Cucu Ratu Elizabeth II Bekerja di Taman, Digaji Rp120 Ribu per Jam

Oleh Dinny Mutiah pada 20 Agu 2022, 07:01 WIB
Diperbarui 20 Agu 2022, 07:01 WIB
Cucu Ratu Elizabeth II Bekerja di Taman, Digaji dengan Upah Minimum
Perbesar
Lady Louis Windsor, cucu kesayangan Ratu Elizabeth II. (dok. Paul ELLIS / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Cucu Ratu Elizabeth II, Lady Louise Windsor, diketahui bekerja di taman pusat pada musim panas ini. Namun, nama besar keluarganya tidak membuat gajinya ikutan tinggi.

Ia disebut digaji tak lebih dari 6,83 pound sterling atau sekitar Rp120 ribu per jam. Angka itu sesuai dengan upah minimum yang berlaku di Inggris. Tugas Louis saat bekerja di taman itu meliputi membantu di kasir, menyapa pelanggan, hingga memangkas dan menanam tanaman di pot.

Seorang pembeli yang dilayani cucu Ratu Inggris sampai tak percaya. "Aku sampai harus melihat dua kali. Dia wanita muda yang sangat sederhana dan manis serta perhatian kepada pelanggan. Dia terlihat menyukai pekerjaannya," tuturnya, dikutip dari laman The Sun, Jumat, 19 Agustus 2022.

"Anda tak akan pernah membayangkan cucu sang ratu akan bekerja di balik mesin kasir," ia menambahkan.

Pembeli lain menyebut para staf taman terlihat mengaguminya. "Tidak setiap hari Anda bisa membeli bunga begonia dilayani seorang bangsawan," katanya.

Remaja 18 tahun itu bekerja paruh waktu. Putri sulung Pangeran Edward dan Sophie Wessex itu hanya bekerja di taman beberapa hari dalam seminggu.

Ia mengambil pekerjaan itu setelah menyelesaikan ujian A-level pada Juni 2022. Kemarin, hasil ujiannya sudah keluar dan Louis dipastikan akan berkuliah di Universitas St. Andrew, kampus yang sama dengan sepupunya, Pangeran William dan Kate Middleton.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Segera Jadi Mahasiswa

Pangeran Edward, Sophie dan Lady Louise Windsor
Perbesar
Pangeran Edward dari Inggris, Earl of Wessex (kiri), Sophie dari Inggris, Countess of Wessex, (kanan) dan Lady Louise Windsor dari Inggris (tengah). (STEVE PARSONS / POOL / AFP)

Pimpinan redaksi majalah Majesty, Ingrid Seward memuji keputusan Louis. "Bukankah luar biasa cucu Ratu menyingsingkan lengan bajunya dan mengotori tangannya dengan pekerjaan musim panas sebelum pergi ke universitas, sama seperti remaja normal lainnya?"

Louis diketahui sedang bersama keluarganya dan Ratu Elizabeth di Balmoral, Scottish Highlands, saat ia mendapatkan hasil ujiannya. Juru bicara kerajaan mengonfirmasi bahwa remaja itu akan mulai berkuliah di kampus St. Andrew di Fife pada bulan depan.

Ia mengambil jurusan Bahasa Inggris. Diperkirakan bahwa Louise mengambil A-level dalam bahasa Inggris, sejarah, politik dan drama.

Pembantu istana tidak mengungkapkan nilainya. Tetapi untuk belajar Bahasa Inggris di St Andrews, calon mahasiswa harus mendapatkan setidaknya dua A dan dua B.

Lady Louise disebut tidak akan kembali bekerja di taman karena harus bersiap untuk pindah tinggal ke utara perbatasan. Istana juga menolak berkomentar lebih lanjut.

Ia juga diketahui menolak kesempatan menjadi anggota senior kerajaan ketika berusia 18 tahun pada November 2021. Berdasarkan urutan suksesi, Lady Louis menempati urutan ke-16 dalam urutan takhta Kerajaan Inggris.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Tak Bergelar Yang Mulia

Cucu Ratu Elizabeth II Bekerja di Taman, Digaji dengan Upah Minimum
Perbesar
Lady Louis Windsor. (dok. Paul ELLIS / AFP)

Sang ibu, Sophie, sebelumnya mengatakan kepada The Sunday Times pada Juni 2021 bahwa putrinya 'bekerja keras dan akan mencapai A-level'. "Saya harap dia masuk universitas. Saya tidak akan memaksanya, tetapi jika dia mau. Dia cukup pintar."

Sophie sejak awal mendidik anak-anaknya agar membumi. Bahkan, Lady Louise tidak mengetahui bahwa neneknya adalah Ratu sampai dia hampir menginjak usia remaja.

Itu juga alasan Edward dan Sophie memilih untuk tidak memberikan Louise dan James gelar His Royal Highness atau Her Royal Highness (HRH) ketika mereka lahir. Mereka berharap keputusan itu dapat melindungi mereka dari tekanan kehidupan kerajaan yang dihadapi oleh banyak sepupu mereka yang lebih tua.

"Tentu saja ketika mereka masih sangat muda, kami mencoba menjauhkan mereka dari itu," kata Sophie kepada BBC pada 2016. "Hanya karena demi mereka tumbuh senormal mungkin yang kami rasa cukup penting."  


Dapat Warisan Kuda dari Pangeran Philips

Sophie dan Lady Louise Windsor
Perbesar
Sophie dari Inggris, Countess of Wessex (kanan) dan putrinya Lady Louise Windsor dari Inggris berjalan keluar dari Kastil Windsor di Windsor, barat London, pada 16 April 2021. (TOLGA AKMEN / AFP)

Sosok Lady Louis cukup mencuri perhatian saat momen berkabung Kerajaan Inggris akibat kepergian Pangeran Philip. Ia hadir dalam prosesi pemakanan mengenakan bros bergambar kepala kuda dan cambuk sebagai penghormatan terakhirnya bagi sang kakek.

Baik Philip maupun Louis diketahui sama-sama memiliki hobi berkuda. Kesamaan hobi itulah yang membuat hubungan keduanya dekat.  Dikutip dari Hello Magazine, sang kakek bahkan mewariskan dua hal yang sangat istimewa, yakni kereta kencana dan dua ekor kuda poni kesayangan.

Louis mewarisi bakat mendiang kakeknya dalam mengendarai kereta kuda. Ia juga sering menunjukkan kemampuannya, salah satunya pada 2019. Saat itu, ia mengikuti kompetisi mengemudi kereta kencana di ajang Royal Windsor Horse Show. Dalam kompetisi itu, Lady Louise memperoleh juara ketiga dan sempat membuat Pangeran Philip sangat bangga.

Dalam sebuah wawancara dengan Hello Magazine UK, Sophie sang ibu sempat mengatakan soal bakat yang dimiliki Lady Louise dalam mengendarai kereta kuda. "Dia (Lady Louise) secara alami sangat pandai dalam hal itu (mengemudi kereta kuda). Dia benar-benar pandai. Itu adalah sesuatu yang dia anggap sangat baik," kata Sophie, Countess of Wessex.

 

[Bintang] Pewaris Kerajaan Inggris
Perbesar
Infografis pewaris Kerajaan Inggris. (DI: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya