Sukses

Sanna Marin Menangis di Hadapan Publik, Buntut Panjang Kasus Pesta Liar dan Foto Tak Senonoh

PM Finlandia Sanna Marin juga meminta maaf atas foto dua influencer yang bertelanjang dada di rumah dinasnya.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin menyampaikan pidato emosional pada Rabu, 24 Agustus 2022. Ia mengungkapkan kinerja pekerjaannya dan membela haknya untuk memiliki kehidupan pribadi setelah video bocor menunjukkan ia menari di pesta liar.

"Saya juga manusia," kata Marin seperti dikutip media Finlandia dengan suara putus asa dan mata merah, dilansir New York Post, Jumat (26/8/2022). PM Finlandia berusia 36 tahun tersebut bersikeras bahwa dia selalu berkomitmen pada pekerjaannya melayani rakyat Finlandia.

"Saya melakukan pekerjaan saya. Saya belajar dari ini," kata Marin kepada kerumunan pendukung di kota selatan Lathi. "Pekan ini tidak mudah. Sangat sulit. Tapi saya percaya bahwa orang melihat pekerjaan yang kita lakukan, bukan apa yang kita lakukan di waktu luang kita."

Pernyataan Marin tersebut muncul sehari setelah dia meminta maaf atas foto telanjang dada dua orang influencer yang saling berciuman selama pesta liar yang digelar oleh pemimpin itu di kediaman musim panas resmi perdana menteri di Helsinki pada Juli 2022. Pengakuan publik Marin menggambarkan potret tamu pesta yang berciuman sebagai hal yang "tidak pantas".

Dikutip dari The Guardian, potret yang telah dihapus itu pertama kali muncul di akun TikTok model dan influencer Sabina Särkkä. Potret tersebut menunjukkan ia dan perempuan lain--bukan Marin--berciuman sambil mengangkat atasan mereka, dengan tanda "Finlandia" menutupi payudara mereka.

"Saya pikir gambarnya tidak pantas, saya minta maaf untuk itu. Gambar seperti itu seharusnya tidak diambil," kata Marin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Bocor

Selain itu, video yang bocormenunjukkan Marin menari dan menyanyi dengan liar bersama sekelompok teman selebritas selama pertemuan pribadi lainnya. Perempuan yang baru berusia 34 tahun ketika terpilih sebagai pejabat pada 2019 ini membela tindakannya.

Ia mengatakan bahwa yang dia lakukan hanyalah menari dan bernyanyi bersama teman-temannya "dengan cara yang riuh." Sebuah video terpisah yang diunggah oleh tabloid Finlandia pekan lalu muncul menunjukkan Marin menari mesra dengan seorang pria misterius di sebuah klub malam dengan lagu "I Got A Feeling" milik Black Eyed Peas.

Majalah Seiska juga mengutip akun saksi yang mengatakan bahwa Marin terlihat menari dengan tiga pria berbeda dan duduk di pangkuan pria. Rumor beredar mengklaim obat-obatan mungkin telah dikonsumsi di pesta itu.

Marin mengatakan kepada wartawan bahwa dia tidak pernah menggunakan narkoba, bahkan saat di masa remaja. Ia juga tidak melihat ada yang memakai narkoba di pesta di apartemen Helsinki pada 6 Agustus 2022 lalu.

3 dari 4 halaman

Tes Narkoba

Sanna Marin pun menjalani tes narkoba "untuk menghilangkan kecurigaan". Hasil tesnya negatif seperti dirilis pada Senin, 22 Agustus 2022.

Marin mengatakan kemampuan pengambilan keputusannya tidak terganggu. Ia menyebut hanya minum sedikit alkohol dan "bisa pergi untuk mengurus tugas-tugas pemerintah" jika perlu.

Para penentang mengatakan bahwa perilakunya tidak pantas, pilihan teman-temannya menunjukkan kurangnya pertimbangan dan bahwa foto dan video yang bocor dapat membuatnya dikritik atau bahkan diperas. Tetapi, banyak orang lain yang membela haknya untuk berpesta.

Sejumlah perempuan Finlandia mengunggah video diri mereka menari dan minum untuk menunjukkan dukungan mereka kepada perdana menteri. Sementara, Marin sendiri berharap bahwa "pada 2022, dapat diterima bahwa bahkan para pembuat keputusan dapat menari, bernyanyi, dan pergi ke pesta".

"Saya merasa seperti rekaman diambil dari saya sepanjang waktu, di mana-mana, dan rasanya tidak enak," kata Sanna Marin kepada wartawan pada pekan lalu. "Bahkan hal-hal normal dibuat terlihat buruk."

4 dari 4 halaman

Kata Para Pejabat

Dampak politik bagi Marin sejauh ini terbatas. Antti Lindtman, ketua kelompok parlemen partai Sosial Demokrat perdana menteri, mengatakan dia melihat "tidak ada yang benar-benar perlu ditulis tentang rumah" dalam "menari di acara pribadi dengan teman-teman". Beberapa dari mereka lelah dengan kehebohan.

Menteri keuangan, Annika Saarikko, dari partai Center, anggota koalisi kiri-tengah Marin, mengatakan dia "bingung dan lelah" karena harus mengomentari foto dan video. Menteri pendidikan, Li Andersson, dari Aliansi Kiri, mengatakan dia berharap diskusi akan beralih ke "masalah yang lebih substantif" seperti "tugas kita sehubungan dengan musim dingin yang sulit ini, krisis energi, perang agresi Rusia, kebijakan yang adil."

Petteri Orpo, dari partai oposisi Koalisi Nasional, mengatakan dia berharap perhatian media dan publik sekarang dapat fokus pada "apa yang tidak dilakukan perdana menteri. Kami mengalami krisis energi, inflasi yang tinggi, masalah dalam perawatan kesehatan. Kami membutuhkan kepemimpinan".

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, ditanya oleh seorang reporter pada Rabu, 24 Agustus 2022 tentang pendapatnya tentang situasi Marin, dan standar ganda yang dihadapi perempuan dalam politik dibandingkan dengan rekan-rekan pria mereka. Ardern mengatakan dia memiliki kebijakan untuk tidak mengomentari politik domestik negara lain.

"Tapi satu refleksi umum saya adalah bahwa sejak saya berada dalam peran ini, saya benar-benar memikirkan apakah kita menarik orang ke pekerjaan ini atau tidak," katanya kepada wartawan di Wellington. "Kami membutuhkan orang-orang dari semua lapisan masyarakat untuk melihat ke politik dan berpikir, 'Itu adalah tempat yang saya rasa dapat membuat perbedaan positif.'"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.