Festival Kuliner Lokal 17.8, Dukung Bisnis Makanan Dalam Negeri di Momen HUT ke-77 RI

Oleh Asnida Riani pada 14 Agu 2022, 19:02 WIB
Diperbarui 14 Agu 2022, 19:02 WIB
Yuk Cicipi 6 Sarapan Pagi Khas Palembang yang Bikin Ketagihan
Perbesar
Ilustrasi pempek yang jadi salah satu kuliner pilihan di Festival Kuliner Lokal 17.8 Shopee. (Liputan6.com/Nefri Inge)

Liputan6.com, Jakarta - Menggemakan dukungan untuk pengusaha makanan dalam negeri, ShopeeFood menyelenggarakan Festival Kuliner Lokal 17.8, merujuk spirit HUT ke-77 RI, "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat." Kampanye ini masih akan berlangsung hingga Rabu, 17 Agustus 2022.

Seperti inisiasi-inisiasi sebelumnya, mereka telah menyiapkan berbagai promosi untuk dinikmati. Brand Marketing Manager ShopeeFood, Andreas Christiadi, mengatakan dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini, "Kami ingin terus mendukung kemajuan pengusaha kuliner lokal."

"Di momen kemerdekaan tahun ini," imbuhnya. "Kami ingin berperan aktif menggerakkan masyarakat Indonesia untuk bersama-sama membantu mendorong peningkatan transaksi usaha kuliner lokal."

Ia melanjutkan, "Hadirnya beragam promo spesial di Festival Kuliner Lokal 17.8 diharapkan juga dapat membantu memfasilitasi kebutuhan para pengguna untuk menikmati pengalaman jelajah kuliner yang menyenangkan, sembari melestarikan cita rasa khas kuliner Nusantara dalam momen merayakan Hari Kemerdekaan (RI)."

Promosi yang ditawarkan antara lain Promo Jumbo sampai 100RB, Gratis Ongkir Sepuasnya, dan Diskon Terus sampai 60 persen. Lebih dari itu, para pengguna juga dapat menemukan berbagai menu pilihan lokal dengan harga terjangkau di bagian kategori "Pilihan Lokal di bawah 17RB" di ShopeeFood.

Pihaknya pun memberi beberapa rekomendasi kuliner lokal yang bisa dicoba. Pilihan menunya disebut siap membawa Anda berwisata kuliner keliling Indonesia dari nyamannya rumah.

Rekomendasi pertamanya adalah olahan ikan asal Palembang: pempek. Pempek, yang awalnya dikenal dengan nama kelesan, memang sudah jadi salah satu kuliner lokal favorit masyarakat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Bika Ambon

Kuliner Medan
Perbesar
Bika ambon, kuliner khas Medan, Sumatra Utara. (dok. Instagram @lishomade/https://www.instagram.com/p/CRI0pUXtXxI/)

Rasa gurih pempek yang dipadukan dengan asam, pedas, dan manisnya cuko, serta segarnya potongan mentimun membuatnya sulit ditolak. Temukan berbagai jenis pempek nikmat di berbagai restoran di ShopeeFood, seperti Pempek Ny. Kamto yang sudah berdiri sejak 1984 dan Pempek Palembang 08 Asli yang sudah memiliki banyak cabang.

Selanjutnya ada bika ambon yang tidak kalah menggugah selera. Meski ada kata Ambon dalam nama makanan ini, Bika Ambon nyatanya berasal dari kota Medan, Sumatra Utara. Dinamakan demikian karena kue ini pertama kali dijual di simpang Jl. Ambon Sei Kera Medan.

Bika Ambon dinilai sangat cocok dijadikan teman minum teh bersama keluarga tercinta sambil menonton film Indonesia favorit. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Medan, Anda dapat memesan Bika Ambon dengan mudah melalui ShopeeFood di beberapa tenant, seperti Bika Ambon Rica Rico, Bika Ambon BeFond, maupun toko kue lain.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Asinan Betawi hingga Lumpia Semarang

Menu Asinan Khas Betawi di 8th Evenue Bistro
Perbesar
Menu Asinan Khas Betawi di 8th Evenue Bistro (dok.Liputan6.com/Devita Nur Azizah)

Bergeser ke Jakarta, jangan sampai Anda melewatkan asinan betawi. Hidangan yang terdiri dari berbagai sayuran segar, tahu, kerupuk, dan kuah bumbu kacang ini jadi salah satu ikon kuliner ibu kota yang masih eksis sampai sekarang.

Asinan betawi bisa jadi kudapan yang dapat dinikmati di waktu senggang bersama keluarga maupun teman-teman. Anda bisa menemukan asinan betawi yang rasanya nikmat dengan harga terjangkau di Asinan Po Nurdan Asinan Sayur & Rujak Juhi (Si Buhun).

Wakil lain dari Pulau Jawa adalah lumpia khas Semarang, Jawa Tengah. Siapa sangka jajanan ini lahir dari kisah cinta seorang perantau Tionghoa dengan seorang perempuan Jawa yang menjual makanan serupa?

Tjoa Thay Yoe, yang saat itu menjual makanan khas Tionghoa mirip martabak, bertemu Wasi yang juga menjual makanan sejenis. Alih-alih bersaing, mereka justru saling bertukar resep sampai akhirnya menikah dan menciptakan lumpia semarang yang dikenal sampai sekarang.

Jajanan khas yang terkenal dengan aroma alami rebung ini bisa Anda temukan di Mr Lumpia dan Lumpia Oppa Bebek yang ada di ShopeeFood.


Jamu sampai Makanan Manado

20151231-Lumpia Semarang
Perbesar
Lumpia Semarang adalah monumen cinta dua manusia beda bangsa dan agama. (Liputan6.com/Edhie Prayitno Ige)

Sementara itu, pilihan minumannya ada jamu. Kata Jamu berasal dari bahasa Jawa kuno, yaitu jampi atau usodo yang berarti penyembuhan menggunakan ramuan obat-obatan atau doa-doa. Minuman tradisional ini sejak dulu telah memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh masyarakat Indonesia.

Seiring perkembangan zaman, industri jamu juga turut berkembang. Jika dulu para penjual jamu harus menggendong jamu sambil berkeliling, kini jamu juga dijual secara online. Misalnya, Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis jamu di Jamu Jowo Mbok Wahjuni dan Jamu Gendhong Wong Solo di ShopeeFood.

Beralih ke Bali, Anda bisa mencicip sate lilit. Sesuai namanya, kuliner ini merupakan campuran daging dengan parutan kelapa, santan, dan beragam rempah yang kemudian dililitkan pada tusukan bambu pipih atau batang serai, lalu dibakar di atas arang. Sate lilit bisa dibeli secara online di Dibaliin dan Halo Bali.

Sedangkan untuk pecinta pedas, Anda tidak ingin melewatkan ayam woku. Makanan khas Manado ini memiliki cita rasa pedas nan kaya akan rempah. Jika tertarik, Anda bisa coba memesannya di Manadong dan Lagijo Manado Ricebox.

Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia
Perbesar
Infografis Oleh-oleh Makanan khas Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya