Sukses

Konsumsi Tiram Mentah Picu 2 Kematian, Simak Tips Aman Memakannya

Dua orang dilaporkan tewas setelah memakan tiram mentah yang ditangkap di perairan Louisiana, Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta - Dua orang dilaporkan tewas setelah memakan tiram mentah yang ditangkap di perairan Louisiana, Amerika Serikat (AS). Rodney Jackson dari Dallas, seorang veteran Angkatan Udara berusia 55 tahun membeli tiram dari pasar makanan laut di Florida selama perjalanannya baru-baru ini ke Sunshine State pada awal Agustus, Pensacola News Journal melaporkan.

Outlet berita lokal menulis, seperti dilansir dari New York Post, Jumat, 19 Agustus 2022, bahwa Jackson mengonsumsi beberapa tiram yang ia beli sendiri dan jatuh sakit dengan gejala ringan tidak lama setelah itu. Gejalanya dilaporkan memburuk ketika ia mengalami kesulitan bernapas.

Jackson kemudian dipindahkan ke Unit Perawatan Intensif Hati Suci Ascension di Pensacola. Ia didiagnosis dengan vibriosis. Itu merupakan infeksi bakteri yang biasanya berhubungan dengan kerang mentah atau setengah matang atau paparan air laut.

Vibrio adalah bakteri yang menyebabkan vibriosis dan setiap tahun menyebabkan sekitar 80 ribu penyakit dan 100 kematian di AS, menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC). Bakteri tersebut dilaporkan tumbuh subur di air hangat, baik air asin maupun air payau, dan dapat tetap berada di kerang lama setelah makhluk tersebut dikeluarkan dari lingkungan berair mereka.

CDC dalam catatannya di situs web "Keamanan Pangan: Tiram dan Vibriosis" menjelaskan, infeksi vibriosis biasanya terjadi setelah seseorang mengonsumsi kerang yang dilapisi vibrio atau mengekspos luka terbuka ke makanan laut atau air laut yang terkontaminasi. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Terlihat, Tidak Berbau, dan Tidak Terasa

CDC menulis, "Tiram yang mengandung Vibrio tidak terlihat, tidak berbau, bahkan tidak terasa berbeda dari tiram lain. Anda bisa membunuh Vibrio dalam tiram dan kerang lain dengan memasaknya dengan benar."

Jackson, yang adalah seorang direktur bisnis, dilaporkan meninggal pada Selasa, 9 Agustus 2022, dan para ahli mencatat tiram mentah adalah penyebab infeksi fatalnya, menurut Pensacola News Journal. The New York Post melaporkan bahwa kematian terkait tiram Jackson adalah yang kedua terjadi di Florida, tapi orang pertama yang meninggal karena penyebab yang sama belum diketahui publik.

Kedua kasus yang tercatat dilaporkan terkait dengan tiram yang bersumber dari Louisiana, klaim outlet berita. Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) meyakini bahwa "hanya (mengonsumsi) beberapa tiram tidak dapat menyakiti Anda" adalah mitos, yang dicatat dalam panduan online "Raw Oysters Myths."

"Roberta Hammond, Ph.D, Food and Waterborne Disease Coordinator untuk Florida, mengutip kasus di mana kematian yang disebabkan oleh Vibrio vulnificus terjadi setelah hanya makan tiga tiram," tulis FDA.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Jangan Dimakan Mentah

FDA juga menulis, "Keseriusan kasus apa pun tergantung pada banyak faktor, termasuk berapa banyak bakteri yang tertelan dan kondisi kesehatan yang mendasari orang tersebut." FDA dan CDC menegaskan bahwa hanya panas yang dapat sepenuhnya membunuh bakteri vibrio, itulah sebabnya kedua lembaga merekomendasikan orang memasak kerang dan menghindari penyajiannya secara mentah.

Alkohol, saus pedas, dan jus lemon tidak dapat menghilangkan bakteri berbahaya dari tiram dan makanan laut lain, menurut FDA dan CDC. Kiat keamanan pangan yang disarankan CDC termasuk menjauhkan makanan laut yang dimasak dari makanan laut mentah untuk menghindari kontaminasi silang.

Selanjutnya, Anda diminta mencuci tangan dengan sabun dan air setelah menyentuh makanan laut mentah. Juga, membuang kerang yang sudah terbuka sebelum dimasak atau menolak membuka sepenuhnya setelah dimasak. CDC merekomendasikan merebus kerang seperti tiram sampai cangkangnya terbuka dan terus memasaknya selama tiga hingga lima menit lagi, untuk memastikannya benar-benar matang.

4 dari 4 halaman

Metode Memasak Tiram yang Aman

Sebagai alternatif, mereka juga menjelaskan metode memasak yang telah terbukti aman. Pertama, mengukus tiram utuh selama empat hingga sembilan menit, merebus tiram yang sudah dikupas selama tiga menit terakhir, menggoreng tiram yang sudah dikupas dalam minyak setidaknya selama beberapa menit pada suhu 190 derajat celcius.

Kemudian, memanggang tiram yang sudah dikupas dari sumber panas selama tiga menit dan memanggang tiram yang sudah dikupas selama 10 menit pada suhu 232 derajat celcius. Dalam hal paparan air, CDC mengatakan orang harus menghindari air asin dan air payau jika mereka memiliki luka terbuka atau baru saja menjalani operasi, tindik, atau tato.

"Tutup semua luka jika mereka bisa menyentuh makanan laut mentah atau jus makanan laut mentah, atau jika Anda mungkin terkena air payau atau air asin,” tulis CDC dalam panduan keamanan tiramnya. "Cuci luka terbuka dan luka secara menyeluruh dengan sabun dan air jika terkena air asin, air payau, makanan laut mentah, atau jus atau tetesan makanan laut mentah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.