Konser Akbar BTS di Busan Bakal Digelar 15 Oktober 2022

Oleh Dinny Mutiah pada 24 Agu 2022, 17:02 WIB
Diperbarui 24 Agu 2022, 17:02 WIB
BTS. (Foto: Big Hit Music via Facebook/ BTS (방탄소년단))
Perbesar
BTS. (Foto: Big Hit Music via Facebook/ BTS (방탄소년단))

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal konser akbar BTS di Busan, Korea Selatan, akhirnya terungkap. Grup idol yang beranggotakan tujuh orang itu akan tampil di venue khusus dekat Pantai Ilgwang, Busan, pada 15 Oktober 2022. 

Big Hit Music mengungkapkan bahwa konser bertajuk BTS Yet to Come in Busan merupakan bentuk dukungan boyband itu terhadap kota yang sedang bersaing untuk menjadi tuan rumah World Expo 2030. Ini menjadi konser BTS pertama di Korea Selatan setelah BTS Permission to Dance on Stage - Seoul dilangsungkan di Olympic Stadium di Jamsil, Seoul, pada Maret 2022.

Lokasi konser spesial itu dirancang untuk menampung sekitar 100 ribu penonton. Pertunjukan musik itu juga akan disiarkan secara langsung ke tempat terpisah, yakni tempat parkir luar terminal penumpang internasional di Pelabuhan Busan yang bisa mengakomodasi sekitar 10 ribu orang lainnya.

Konser tersebut juga akan disiarkan secara live streaming lewat platform komunitas fans Weverse dan platform metaverse Zepeto, dikutip dari laman Korea Time, Rabu (24/8/2022). Dengan begitu, para ARMY yang tidak bisa datang langsung ke Busan juga bisa ikut menyaksikan konser berskala besar pertama sejak masa pandemi Covid-19.

Konser BTS yang digelar di Las Vegas pada Sabtu, 16 April 2022, ditonton oleh 65 ribu orang, sesuai kapasitas Allegiant Stadium tempat pertunjukan diselenggarakan. Tiket konser saat itu dijual dengan harga terendah 233 dolar AS atau sekitar Rp3,3 juta.

Sementara, konser BTS Permission To Dance on Stage - Seoul ditonton langsung oleh 45.000 orang di Jamsil Olympic Stadium pada 10, 12, dan 13 Maret 2022. Menurut laporan Big Hit Music, secara keseluruhan penonton konser BTS Permission To Dance On Stage - Seoul sebanyak 2.465.000 orang di seluruh dunia.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Bakal Digratiskan

7 Potret Luna Maya Nonton Konser BTS di Las Vegas, Seru Banget
Perbesar
Luna Maya (Sumber: Instagram/lunamaya)

Konser yang digelar BTS tersebut menjadi angin segar bagi para ARMY sejak grup mengumumkan mereka akan fokus pada kegiatan individu. Hybe Labels sebagai agensi yang menaungi RM dan kawan-kawan dilaporkan setuju untuk menggelar konser tersebut tanpa dipungut bayaran.

Konser tersebut akan menjadi acara terbesar yang pernah diadakan di kampung halaman Jimin dan Jungkook BTS itu. Sebelum diungkapkan, panitia saat itu mempertimbangkan tiga tempat, yakni Stadion Utama Busan Asia, Taman Ekologi Samnak, dan Pelabuhan Bukhang, sebagai lokasi konser.

Pada pertengahan Juli 2022, BTS secara formal diangkat sebagai duta Busan World Expo 2030. Dikutip dari Yonhap, Perdana Menteri Han Duck Soo menilai hal ini bisa membawa fokus dan dukungan masyarakat dan dunia. Saat ini, Korea Selatan bersaing dengan Italia dan Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah Expo 2030. Pengumuman akan dilakukan pada November 2023.

Perdana Menteri Han merupakan co-chair dari komite untuk expo tersebut. Pada Juni 2022, agensi BTS juga sudah menandatangani memorandum of understanding kepada pemerintah kota Busan untuk bekerja sama. Kerja sama yang dijajaki adalah dalam hal promosi proyek-proyek yang diawasi oleh International Bureau of Expositions (BIE) di kota Busan.

 


Ambisi Korsel

Mengulik Restoran yang Sering Didatangi Jungkook BTS di Busan, Interiornya Seperti Museum
Perbesar
Pernak-pernik BTS di Gopchang Salon. (Tangkapan Layar YouTube/SunnydahyeIn/https://www.youtube.com/watch?v=lU_AmugNJ3w)

Korea Selatan berambisi agar Kota Busan bisa menjadi tuan rumah World Expo 2030. Untuk itu, pemerintah yang diwakili Perdana Menteri Korsel Han Duck Soo menunjuk BTS sebagai public relations ambassador. Dilaporkan Yonhap, Selasa, 19 Juli 2022, Han menilai hal ini bisa membawa fokus dan dukungan masyarakat dan dunia.

Selain mempromosikan Busan, BTS juga akan menghadiri inspeksi lokasi proyek yang diawasi oleh Internasional Bureau of Exposition (BIE) pada 2023. BIE merupakan organisasi antar-pemerintah yang mengatur World Expo. Idol grup itu juga akan memberikan presentasi pada majelis umum BIE, dan berpartisipasi dalam majelis final saat BIE mengumumkan siapa yang menjadi kota tuan rumah.

Pada 2025, World Expo akan digelar di Osaka, Jepang. Tema yang diambil Jepang adalah Designing Future Society for Our Lives (merancang masyarakat masa depan untuk kehidupan kita).

Terlepas dari konser, BTS hingga saat ini masih dibayangi tugas wajib militer yang belum ditunaikan. Para penggemar khawatir dengan masa depan BTS mengingat salah satu anggota, Jin, akan genap berusia 30 tahun pada Desember 2022. Ia harus direkrut tahun depan berdasarkan revisi Undang-Undang Dinas Militer yang diloloskan pada 2018.

 


Bisa Tampil

8 Penampilan Terbaik Musisi di Grammy Awards 2022, dari Doja Cat hingga BTS
Perbesar
BTS di karpet merah Grammy Awards 2022. (dok. Jordan Strauss/Invision/AP)

Ketujuh anggota BTS memenuhi syarat menunda masa kedinasan militer mereka hingga 30 tahun jika menerima medali pemerintah untuk meningkatkan pengaruh budaya Korea Selatan di seluruh dunia. Mereka telah dianugerahi penghargaan Hwagwan orders of cultural merit dari pemerintah pada 2018 dalam Korean Popular Culture & Arts Awards. 

BTS juga tampil di Perserikatan Bangsa-Bangsa, disusul kehadiran mereka di Gedung Putih untuk membahas soal rasisme dan kekerasan Anti-Asia di Gedung Putih pada Mei 2022. Tapi, para anggota BTS mengatakan bersedia untuk ikut wajib militer.

Dikutip dari kanal Global Liputan6.com, Menteri Pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup, baru-baru ini mengatakan selama sesi parlemen untuk mengizinkan BTS untuk terus tampil bahkan saat bertugas wajib militer. Mereka bisa tetap melayani kepentingan nasional tanpa mempengaruhi jumlah personel yang berkurang.

"BTS mungkin masih bisa tampil di luar negeri saat bertugas di militer Korea Selatan," kata Lee Jong-sup seperti dikutip dari Billboard.

"Bahkan jika mereka bergabung dengan militer, akan ada cara untuk memberi mereka kesempatan berlatih dan tampil bersama jika ada jadwal konser di luar negeri,"  jelasnya. "Karena banyak orang sangat menghargai [artis yang mengabdi] di militer, itu dapat membantu meningkatkan popularitas mereka lebih banyak lagi."

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Perbesar
Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya