Sukses

Aurel Hermansyah Ungkap Bahan MPASI untuk Ameena, Bergizi dan Ramah di Kantong

Meski bahan-bahan yang digunakan Aurel Hermansyah dalam membuat MPASI berkualitas tinggi, bukan berarti harganya mahal.

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa buah hati pasangan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar, Ameena Hanna Nur Atta, kini sudah mencapai usia enam bulan. Paras dan tingkahnya pun semakin lucu dan sering menuai perhatian, tak hanya keluarganya tapi juga para warganet.

Lantaran sudah mencapai usia enam bulan, Ameena juga sudah mampu mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). Dilansir dari laman nhs.uk, MPASI ini bisa diberikan saat bayi sudah mencapai enam bulan untuk mendukung tumbuh kembangnya. Tapi, ASI tetap menjadi menu utama sebagai sumber energi dan nutrisi hingga 2 tahun sesuai anjuran dokter.

Di momen MPASI pertama Ameena ini, Aurel Hermansyah turun langsung ke dapur untuk membuat menu makanan buah hatinya itu. Bahan-bahan yang ia pakai untuk membuat MPASI dipastikan tinggi nutrisi dan berkualitas untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anaknya.

Meski begitu, bukan berarti bahan-bahan yang digunakan serba mewah atau mahal.  Sebaliknya, Aurel justru memilih bahan-bahan yang cukup simpel.

Apa saja sih bahan yang dipakai Aurel untuk MPASI? Berikut tujuh bahan MPASI pertama Ameena yang simpel dan bergizi, dilansir dari akun TikTok/@aureliehermansyahatta, Rabu, 24 Agustus 2022.

1. Wortel

Aurel Hermansyah memakai dua jenis sayur untuk MPASI buatannya kali ini, salah satunya wortel. Bagi Aurel, wortel adalah pilihan bagus buat bahan MPASI karena tinggi vitamin dan serat. Sayur satu ini juga terbukti tak mudah menyebabkan alergi, mudah dicerna oleh alat pencernaan bayi, dan rasanya manis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kembang Kol

Satu lagi sayur yang ditambahkan Aurel ke menu MPASI Ameena adalah kembang kol. Dilansir dari laman earthsbest.com, kembang kol juga punya aneka vitamin, serat, dan nutrisi penting lainnya buat tubuh bayi. Namun, sebaiknya kembang kol tak digunakan secara berlebihan karena bisa berisiko menimbulkan gas di lambung bayi.

3. Bawang merah dan putih

Untuk bumbunya, Aurel lebih memilih pakai bahan alami hanya dari bawang merah dan putih. Selain biar lebih sehat, ia pun hanya pakai dua bumbu ini biar rasa MPASI masih cukup ringan di lidah bayi.

Memberi bumbu alami untuk bayi terbukti aman. Selain itu, direkomendasikan pula memberi bumbu dari bawang-bawangan cukup sedikit saja hanya untuk memperkenalkan rasa gurih di lidah bayi.

4. Nasi putih

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia, terutama nasi putih. Seperti orangtua lainnya, Aurel juga memilih nasi putih sebagai sumber karbohidrat MPASI buatannya. Nasi putih aman diberikan kepada bayi selama nasi tersebut diolah jadi cukup halus untuk ditelan bayi.

3 dari 4 halaman

5. Daging Sapi

Untuk sumber protein bagi Ameena, wanita berusia 24 tahun ini memilih daging sapi cincang. Daging hewani juga direkomendasi buat jadi tambahan pada menu MPASI. Selain protein, daging sapi juga bisa menutrisi bayi dengan zat besi, kalsium, asam folat, zink, dan lain-lain.

6. Keju

Usai bahan-bahan MPASI buatan Aurel dimasak, ia kemudian menambahkan satu blok keju khusus bayi. Jenis keju ini dikenal rendah garam, tapi tetap memberi rasa creamy dan gurih pada MPASI.

Keju bisa menutrisi bayi dengan kalsium, protein, dan vitamin. Keju rendah garam ini juga aman karena risiko menyebabkan alergi pada bayi cukup rendah.

7. Minyak Zaitun

Buat tambahan sumber lemak, Aurel juga menuangkan sedikit minyak zaitun pada MPASI buatannya. Minyak ini termasuk salah satu sumber lemak berkualitas untuk bayi karena bebas bahan kimia dan diproses suhu rendah agar nutrisi di dalamnya tidak hilang. Di sisi lain, lemak pada olive oil juga membantu menyehatkan alat pencernaan bayi, melindungi dinding usus, dan mengurangi tingkat keasaman pada lambung bayi.

4 dari 4 halaman

Program Diet

Aurel kerap berbagi pengalaman dalam menjaga ASI agar tetap lancar, program kehamilan, juga diet yang dijalani. Dia ternyata tengah menjalani program diet sehat yang tetap aman untuk dirinya yang masih dalam masa menyusui.

Ia juga suka memasak sendiri di rumah karena lebih terjamin kebersihannya. Jika saat masih hamil ia termasuk rutin makan nasi untuk sarapan, kini ia justru menghindari makanan tersebut. Hasilnya, berat badan wanita 23 tahun ini perlahan turun.

Pemilik nama lengkap Titania Aurelie Nurhermansyah ini memilih makanan lain yang bisa membantu berat badannya turun. "Kadang kita misalnya lagi diet, pasti breakfast-nya enggak mungkin langsung nasi. Kalau dulu aku lagi hamil, bangun tidur nyarinya nasi," ungkap Aurel dilansir dari kanal YouTube Aurelie Atta.

Buah-buahan termasuk menu harian wajib. Aurel juga gemar makan buah-buahan saat sarapan, salah satunya pisang. Dilansir dari Healthline, pisang mengandung vitamin C, potasium, dan mikro nutrisi lain. Jika dikonsumsi saat sarapan, pisang bisa membantu perut kenyang lebih lama dan melancarkan pencernaan.

Aurel juga sangat menyukai aneka buah beri, contohnya seperti blueberry dan stroberi. Buah beri ini sangat bermanfaat dikonsumsi di waktu pagi sebelum memulai aktivitas. Pasalnya, buah beri rendah kalori, tinggi serat, dan sangat tinggi antioksidan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.