10 Daftar Hidangan Telur Terbaik di Dunia, Ada dari Indonesia?

Oleh Asnida Riani pada 18 Agu 2022, 05:03 WIB
Diperbarui 18 Agu 2022, 05:03 WIB
Resep
Perbesar
Ilustrasi tamagoyaki. (dok. Instagram @indh_why/https://www.instagram.com/p/B22oQZRgdq-/)

Liputan6.com, Jakarta - Telur jadi salah satu bahan andalan yang bisa diolah ke berbagai makanan. Saking beragam, TasteAtlas, sebuah "ensiklopedia rasa," merilis daftar hidangan telur dengan rating terbaik di dunia.

Mengutip situs webnya, Selasa, 16 Agustus 2022, Asia punya beberapa wakil dalam kategori ini. Sayang, tidak ada hidangan telur khas Indonesia yang masuk dalam list. Berikut daftarnya dari peringkat 10 sampai satu.

10. Tortilla de Patata

Diperkenalkan pada 1817, cerita rakyat mengatakan bahwa tortilla de patata diciptakan jenderal Tomás de Zumalacárregui untuk memberi makan pasukannya yang lapar, karena persediaan makanan langka saat itu. Bahan utama yang digunakan dalam hidangan ini adalah kentang dan telur yang diiris tipis.

Jadi pada dasarnya, ini adalah telur dadar kentang sangat tebal yang menyerupai frittata ketika matang. Ada beberapa variasi regional yang mencakup sosis chorizo, zucchini, paprika hijau, atau jamur. Terlepas dari variasinya, makanan ini disajikan dengan cara diiris atau dipotong jadi kubus kecil dan irisan, saat itu disebut pincho de tortilla.

9. Tamagoyaki

Ini merupakan hidangan telur dadar Jepang yang dibuat menggunakan metode memasak yang unik: telurnya dilipat hingga matang sepenuhnya. Tamagoyaki sering ditemukan dalam kotak bento, dan secara tradisional disajikan baik untuk sarapan atau sebagai topping sushi.

Nama hidangan dapat secara harfiah diterjemahkan ke telur yang dimasak di atas api. Tamagoyaki sederhana pertama kali jadi populer pada 1950-an, ketika pemerintah Jepang mulai mendorong orangtua memberi lebih banyak protein pada anak-anak mereka, dan para petani mulai memelihara lebih banyak ayam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


8. Eggs Benedict

egg benedict
Perbesar
ilustrasi egg benedict/copyright Unsplash/@bady

Eggs Benedict adalah menu sarapan atau makan siang yang terdiri dari muffin Inggris panggang yang di atasnya ditaruh sepotong ham atau bacon, telur rebus, dan saus Hollandaise. Meski ada banyak teori tentang asal usul hidangan tersebut, kebanyakan orang setuju bahwa pujian harus diberikan pada Delmonico's Restaurant.

Diyakini bahwa koki Delmonico bernama Charles Ranhofer menemukan hidangan tersebut pada era 1860-an untuk seorang pelanggan bernama Mrs. LeGrand Benedict, yang ingin makan sesuatu yang baru. Ranhofer bahkan menerbitkan resepnya dalam buku masaknya, The Epicurean, yang diterbitkan pada 1894.

7. Tortang Talong

Ini merupakan hidangan sederhana asal Filipina yang dibuat dengan kombinasi terong panggang dan telur kocok ringan. Terong utuh dicelupkan ke dalam campuran telur. kemudian digoreng sebentar sampai seluruh hidangan mulai menyerupai telur dadar yang renyah.

Kelezatan serbaguna ini mudah disesuaikan dengan bahan tambahan, seperti daging giling dan sayuran. Juga, secara tradisional disajikan dengan nasi dan saus tomat atau pisang. Murah dan cepat disiapkan, tortang talong dapat dinikmati kapan saja sepanjang hari sebagai menu sarapan, makan siang, atau makan malam yang lezat.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


6. Huevos Rotos

Ilustrasi telur
Perbesar
Ilustrasi telur. (Photo by Klaus Nielsen: https://www.pexels.com/photo/broken-uncooked-egg-on-white-table-6294302/)

Huevos rotos yang sederhana dan murah adalah hidangan Spanyol yang merupakan makanan khas Madrid. Ini terdiri dari telur yang digoreng dengan minyak zaitun, lalu ditempatkan di atas kentang goreng. Hidangan ini biasanya diberi topping potongan chorizo, makanan laut, atau irisan ham Iberia.

Telur harus dipotong, sehingga kuningnya menetes di atas kentang goreng. Meski hidangan ini mudah ditemukan di seluruh Madrid, asal-usulnya cukup kabur, dan saat ini huevos rotos juga sangat populer di Kepulauan Canary.

5. Menemen

Menemen adalah olahan tradisional Turki yang terdiri dari tomat, telur, paprika, dan berbagai bumbu. Ada banyak versi menemen, jadi bisa juga berisi bawang putih, keju, bayam, potongan sosis, atau bawang bombai, bila menemen disajikan sebagai hidangan utama.

Biasanya dijual di tempat sarapan atau makan siang di Turki, dan sebagian besar restoran menyajikannya dalam panci logam, dengan keranjang besar berisi roti sebagai pengiring. Kebanyakan orang tidak menggunakan garpu, karena mereka memilih roti sebagai "alat makan," menyendoki olesan beraroma ini dalam prosesnya.


4. Shakshouka

Coba Olahan Telur Khas Timur Tengah, Shakshouka yang Lezat
Perbesar
Saatnya Anda mencoba olahan telur yang berbeda dari biasanya, yaitu Shakshouka yang lezat. (Foto: Kokiku Tv)

Shakshouka adalah kombinasi lezat telur rebus dalam saus tomat pedas. Meski memiliki nama yang tidak biasa, hidangan ini sederhana dan mudah dibuat. Biasanya dibuat dalam wajan di mana bawang, tomat, dan rempah-rempah dimasak sampai membentuk saus tomat yang lezat.

Telur kemudian ditambahkan langsung ke saus tomat dan direbus sampai matang. Sosis Merguez juga bisa ditambahkan ke piring. Diyakini bahwa shakshouka berasal dari Tunisia, tapi hidangan ini terkenal dan biasa dimakan di seluruh Afrika Utara dan Timur Tengah.

3. Frittata Al Tartufo

Frittata al tartufo adalah hidangan tradisional Umbria dan Istrian yang dibuat dengan kombinasi telur, truffle hitam, minyak zaitun, garam, dan lada hitam. Hidangan sederhana ini dibuat dengan menuangkan telur kocok ke dalam wajan berisi minyak zaitun panas, lalu menambahkan irisan tipis truffle, garam, dan merica ke dalam wajan.

Setelah telur mengental, yang tersisa hanyalah menaburkan piring dengan peterseli cincang halus atau anggur putih kering sebelum disajikan. Jika diinginkan, hidangan ini juga bisa dibumbui dengan keju parut di atasnya. Di Istria, hidangan ini disebut fritaja s tartufima,  biasanya disiapkan untuk sarapan dan dapat dengan mudah ditemukan di restoran lokal.


2. Fourtalia

Ilustrasi Kuning Telur
Perbesar
Ilustrasi kuning telur. (dok. Unsplash.com/Karina Zhukovskaya/@cocarinne)

Fourtalia adalah telur dadar tradisional Yunani yang berasal dari Pulau Andros. Meski bahannya mungkin berbeda dari satu daerah ke daerah lain, resep dasarnya selalu berisi telur, kentang, dan sosis. Kentang yang dipotong, digoreng dengan minyak zaitun dan lemak babi, dengan tambahan potongan sosis tepat setelah kentang mulai berubah warna jadi keemasan.

Pada tahap ini, Anda dapat menambahkan paprika, bawang, dan bacon, jika diinginkan. Langkah terakhir adalah penambahan telur kocok, dan telur dada, kemudian digoreng hingga mengembang, berdasarkan preferensi pribadi. Fourtalia harus selalu disajikan panas, langsung dari wajan.

1. Chawanmushi

Ini adalah sup puding lembut, yang namanya berarti dikukus dalam cangkir teh. Setiap porsi hidangan idealnya disajikan dalam cangkir kecil dengan tutup, baik sebagai hidangan pembuka atau bagian dari makanan yang lebih besar. Puding biasanya terdiri dari campuran telur yang dibumbui dengan berbagai bahan seperti dashi (kaldu Jepang), kecap, jamur, tahu, kacang ginko, atau udang kukus.

Dipercaya bahwa hidangan ini berasal dari Kyoto dan Osaka selama periode Kansei, kemudian menyebar ke Edo dan Nagasaki. Chawanmushi dapat disajikan panas, hangat, atau dingin, dan dapat dihias dengan serutan wortel, peterseli Jepang, bahkan lebih banyak makanan laut.

Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia
Perbesar
Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya