10 Pola Makan Ria Ricis yang Bisa Perlancar ASI dan Menjaga Berat Badan

Oleh Henry pada 19 Agu 2022, 05:02 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 05:02 WIB
Pola Makan Ria Ricis yang Bisa Perlancar ASI dan Turunkan Berat Badan
Perbesar
Pola Makan Ria Ricis yang Bisa Perlancar ASI dan Turunkan Berat Badan.  foto; Instagram @riaricis1975

Liputan6.com, Jakarta - Ria Ricis sedang menikmati momennya sebagai ibu baru. YouTuber kondang ini sibuk merawat putrinya, Cut Raifa Aramoana, yang lahir pada 26 Juli 2022 lalu. Di tengah kesibukan itu, Ricis masih kerap menyapa warganet lewat media sosial sambil berbagi momen kegiatannya sehari-hari.

Seperti para ibu yang menginginkan hal terbaik untuk anaknya, Ricis juga memberi air susu ibu (ASI) untuk sang anak. Tapi, di awal-awal waktu usai melahirkan, Ricis mengaku ASInya tidak langsung keluar dengan lancar.  Hal ini tidak membuatnya khawatir. Menurutnya, kunci ASI lancar adalah dengan menghindari stres.

"Suami takut akunya stres, tapi alhamdulillah aku bilang: Ayo semangat, aku bisa kamu bisa. Aku bilang begitu ke anak aku. Tapi alhamdulillah dari kemarin sudah lancar, nyusunya enggak mau lepas. Dan kalau lagi capai, stres, bayangin anak langsung happy lagi," ungkapnya dilansir kanal Youtube ‘Ricis Official’.

Ricis juga tetap menjaga pola makan hariannya ASInya selalu sehat dan lancar.  Pola makan yang diterapkan juga membuat tubuhnya sehat. Ibu menyusui yang punya kebiasaan makan tidak sehat bisa mengurangi kualitas dan kuantitas ASI. Dengan pola makan sehat yang disiplin, berat badannya diyakini akan cepat turun kembali.

Penasaran bagaimana pola makan istri Teuku Ryan ini? Berikut 10 pola makan Ria Ricis agar ASI lancar yang dilansir dari akun media sosial miliknya dan berbagai sumber lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Banyak Makan Buah

Ilustrasi jus buah
Perbesar
Ilustrasi jus buah. (Photo by Zlatko Đurić on Unsplash)

Ria Ricis sering mengonsumsi buah-buahan,baik dimakan langsung atau dijadikan jus. Dilansir dari medicalnewstoday.com, mengonsumsi buah selama menyusui direkomendasikan setidaknya dua gekas per hari. Jenis buah juga sebaiknya bervariasi agar nutrisi untuk ASI juga beragam buat mendukung tumbuh kembang bayi.

2. Mengonsumsi sayur-sayuran

Tentu selain buah-buahab, Ria Ricis juga rutin mengonsumsi sayuran. Ia mengaku tak pernah melewatkan makan sayur setiap hari. Sejumlah sayuran yang mengandung zat besi, kalsium, dan asam folat bagus dikonsumsi saat menyusui. Contohnya, sayur bayam, kale, brokoli dan lain sebagainya.

3. Susu kurma

Sejak melahirkan, Ria Ricis rutin minum susu kurma. Dilansir dari magnolia.com.sg, susu kurma punya zat besi dan kalsium yang bisa membantu produksi hormon prolaktin yang membantu ASI jadi lebih banyak. Susu kurma juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, nemperkuat tulang dan baik untuk kesehatan kulit.

"Ini adalah susu kurma, katanya bagus untuk melancarkan ASI. Tapi nggak untuk ibu ASI juga nggak apa-apa, siapa aja bisa minum," terang Ricis di kanal YouTube ‘Rumah Ricis’.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


4. Minum air putih

Pola Makan Ria Ricis yang Bisa Perlancar ASI dan Turunkan Berat Badan
Perbesar
Pola Makan Ria Ricis yang Bisa Perlancar ASI dan Turunkan Berat Badan.  foto: Youtube 'Rumah Ricis'

Ria Ricis juga mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Air putih tidak secara langsung berdampak pada volume ASI. Tapi, ibu menyusui dianjurkan minum air putih yang cukup biar tidak dehidrasi dan tetap berenergi selama menyusui.

5. Mengurangi konsumsi makanan tinggi gula

Selama menyusui, Ricis juga dianjurkan mengurangi konsumsi gula. Asupan gula berlebih pada ibu menyusui bisa meningkatkan berat badan, menyebabkan obesitas, diabetes, serta mengganggu tumbuh kembang buah hati. "Ini gula, aku nggak boleh gula. Boleh sih, tapi nggak boleh banyak-banyak," kata adik Oki Setiana Dewi ini.

6. Makan makanan utuh

Ricis juga menghindari aneka camilan atau makanan olahan yang nutrisinya rendah. Sebisa mungkin, asupan makanannya setiap hari berasal dari makanan utuh. Makanan utuh yang dikonsumsi oleh ibu menyusui bagus untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi, bikin kenyang lebih lama, dan membuat ASI tetap lancar.

7. Sering makan

Ria Ricis mengaku selama menyusui ini nafsu makannya jauh lebih tinggi dibanding saat ia hamil. Ia jadi sering makan lantaran perutnya terus lapar.

Namun, ia tetap mengimbanginya dengan konsumsi makanan sehat untuk kesehatan tubuhnya dan menjaga berat badan. "Kalian tahu nggak laparnya tuh 10 kali lipat dibanding waktu hamil gede," ungkap wanita berusia 27 tahun ini.


8. Mengonsumsi Susu Oat

400 Bayi Penyu Lekang Dilepasliarkan di Pantai Bali
Perbesar
Seekor bayi penyu dilepaskan ke laut di Pantai Kuta, Bali, Indonesia, 17 Agustus 2022. Sekitar 400 penyu Lekang yang baru menetas dilepaskan saat kampanye untuk menyelamatkan penyu yang terancam punah. (AP Photo/Firdia Lisnawati)

Selain susu kurma, Ria Ricis juga kerap minum susu oat. Susu oat terbukti mampu membuat produksi ASI meningkat. Serat yang terkandung dalam susu oat merupakan beta-glucan, jenis serat larut yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol.

Namun, sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan karena bisa menimbulkan gas di perut bayi. Serat yang terkandung dalam susu oat merupakan beta-glucan, jenis serat larut yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

9. Mengurangi makanan pedas

Selama menyusui, Ricis mengurangi makanan pedas. Makanan pedas maupun yang punya rasa cenderung tajam jika dikonsumsi saat menyusui bisa berisiko membuat pencernaan bayi terganggu."Sebisa mungkin juga menghindari makanan yang pedes-pedes dulu, aman," jelas Ricis dilansir dari kanal YouTube ‘Dokter Shindy’.

10. Makanan tinggi protein

Ricis melengkapi asupan nutrisinya sehari-hari, salah satunya dengan makan makanan tinggi protein. Makanan tinggi protein direkomendasikan untuk ibu menyusui biar ASI lancar.

Namun, sebaiknya pilih sumber protein yang rendah lemak jenuh, bebas merkuri, dan matang sempurna. Contohnya, telur, daging ayam, kacang almond, gandum, aprikot, yoghurt dan daging sapi.

Infografis Mengetahui 6 Jenis Diet yang Populer
Perbesar
Infografis Mengetahui 6 Jenis Diet yang Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya