sendiri. Percaya pada prosesnya karena kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Nah itulah lima tips jitu dari Andre Sarwono yang bisa coba diterapkan oleh para konten kreator pemula yang ingin menjadi food vlogger.

Selama kampanye ShopeeFood Day berlangsung, para konten kreator pemula juga dapat mencoba mencicipi beragam kuliner dengan harga yang lebih terjangkau dari merchant-merchant ternama, seperti Traffic Bun, Menantea, Mangkokku, Baso Aci Akang, Street Boba, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ShopeeFood juga menyediakan promo spesial khusus bagi pengguna baru ShopeeFood, yaitu Diskon 25RB untuk Semua Resto dan Gratis Ongkir Sepuasnya. Promo spesial pengguna baru ini berlaku untuk metode pembayaran ShopeePay maupun Cash on Delivery (COD).

Yuk, unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan nikmati pengalaman jelajah kuliner dengan ShopeeFood.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.