Sukses

Di Balik Sejarah Tempat Kopi Pertama di Kampung Heritage Kayutangan

Rumah Mbah Ndut didirikan pada 1923 yang terletak di Jalan Basuki Rahmat Gang 4 No 938.

Liputan6.com, Jakarta Kota Malang memiliki salah satu tempat yang kini sudah ditetapkan sebagai kawasan warisan dunia. Adalah Kampoeng Heritage Kajoetangan. 

Ya, sejak  bertahun-tahun lama, sepanjang Jalan Basuki Rahmat menjadi kawasan ekonomi yang memiliki daya tarik sejarah dengan bangunan lawasnya. Namun, koridor dalam yakni kampung dalam gang-gang di sepanjang salah satu jalan vital di Kota Malang ini menyimpan daya tarik tersendiri.

Banyaknya bangunan lawas, warga yang ramah dan santun, termasuk kuliner tradisional yang khas menjadi daya tarik yang layak untuk disambangi dan dijajal. Salah satunya adalah Kopi Hamur Mbah Ndut. 

Menu yang ditawarkan tak neko-neko, hanya kopi tubruk, kopi susu, serta sekoteng, juga ada beberapa makanan tradisional seperti onde-onde dengan harga yang ramah di kantong. Namun, yang menjadi magnet pengunjung untuk datang ke tempat ini adalah kedai ini berada di sebuah rumah lawas yang nyaman. 

Bahkan Kopi Hamur Mbah Ndut ini merupakan warung kopi atau kafe pertama di koridor dalam Kayutangan Heritage.

"Jadi sebelum penduduk lain itu membuat warung kopi, saya duluan. Kemudian karena tempat saya ini ramai, mulai banyak warga yang ikut (mendirikan warung kopi). Kalau di sini kan rumahnya juga menunjang ya untuk spot. Ini rumah dari eyangnya istri saya, rumah punden bagi keluarga besar. Memang dari dulu dikenal rumahnya Mbah Ndut, karena tubuhnya gendut," ungkap pemilik rumah sekaligus pendiri Kopi Hamur Mbah Ndut, sambil menjelaskan arti hamur bahasa Malangan yang artinya rumah. 

Ya, Rumah Mbah Ndut didirikan pada 1923 yang terletak di Jalan Basuki Rahmat Gang 4 No 938. Bangunan beratap pelana ini berukuran 8,5x17,5 meter persegi. Pemilik pertamanya adalah Haji Ridwan dan Mardikyah diteruskan oleh keluarga Saadiyah, dan kini ditinggali dan dikelola oleh Rudi Haris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertahankan Bentuk Asli Hingga Jadi Kawasan Wisata

Menurut Rudi Haris bangunan tersebut tetap dipertahankan seperti aslinya. Bentuk, jendela, dan ubin masih berwarna kuning yang memperlihatkan ciri khas rumah kuno. 

Selain itu sederet perabot dan barang antik terpanjang rapi di rumah ini. Mulai dari kursi dan lemari kayu lawas, teko, kaset, telepon, timbangan, tas koper, TV, hingga radio.

"Masih asli dan tidak diubah bentuk rumahnya. Hanya memang bagian depan saja yang ketambahan. Ada kanopi dan toko. Kanopi ini juga sudah cukup lama, sejak 1994. Jadi pertama kali di Indonesia ada kanopi, saya pasang. Di sini juga ada banyak barang-barang lama, jadi kita keluarkan ke depan. Seperti radio itu dibeli tahun 1961, kwitansinya juga masih ada. Harganya Rp6.900 waktu itu, belinya di Toko Srikandi dulu ada di perempatan situ," kata Rudi. 

Rudi juga bercerita bahwa dia dulu mengelola toko sembako di rumah ini. Namun sejak 2018 kala Pemkot Malang menetapkan kawasan Kayutangan menjadi kawasan wisata, Rudi Harus pun mulai membuka kedai kopinya karena melihat potensi banyaknya wisatawan yang datang ke kampungnya.

Bapak tiga orang putra ini mengaku selalu membiarkan pintu rumahnya terbuka. Pria ramah ini membuka kedainya setiap hari mulai pukul 08.00 WIB dan biasanya akan tutup sementara menjelang magrib dan buka lagi setelah isya. 

Rudi juga bercerita bahwa di awal pembukaan Kampoeng Kajoetangan ini, dirinya pernah kedatangan dua orang tamu dari Malaysia yang merupakan penikmat rumah-rumah heritage.  

"Dia buka IG katanya, terus yang muncul rumah saya. Lalu mereka terbang ke Surabaya dan lanjut naik travel ke sini. Saya waktu itu belum buka, masih bersih-bersih, tapi orangnya sudah di depan pagar sini. Mereka hanya duduk di lantai selama setengah hari sambil ngopi, sambil saya disuruh bercerita tentang kampung. Lalu langsung pamit pulang ke Malaysia. Jadi dari Malaysia ke Indonesia tujuannya hanya ke sini. Ini menjadi sebuah semangat buat saya. Saya getok tularkan akhirnya banyak pemilik rumah yang membuka pintu rumahnya. Kalau tempat saya ini terbuka, orang mau masuk monggo mau lihat-lihat ke dalam silakan, bahkan mau lihat kamar saya persilakan. Jadi rumah yang paling terbuka ya rumah saya ini," kenang Rudi.

Rudi pun menyebutkan selain langganan dan wisatawan dalam negeri, juga Wali Kota Sutiaji yang pernah mampir di kedainya dulu sebelum pandemi juga banyak wisatawan dari luar negeri seperti Perancis, Swiss, dan negara lain. 

"Biasanya mereka jalan-jalan ke dalam kampung, trus ngopi di sini. Mereka sampai heran ada kopi seenak ini tapi kok harganya murah, cuma lima ribu. Senang sekali mereka di sini. Biasanya kalau tidak ada tour guidenya, saya ajak orang sini yang bisa Bahasa Inggris untuk bisa bercerita ke mereka," lanjutnya.

Rumah yang terletak di samping Makam Mbah Honggo ini juga merupakan cikal bakal dan kantor sekretariat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kampoeng Kajoetangan Heritage. Rudi yang sejak muda menggeluti dunia pariwisata ini berharap kampungnya ini dapat menjadi jujugan wisata bagi wisatawan yang melancong ke Kota Malang.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji mengatakan, bahwa Kayutangan akan menjadi wisata heritage kebanggaan Kota Malang. Saat ini, setelah diperbaiki dan dipercantik, kawasan Kayutangan sudah menjadi tempat wisata yang populer di kalangan wisatawan.

"Kayutangan sudah menjadi wisata wajib para wisatawan. Karena di Kayutangan sudah ada berbagai hal yang dibutuhkan wisatawan. Mau wisata heritage ada, mau wisata kuliner ada," kata Sutiaji.

Sutiaji menambahkan, kawasan Kayutangan juga sudah ada live music untuk menghibur para pengunjung. Pemkot Malang akan selalu membenahi kawasan Kayutangan Heritage supaya lebih nyaman dan indah sebagai tujuan wisata.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini