Sukses

Jakarnaval 2022 Digelar 14 Agustus 2022, Ada Parade Kendaraan Hias hingga Drama Musikal

Jakarnaval 2022 diselenggarakan di Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta, Ancol pada Minggu, 14 Agustus 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Puncak acara Jakarnaval 2022 bakal diselenggarakan di Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta, Ancol pada Minggu, 14 Agustus 2022. Rangkaian kegiatan perhelatan ini telah digelar sejak Jumat, 5 Agustus 2022 di Pasar Seni Ancol dengan kegiatan Talk Show "Road to Jakarnaval" yang mengusung tema Pariwisata Urban.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, karnaval ini merupakan gelaran Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf). Kepala Disparekraf DKI Jakarta Andhika Permata mengungkapkan bahwa kegiatan ini ditujukan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah DKI Jakarta kepada pegiat ekonomi kreatif dan komunitas di ibu kota yang telah bertahan melewati masa sulit pandemi Covid-19.

"Kegiatan ini dihadirkan sebagai upaya membangkitkan kembali industri pariwisata di Jakarta, dan diharapkan dapat menggerakkan perekonomian lokal berbasis pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif. Semoga acaranya lancar dan sukses," kata Andhika.

Rangkaian gelaran karnaval bakal dimeriahkan dengan acara-acara menarik. Sederet agenda seru yang bisa dinikmati adalah parade kendaraan hias, drama musikal, marching band, dan penampilan menarik dari komunitas pegiat seni budaya di Jakarta.

Usai menyaksikan parade di Jakarnaval 2022, pengunjung juga akan dihibur dengan penampilan-penampila ternama, seperti Armada Band, Lyodra, serta Juicy Luicy. Andhika mengimbau masyarakat yang hadir untuk mengikuti peraturan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kunjungan

"Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi acara, diharapkan untuk tetap tertib dan menaati peraturan yang ada. Pastikan juga untuk memakai masker dan sudah booster vaksin ketiga," tambahnya.

Acara puncak Jakarnaval 2022 tidak dipungut biaya alias gratis. Namun bagi pengunjung yang ingin hadir menyaksikan, untuk tetap membeli tiket masuk ke area Ancol Taman Impian sesuai dengan tarif reguler yang ditetapkan oleh pengelola kawasan.

Informasi terkait pembelian tiket masuk Ancol dapat dilihat melalui media sosial instagram @ancoltamanimpian atau melalui laman https://www.ancol.com. Sementara, gelaran ini pertama dilaksanakan pada 1999.

Jakarnaval menjadi parade karnaval tahunan terbesar di Jakarta yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai ajang selebrasi kreativitas dari berbagai unsur komunitas dan latar belakang yang selama ini menjadi bagian dari denyut nadi Jakarta. Kegiatan ini juga semakin mengokohkan Jakarta sebagai kota yang memiliki banyak komunitas yang berani bertekad untuk masa depan dengan semangat optimisme, kebersamaan, dan kreativitas.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 
3 dari 4 halaman

Tema Kekayaan Intelektual untuk Nusantara

Dikutip dari News Liputan6.com, Andhika Permata mengatakan Jakarnaval 2022 mengusung tema 'Kekayaan Intelektual untuk Nusantara. Dikatakan Andhika, tema tersebut diambil dengan tujuan untuk memperkenalkan Intellectual Property (IP) atau Kekayaan Intelektual anak-anak Jakarta yang diwujudkan dalam karya seni.

"Dan ini merupakan bagian dari kekayaan intelektual kreatif anak-anak Jakarta, dipersembahkan untuk nusantara dan untuk dunia," kata Andhika di Sirkuit E-Prix Ancol, Jakarta Utara, Kamis, 11 Agustus 2022.

Menurut Andhika, hal itu juga yang menjadi pembeda Jakarnaval 2022 dengan perayaan Jakarnaval pada tahun sebelumnya. Nantinya, akan dimunculkan tokoh legenda nusantara seperti Buto Ijo hingga Bawang Merah Bawang Putih.

"Yang menjadi pembeda parade atau karnaval ini dengan karnaval sebelumnya adalah kita mengangkat kreatifitas dari anak-anak Jakarta, ya dengan memunculkan legend-legendnya Nusantara," jelas Andhika.

"Ada Buto Ijo, ada Rama Shinta, ada bawang putih, bawang merah, tapi dengan tampilan yang sangat kekinian," lanjut dia. Andhika berharap melalui tema Jakarnaval yang diusung tahun ini, dapat mengaungkan IP buatan asli anak-anak muda kreatif di DKI Jakarta.

4 dari 4 halaman

Ada Momen Spesial untuk Anies

Direktur Proyek Jakarnaval 2022, Basid Faisal Nurdin menyatakan bakal ada momen spesial untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di parade Jakarnaval tahun ini. Jakarnaval 2022 akan dihelat di Sirkuit E-Prix, Ancol, Jakarta Utara.

"Iya betul, dan akan ada momen special untuk Bapak Gub," ujar Faisal kepada Liputan6.com, Jumat (12/8/2022) pagi.

Namun, Faisal tak menyebut secara lugas momen special seperti apa yang telah dipersiapkan untuk Anies di Jakarnaval 2022 itu. Ia mengajak masyarakat untuk langsung menyaksikannya di parade Jakarnaval yang dilangsungkan pada akhir pekan tersebut.

"Datang dan Saksikan Parade Jakarnaval 14 Agustus 2022. Iya sudah di persiapkan (momen spesial)," kata dia.

Faisal mengatakan bahwa Anies dijadwalkan untuk membuka Jakarnaval 2022 sekaligus melepas parade kirab budaya itu. Namun, kata Faisal sejauh ini pihak penyelenggara Jakarnaval 2022 masih menunggu konfirmasi kehadiran Anies.

"Kami masih menunggu informasi dari pihak Dinas," kata Faisal.

Sementara itu, Faisal mengatakan persiapan Jakarnaval 2022 sudah rampung 90 persen. Dan untuk Gladi Resik akan digelar esok hari, Sabtu 13 Agustus 2022 pukul 07.00 WIB sampai 14.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.