Mimpi Jakarta Jadikan Kepulauan Seribu Sekelas Bali

Oleh Liputan6.com pada 11 Agu 2022, 20:40 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 21:16 WIB
Menikmati Keindahan Pulau Harapan
Perbesar
Pulau Harapan yang merupakan salah satu gugusan di Kepulauan Seribu ini menyimpan pemandangan yang sungguh menajubkan untuk memanjakan mata, Jakarta, Senin (25/8/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menilai kebijakan perubahan program strategis nasional (PSN) menjadikan Kabupaten Kepulauan Seribu sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Jakarta.  Perubahan kebijakan itu diharapkan bisa menjadikan destinasi wisata di utara Jakarta tersebut tidak kalah dari Bali.

Ia mengatakan Pemprov DKI Jakarta juga akan bersinergi dengan pemerintah pusat, termasuk dengan pihak swasta, dalam proyek pembangunan di Kepulauan Seribu dalam beberapa tahun ke depan. Tujuannya adalah wilayah kabupaten itu berkembang lebih indah, semakin menarik, terintegrasi dengan lima wilayah kota di daratan Provinsi DKI Jakarta, dan dapat menjadi kawasan wisata berkelas dunia.

"Tak kurang dari Rp94 triliun untuk reklamasi dan sebagainya di Pulau Seribu. Mudah-mudahan kalau ini jadi luar biasa, mungkin menjadi salah satu tempat terbaik di Jakarta untuk dapat dikunjungi pariwisatanya," ucap Riza dalam sambutan di Musyawarah Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) di Putri Duyung Resort, Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu, 10 Agustus 2022, dilansir dari Antara.

Namun, Wagub DKI menyatakan bahwa proses penyelesaian pengembangan wisata Kepulauan Seribu itu butuh waktu. "Ini perlu waktu beberapa tahun ke depan, alhamdulillah proses izinnya mendapat dukungan dari pemerintah pusat untuk kami mulai segera membangun. InsyaAllah, ini akan menjadi suatu proyek yang membanggakan, tidak hanya bagi Jakarta, tapi juga bagi Indonesia," kata Riza.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tekankan Kolaborasi

wagub
Perbesar
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Ist)

Dalam kesempatan itu, Riza meminta dukungan dari DPD PUTRI DKI Jakarta yang baru saja menetapkan pergantian ketua periode 2020 – 2024 kepada Agung Praptono dari Taman Impian Jaya Ancol untuk berkolaborasi menyukseskan seluruh destinasi wisata dan ekonomi kreatif di DKI Jakarta.

Musda penetapan pergantian Ketua DPD PUTRI DKI Jakarta itu dihadiri 100 peserta yang mengelola sejumlah destinasi wisata unggulan antara lain, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Ismail Marzuki, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, serta beberapa destinasi wisata lainnya dan museum yang berlokasi di Jakarta.

Riza mendorong organisasi kepariwisataan itu berkolaborasi dengan pelaku industri pariwisata untuk menjadikan Jakarta sebagai kota destinasi pariwisata global. Dengan kolaborasi, kehadiran organisasi kepariwisataan seperti PUTRI sangat diperlukan untuk menyusun strategi dan sinergi antar-pelaku wisata melalui paket-paket dengan konsep lebih lama tinggal (long stay).

"Dengan berhimpun di PUTRI, para pelaku pengelola Taman Rekreasi dapat menghindari saling rebutan yang melemahkan. Saya meyakini bahwa wisata bukan zero sum game, semua pihak harus menang dan bersinergi," tutur Riza.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Sinergi Antar-Pelaku Wisata

`Jembatan Cinta` Pulau Tidung
Perbesar
Duo Mahadewi Bakal Hebohkan Tidung Festival 2017 Kepulauan Seribu

Ia juga menekankan pentingnya penguatan terhadap potensi pengembangan destinasi pariwisata, pembangunan pemasaran pariwisata, industri pariwisata, dan kelembagaan kepariwisataan, yang juga harus berbasis pemberdayaan masyarakat dengan mengadopsi sistem utuh dan berkelanjutan.

Berbagai strategi dibutuhkan untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata. Di antaranya dalam menciptakan taman rekreasi di Kota Jakarta yang membuat pengunjung tertarik, puas dan terkesan, bahkan terkenang sekembalinya ke rumah, baik dengan hiburan ataupun adanya unsur edukasi.

"Kawasan wisata perlu didukung fasilitas termasuk tempat makan, minum, kafe untuk menarik perhatian di media sosial. Dalam era digital saat ini kita harus bersama-sama berperan menarik wisatawan lokal maupun global," ujarnya.

Saat ini, kata dia, sudah banyak sudut kota Jakarta yang dianggap Instagramable dan layak dikunjungi. Hal itu dinilai sebagai modal besar untuk bisa dimanfaatkan oleh PUTRI demi menjadikan Kota Jakarta sebagai tujuan wisata lokal maupun internasional terkemuka di Indonesia.


Pengurus PUTRI DKI Jakarta

Mengisi Libur Isra Miraj di Kepulauan Seribu
Perbesar
Wisatawan saat berkunjung ke Pulau Cipir, Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu (27/2/2022). Destinasi Kepulauan Seribu masih menjadi tujuan wisata favorit warga Ibu Kota dalam mengisi liburan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sementara itu, Agung Praptono menyampaikan bahwa kolaborasi merupakan unsur utama untuk bisa memajukan pariwisata Kota Jakarta dan juga Indonesia.

"Kami berharap kedepannya DPD PUTRI Jakarta dapat memberikan dampak baik terhadap kemajuan industri pariwisata Jakarta. Dan kita secara bersama-sama membangun kolaborasi agar pencapaian destinasi wisata menjadi pendorong ekonomi kreatif dapat tercapai," tutur Agung.

"PUTRI harus berperan besar dalam memajukan dunia pariwisata Indonesia sekaligus menjadi asosiasi pariwisata yang bisa mengemban misi menjadikan Indonesia menjadi primadona pariwisata yang unggul se-Asia," imbuh Riza.

Berikut formasi pengurus DPD PUTRI DKI Jakarta periode 2022 - 2026 :

Ketua : Agung Praptono, SE, MM (Taman Impian Jaya Ancol)

Ketua 1 : Dr. H. Zulfikar MSi., M.Hum (Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah)

Ketua 2 : Imron S,Pd, MM (UPKP Budaya Betawi Setu Babakan)

Ketua 3 : Suryani Lukitosari (Museum Satria Mandala)

Ketua 4 : Victry Ani Suhartono, S.E., M.M (Museum Listrik)

Sekretaris : Boyke Dwi Kapriyanto, SH (Desa Wisata Taman Mini Indonesia Indah)

Bendahara : Florentina Panti Rach (Desa Wisata Taman Mini Indonesia Indah).

Infografis Jakarta Gelar Balapan Formula E 2022 di Ancol. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Jakarta Gelar Balapan Formula E 2022 di Ancol. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya