Sukses

Intip Keseruan Festival #SerunyaIndonesia TikTok, dari Lomba ala 17-an Hingga Pecahkan Rekor MURI

TikTok merayakan serunya kebhinekaan di HUT ke-77 RI dengan menggelar kampanye hyperlocal #SerunyaIndonesia sepanjang Agustus 2022.

Liputan6.com, Jakarta TikTok merayakan serunya kebhinekaan di HUT ke-77 RI dengan menggelar kampanye hyperlocal #SerunyaIndonesia sepanjang Agustus 2022. Dalam rangkaian acara tersebut, Festival #SerunyaIndonesia merupakan puncak acara untuk merayakan kebhinekaan yang digelar di Gedung Tribata, Jakarta Selatan pada Jumat (19/8). 

Acara yang diselenggarakan sejalan dengan tema kemerdekaan Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat ini menjadi panggung ragam kreativitas yang menyatukan beragam figur publik dan ratusan kreator lintas generasi dari berbagai kategori. 

Dalam sambutannya, Mahwari Sadewa Jalutama selaku Head of Operations, TikTok Indonesia mengatakan bahwa Festival #SerunyaIndonesia merupakan perayaan persatuan dalam keragaman dan bentuk apresiasi kami kepada seluruh komunitas TikTok di Indonesia agar bersama dapat terus menginspirasi dan menggerakkan komunitas menuju hal positif.

“Walau tidak mudah bagi kita semua, namun kami melihat bagaimana masyarakat bersatu, saling mendukung dan saling menyemangati satu sama lain di TikTok, terutama pada saat pandemi. Memasuki masa endemi, kita semua ingin pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Kami melihat kebhinekaan menjadi salah satu kuncinya. Di panggung kreativitas ini, kita rayakan #SerunyaIndonesia karena meski berbeda tetapi kita tetap satu jua," ujar Mahwari Sadewa.

Dalam Festival #SerunyaIndonesia untuk menambah semangat persatuan, kecintaan, dan kebanggaan masyarakat terhadap budaya Indonesia, serta kreativitas tanpa batas, yuk intip keseruan acaranya berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konten Kreator Ikut Lomba ala 17-an

Dalam Festival #SerunyaIndonesia, seluruh konten kreator ikut dilibatkan untuk mengikuti lomba ala 17-an. Perlombaannya beragam, mulai dari turnamen pecahin balon, lomba balap karung, turnamen cerdas cermas, hingga tenis meja.

Pecahkan Rekor MURI

Pada acara puncak Festival #SerunyaIndonesia, TikTok bersama dua kreator melakukan aksi pemecahan rekor MURI. Dua kreator yang berpartisipasi dalam kesempatan ini. Pertama adalah Christie Basil untuk kategori Peragaan Busana dengan Kreator Terbanyak yang merupakan desainer gaun pernikahan dan busana ready-to-wear untuk wanita, sekaligus kreator TikTok.

“Total ada 83 konten kreator yang ikut dalam fashion show ini. Untuk acara ini, aku menghadirkan warna pakaian yang senada dengan warna TikTok, ada warna biru, pink, hitam, dan putih. Aku juga menggabungkan dengan warna-warna netral sesuai brand aku (At Vezzo). Semua ide itu sebenarnya memberikan makna keberagaman dari kita semua yang berbeda suku, warna kulit, dan karakter,” jelas Christie.

Kedua adalah Alicia Eva, untuk kategori Melukis Pahlawan Terbanyak di Media Mobil, seorang kreator kategori edukasi art yang sering berbagi konten seni melukis di TikTok. Pada HUT ke-76 RI tahun lalu, Eva berhasil meraih rekor MURI untuk kategori Lukisan Terpanjang melalui persembahan lukisan terpanjang dengan panjang 30 meter bertema "Indonesia untuk Indonesia". Dalam upaya meraih rekor MURI untuk kedua kalinya, tahun ini Eva akan melukis para pahlawan Indonesia melalui media mobil secara live di Festival #SerunyaIndonesia.

3 dari 3 halaman

Eranya Kolaborasi

Memeriahkan kampanye ini, TikTok juga merilis sebuah lagu tema kampanye yang berjudul "Serunya Indonesia" yang dinyanyikan para kreator berbakat, antara lain Abram A Lembono aka ABRAM, Tiffani Afifa, dan Pieter Anroputra. Lagu tema "Serunya Indonesia" sudah bisa dinikmati melalui digital streaming platform (DSP). 

Dalam kesempatan tersebut, Abram menjelaskan bahwa semua proses pembuatan lagu dilakukan secara virtual, kecuali untuk pembuatan video musik. Bahkan, lanjut Abram, tak ada kendala berarti dalam proses pembuatan theme song.

“Karena karya berhubungan dengan keberagaman Indonesia, jadi lebih mudah memasukkan unsur-unsur keberagaman itu sendiri, mulai dari budaya hingga bahasa,” jelas Abram.

Selain itu, kreator di kategori travel ada Canny Claudia (@cannyclau), Firly Adhyatma Rusli (@firlyafro), Melani Amelia (@namakuamel_racosta), dan Nanda Setya Pratama Juanda (@itingsmeledak) yang juga ikut berbagi cerita saat Jelajah #SerunyaIndonesia. Mereka mengaku sangat bangga bisa ikut ambil bagian dari kampanye TikTok ini. 

“Aku menjelajah bagian Timur, seperti Bali, Lombok, Papua, Merauke dan di sana ternyata orangnya ramah banget. Aku bisa rasain sendiri bagaimana ramahnya mereka yang selalu menyapa. Makanan di sana juga banyak yang unik dan masih jarang tereksplor. Aku harap dengan adanya acara ini, publikasi tentang daerah di Indonesia yang lain makin dikenal,” kata Nanda.

Oh ya, acara semakin meriah dengan kehadiran musisi legendaris di Tanah Air, yaitu Slank. Dalam kesempatan tersebut, Slank membuka penampilannya dengan membawakan lagu Mars #SerunyaIndonesia yang merupakan hasil kolaborasi Slank bersama TikTok untuk kampanye #SerunyaIndonesia ini. Total ada lima lagu yang dibawakannya, di antaranya adalah Terlalu Manis dan Ku Tak Bisa. 

Usai mengisi acara, Kaka mengaku bahwa Festival #SerunyaIndonesia merupakan gaya baru dalam merayakan kemerdekaan RI. Itu karena milenial bahkan generasi Z saling berkolaborasi. Senada dengan Kaka, Bimbim juga mengatakan bahwa kehadiran Slank di acara ini menjadi jembatan antara generasi lama dan generasi baru. 

“Lewat budaya kolaborasi TikTok ini, meski berbeda tapi tetap seru. Terlepas dari genre atau generasi mana pun, kita semua punya tempat yang sama di TikTok,” kata Bimbim. 

Buat kamu yang ingin menyaksikan keseruan kampanye #SerunyaIndonesia di TikTok, klik link berikut ini. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini