Buntut Dugaan Pelecehan Seksual di Sekolah, Putra Pangeran Denmark Pindah Tempat Belajar

Oleh Putu Elmira pada 12 Agu 2022, 09:31 WIB
Diperbarui 12 Agu 2022, 09:31 WIB
Pangeran Denmark Frederik, Pangeran Christian dan Putri Mary
Perbesar
Putra Mahkota Frederik, Pangeran Christian dan Putri Mahkota Mary berpose setelah upacara pengukuhan pribadi Pangeran Christian di Gereja Kastil Fredensborg pada 15 Mei 2021. (KELD NAVNTOFT / RITZAU SCANPIX / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Putra Pangeran Denmark, Pangeran Christian dari Denmark akan bersekolah di tempat baru mulai musim gugur ini. Hal tersebut menyusul pemindahannya dari sekolah asrama bergengsi tempat Christian menuntut ilmu tersandung tuduhan pelecehan seksual dan intimidasi. Pangeran Christian dinyatakan tidak terkait dengan tuduhan itu.

Dikutip dari People, Kamis, 11 Agustus 2022, Pangeran Frederik dan Putri Mary mengumumkan pada Rabu, 10 Agustus 2022, bahwa putra mereka yang berusia 16 tahun akan mulai sekolah di Ordrup Gymnasium pada tahun ajaran baru. Putra mereka setahun sebelumnya menuntut ilmu di Sekolah Herlufsholm. 

Pasangan ini mengatakan bahwa mereka "sangat terguncang" oleh temuan yang dirilis oleh National Agency for Education and Quality. Orangtua dari empat anak tersebut menyampaikan bahwa informasi tersebut "mengarahkan kritik yang sangat keras dari otoritas negara terhadap Herlufsholm dan menempatkan tuntutan pada sekolah di beberapa tingkatan, tidak terkecuali pada tingkat kepemimpinan" yang tidak dapat diterima.

Pangeran Frederik dan Putri Mary mengatakan keputusan untuk pindah sekolah "sulit" bagi keluarga mereka. Hal ini merujuk kepada faktor "posisi khusus mereka sebagai Pasangan Putra Mahkota". Calon raja dan ratu ini menambahkan bahwa mereka akan berkonsultasi dengan anak-anak mereka mengenai langkah terbaik selanjutnya untuk pendidikan mereka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sekolah Putri Frederik

Pangeran Denmark Frederik Bersama Putri Mary
Perbesar
Pangeran Denmark Frederik Bersama Putri Mary (Sisse STROYER / Scanpix Denmark / AFP)

Pangeran Frederik dan Putri Mary mengatakan bahwa, "Selama musim panas, kami, bersama dengan anak-anak kami, akan membuat keputusan tentang pilihan sekolah mereka di masa depan."

"Dengan pemikiran tentang banyak siswa yang akan melanjutkan di Herlufsholm, harapan kami bahwa sekolah sekarang mendapatkan lebih banyak kedamaian untuk memastikan perubahan yang diperlukan dan berhasil menciptakan budaya di mana semua berkembang dan merasa aman," tambah pasangan ini.

Putri Isabella yang berusia 15 tahun akan mulai sekolah di Herlufsholm pada musim gugur ini. Namun, dia sekarang akan sekolah terpisah dari kakak laki-lakinya, Ingrid Jespersen's Gymnasieskole di Kopenhagen, istana mengumumkan Rabu, 10 Agustus 2022.

Pada Agustus 2021, Pangeran Fredrik dan Putri Mary mendokumentasikan hari-hari pertama Pangeran Christian di Sekolah Herlufsholm. Pangeran Christian "menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan bertemu dengan teman sekolah baru," demikian menurut keterangan foto di media sosial.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Masih Dibahas

Pangeran Denmark Frederik, Pangeran Christian
Perbesar
Putra Mahkota Denmark Frederik dan putranya Pangeran Christian (kanan) menghadiri upacara peringatan di depan pusat perbelanjaan Field, dua hari setelah penembakan, di Kopenhagen, Denmark, pada 5 Juli 2022. (PHILIP DAVALI / RITZAU SCANPIX / AFP)

Pangeran Frederik dan Putri Mary pertama kali membahas tuduhan yang mengkhawatirkan seputar Herlufsholm pada Juni 2022. Dalam sebuah pernyataan, pasangan itu mengatakan mereka akan meluangkan waktu untuk memutuskan apa yang terbaik untuk keluarga mereka.

"Penindasan, kekerasan, dan penghinaan tidak pernah dapat diterima. Kita harus menanggapi insiden yang menyakitkan dan menghancurkan dengan menuntut perubahan yang memastikan lingkungan yang aman untuk semua," jelas mereka.

"Dan kemudian kita harus mengakui keberanian mereka yang telah berbagi pengalaman kekerasan mereka," sambung keduanya.

Dikutip dari laman resmi The Royal House - Kongehuset, Kamis, 11 Agustus 2022, Frederik André Henrik Christian, Pangeran Denmark, Putra Mahkota, Pangeran Monpezat, lahir pada 26 Mei 1968. Putra Mahkota adalah putra dari HM Ratu Margrethe II dan Pangeran Henrik dari Denmark yang wafat 2018.

Putra Mahkota akan menjadi penerus tahta dan menjadi adipati saat Ratu Denmark berada di luar negeri. Frederik dibaptis di Holmens Kirke (gereja angkatan laut) di Kopenhagen pada 24 Juni 1968 dan dikukuhkan di Kapel Istana Fredensborg pada 28 Mei 1981.


Tentang Pangeran Frederik

Pangeran Frederik dan Putri Mary
Perbesar
Putra Mahkota Frederik (kiri) dan Putri Mahkota Mary dari Denmark berpose di Istana Perdamaian selama kunjungan dua hari mereka ke Belanda, di Den Haag, pada 20 Juni 2022. (SEM VAN DER WAL / ANP / AFP)

Pada 14 Mei 2004, Pangeran Frederik menikahi Miss Mary Elizabeth Donaldson, yang kemudian bergelar Yang Mulia Putri Mahkota Mary Elizabeth dari Denmark. Upacara pernikahan berlangsung di Katedral Kopenhagen, dan pesta pernikahan diadakan di Istana Fredensborg.

Anak-anak Pangeran Frederik dan Putri Mary, yakni Pangeran Christian Valdemar Henri Jean, lahir pada 15 Oktober 2005, Putri Isabella Henrietta Ingrid Margrethe, lahir pada 21 April 2007, Pangeran Vincent Frederik Minik Alexander dan Putri Josephine Sophia Ivalo Mathilda, yang kembar lahir pada 8 Januari 2011. Pasangan Putra Mahkota di Istana Frederik VIII tinggal di Amalienborg dan di Rumah Kanselir di Istana Fredensborg.

Pangeran Frederik bersekolah di Skole Krebs selama 1974--1981, dari 1974--1976 sebagai murid swasta di Amalienborg dan di Skole Krebs dari kelas tiga. Pada periode 1982--1983, ia adalah seorang asrama di Cole des Roches di Normandia, Prancis.

Pada 1986, Putra Mahkota lulus dari sekolah menengah atas regaard Gymnasium, dan pada 1995, Yang Mulia lulus dari University of Aarhus dengan gelar MSc (ilmu politik). Pangeran Frederik juga belajar ilmu politik di Harvard University, AS dari 1992 hingga 1993.

Bahasa ibu Putra Mahkota adalah bahasa Denmark. Selain itu, ia juga berbicara bahasa Prancis, Inggris, dan Jerman.

Infografis 6 Cara Dukung Anak dengan Long Covid-19 Kembali ke Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Cara Dukung Anak dengan Long Covid-19 Kembali ke Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya