Baju Adat Jokowi dan Para Menteri di Upacara HUT ke-77 RI

Oleh Putu Elmira pada 17 Agu 2022, 11:11 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 11:17 WIB
Presiden Jokowi memakai baju adat dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat Upacara HUT ke-77 RI
Perbesar
Presiden Jokowi memakai baju adat dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu 17 Agustus 2022. (Merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenakan baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Rabu (17/8/2022) di Istana Merdeka Jakarta. Baju adat Dolomani didominasi warna merah dan putih.

"Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, dikutip dari News Liputan6.com.

Bagian dalam baju adat Dolomani bernuansa putih dan luarnya warna merah. Jokowi juga mengenakan peci warna merah dan dilengkapi kain di bagian bawah.

Regional Liputan6.com mewartakan, baju adat Dolomani aslinya adalah pakaian kebesaran Sultan di Buton, salah satu kesultanan terbesar di Nusantara yang masih bertahan hingga kini. Warna aslinya hitam dan corak putih, tetapi karena momentum HUT ke-77 RI, pakaian ini dipesan khusus warna merah putih.

Dahulu, baju adat Dolomani kerap jadi baju favorit Sultan Buton ke-35, Muhammad Ali. Baju adat ini dikenakan ketika momen penting di Kesultanan Buton, seperti acara adat melibatkan semua pejabat Kesultanan dan masyarakat.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Baubau Wa Ode Nursanti Monianse mengungkapkan, ada beberapa kandungan makna di balik baju merah bermotif bunga yang dikenakan Presiden Jokowi. Dari corak yang ada, tampak untaian bunga memanjang dari bawah ke atas dan dari bawah, coraknya berukuran kecil dan makin ke atas makin berbentuk lebar.

"Melambangkan perjalanan seorang pemimpin yang memulai dari bawah kemudian naik ke atas lalu dia akan turun lagi menjadi rakyat biasa," kata Nursanti.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Makna di Balik Baju Adat Dolomani

Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani dari Buton. (Foto: Agus Suparto Fotografer Pribadi Presiden)
Perbesar
Presiden Jokowi memakai baju adat dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara saat Upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Rabu 17 Agustus 2022. (Foto: Agus Suparto Fotografer Pribadi Presiden)

Pada bagian bawah baju ada tumbuhan menjalar dengan motif batang kecil dan buah, yang adalah sejenis tumbuhan yang banyak dikenal warga Buton, dengan rasa buah yang manis namun bisa menyebabkan gatal di mulut saat mengonsumsinya. Berwarna asli cokelat, dalam bahasa lokal, buah ini diberi nama buah uwa.

"Menggambarkan sikap seorang Sultan yang harus selalu waspada, tidak mudah terpedaya dengan bahaya yang muncul dalam wilayah kekuasaannya"tambahnya.

Baju adat Jokowi yang dipakai di istana saat perayaan HUT ke-77 RI dijahit oleh salah seorang perajin lokal di Kota Baubau. Nama penjahit tersebut adalah Husain, seorang pengusaha UMKM lokal asal Binongko.

Dalam salah satu unggahan akun media sosial, ternyata Husain hanya memiliki waktu dua hari menjahit baju yang akan dikenakan Jokowi. Ia mulai menjahit baju tersebut sekitar 10--12 Agustus. Dihubungi Liputan6.com, Husain (50) merasa sangat bangga bisa menjahit baju untuk presiden.

"Saya terharu kalau dipakai, sebab itu merupakan karya terbaik saya sejak jadi penjahit kalau dipakai," katanya.


Ma'ruf Amin hingga Erick Thohir

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Istrinya, Wury Ma’ruf Amin tiba bersama di Kompleks Istana Merdeka Jakarta untuk mengikuti prosesi upacara bendera memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.
Perbesar
Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Istrinya, Wury Ma’ruf Amin tiba bersama di Kompleks Istana Merdeka Jakarta untuk mengikuti prosesi upacara bendera memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Dikutip News Liputan6.com, Rabu (17/8/2022), Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat tiba di Upacara HUT ke-77 RI mengenakan baju adat Banten yang dilengkapi Iket Lomar bermotif Tapak Kebo, baju dalam putih berkerah tinggi, jas hitam motif daun hanjuang emas, Kain Samping, celana dan sepatu hitam. Sedangkan sang istri, Wury mengenakan kebaya putih dipadu kerudung hitam putih, selendang dan bawahan hitam bermotif batik emas.

Selain itu ada sederet pejabat negeri yang juga hadir dalam Upacara HUT ke-77 RI. Salah satunya adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia Erick Thohir yang datang bersama sang istri Elizabeth Tjandra mengenakan baju adat Rote, Nusa Tenggara Barat.

Erick Thohir dan Istri Elizabeth Tjandra
Perbesar
Erick Thohir dan istri, Elizabeth Tjandra yang mengenakan baju adat Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) di Upacara HUT ke-77 RI. (Tangkapan Layar YouTube/Sekretariat Presiden)

"Kita memakai pakaian daerah dari NTT dari Pulau Rote, yang artinya kewibawaan dan juga kepercayaan sesuai dengan tema G20. Dirgahayu kemerdekaan Indonesia ke-77," kata Erick dalam unggahan Instagram Stories pada Rabu (17/8/2022).

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, baju adat Rote untuk laki-laki terdiri dari Ti'i langga sebagai topi, selimut yang diselempangkan di bahu kanan, selimut (hafa) yang dililitkan di pinggang. dan habas yang dikalungkan di leher. Sedangkan baju adat Rote perempuan terdiri atas Bula Molik (bulan sabit) dipakai di kepala, selempang, sarung, pendi (ikat pinggang perempuan) terbuat dari perak/emas.


Para Menteri

Nadiem Makarim dan Franka Makarim
Perbesar
Nadiem Makarim dan Franka Makarim di Upacara HUT ke-77 RI. (Tangkapan Layar YouTube/Sekretariat Presiden)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengenakan baju adat Palembang saat hadir di Upacara HUT ke-77 RI. Ia berbalut tanja, beskap, dan kain songket, sedangkan sang istri Franka Franklin di sebelahnya mendampingi berbalut kebaya dan kain bernuansa merah dan selendang putih.

Terlihat pula Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengenakan baju adat Jawa Tengah. Ia mengenakan beskap dipadu kain batik dan blangkon.

Upacara HUT ke-77 RI
Perbesar
Upacara HUT ke-77 RI. (Tangkapan Layar YouTube/Sekretariat Presiden)

Sedangkan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengenakan udeng khas Bali warna hitam. Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly hadir dengan baju adat Bali dengan udeng emas, kain, dan selendang untuk menahan kain.

Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya