Sukses

IKEA Bangun Toko Perdana di Jawa Timur, Siap Buka Akhir 2022

IKEA Indonesia menggelar peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan toko IKEA yang berlokasi di Ciputra World Surabaya, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - IKEA Indonesia resmi membangun toko perdana di Jawa Timur. Gerai ritel penyedia produk perabot rumah tangga asal Swedia ini berlokasi di Ciputra World Surabaya dan mulai dibuka akhir 2022 mendatang.

Menjelang kehadiran toko ketujuh di Tanah Air, IKEA melangsungkan acara peletakan baru pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan toko terbaru. President Director PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia), Patrik Lindvall menyebut toko baru yang bakal buka ini sekaligus menjadi komitmen IKEA, yang memiliki visi untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik untuk banyak orang.

"Ketika kami melakukannya sebagai merek, kami memiliki komitmen jangka panjang dan kami dipandu oleh nilai-nilai kami dan mencari mitra untuk diajak kerja sama," kata Patrik dalam acara peletakan batu pertama toko IKEA Surabaya secara virtual, Kamis, 11 Agustus 2022.

Patrik melanjutkan ekspansi tersebut sebagai komitmen jangka panjang dengan mitra yang memiliki nilai-nilai yang sama. Ia mengatakan IKEA ingin dapat lebih mudah diakses dengan menyuguhkan produk-produk yang terjangkau.

"Selama bekerja untuk menemukan mitra yang baik di Surabaya, kami telah menjalin kerja sama dan diskusi yang sangat panjang dengan Ciputra World dan kami telah memutuskan ini adalah kemitraan yang baik yang berkomitmen untuk memenuhi janji kami untuk berada di sana untuk banyak orang," tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dampak Positif

Patrik mengungkapkan fokus IKEA Indonesia saat ini adalah menyelesaikan pembangunan dan segera membuka toko di Surabaya. "Ke depannya kita lihat nanti, tetapi Anda tahu ambisi kami adalah untuk dapat diakses oleh banyak orang. Kami terus mengeksplorasi peluang di seluruh Indonesia," lanjutnya.

Bersama pembangunan toko baru, IKEA ingin membawa dampak positif bagi warga Surabaya khususnya. Salah satunya kabar baiknya adalah membuka lapangan kerja baru dan menggaet talenta lokal untuk operasional toko.

"Kontribusi kami akan menciptakan lapangan kerja di Surabaya untuk orang Surabaya, baik karyawan langsung tetapi juga untuk menyediakan layanan lain, seperti pembersihan, keamanan, dan lainnya," ia menjelaaskan.

Pihaknya juga sangat senang dapat untuk mengupayakan internal movement. Sekitar 20 persen pekerja IKEA Indonesia yang adalah warga lokal Surabaya dapat pulang kampung.

"Jadi bukan hanya kami datang untuk menciptakan lapangan kerja baru, tetapi juga dalam memungkinkan rekan-rekan kerja kami untuk pindah kembali bersama keluarga mereka di Surabaya," lanjut Patrik.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Berdayakan UMKM Lokal

Lewat kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Dinas UKM setempat, IKEA Surabaya akan juga menghadirkan Teras Indonesia. UMKM lokal yang terpilih dapat menghadirkan dan menjual produk andalannya secara gratis di area yang disediakan oleh IKEA Indonesia. IKEA Surabaya berharap bisa berkontribusi pada peningkatan ekonomi UKM lokal lewat fitur tersebut.

Toko IKEA Surabaya akan dibangun di area seluas 9.000 meter persegi di lantai LG Floor Ciputra World Surabaya. Selain itu, makanan ala Swedia dan yang berbasis nabati juga akan tersedia di IKEA Surabaya untuk dinikmati masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Managing Director Ciputra Group, Harun Hajadi menyebut pihaknya sangat bahagia dapat kerja sama dengan IKEA Indonesia. Ia menjelaskan mal ini berlokasi strategis dan berada di area superblok CBD baru gerbang Surabaya Barat.

IKEA sebelumnya telah membuka gerai di dalam mal pertama di Indonesia yang berlokasi di Mal Taman Anggrek. Toko itu resmi dibuka pada Kamis, 7 April 2022.

4 dari 4 halaman

IKEA Mal Taman Anggrek

Dyah Fitrisally, Country Marketing Manager IKEA Indonesia menjelaskan bahwa mal itu dipilih lewat survei panjang, termasuk mempertimbangkan kecocokan mal dengan kebutuhan IKEA. MTA dinilai yang paling cocok.

"Lokasinya termasuk strategis, cukup dekat dengan mereka yang datang dari Jakarta Utara, lalu dari pusat dan selatan juga nggak terlalu jauh. Kalo yang dari luar kota bisa lewat jalan bebas hambatan yang ada di kawasan mal ini. Kendaraan umum juga cukup banyak yang melewati tempat ini," Sally menjelaskan. IKEA MTA merupakan toko atau gerai keenam IKEA Indonesia. 

Sebelum belanja, konsumen diarahkan untuk mencari informasi awalan tentang rumah dan produk yang ingin dibeli di IKEA.co.id. Dengan mengunjungi laman tersebut, Anda dapat membuat list item yang ingin dibeli, merancang rencana desain dan interior ruangan untuk dicetak dan dibawa saat berkunjung ke IKEA MTA.

Satu lagi persiapan yang tak kalah penting, jangan lupa untuk mengukur ruangan Anda. Mengukur ruangan yang otentik ini akan membantu menyesuaikan beragam perabot yang akan dibeli. Anda bisa mencatatnya di kertas, di ponsel atau juga menggunakan tali rafia agar ukurannya lebih pasti lagi.

Setelah serangkaian persiapan mulai dari membuat list kebutuhan serta merancang desain versi Anda, Anda bisa langsung mengunjungi gerai IKEA MTA. Sesampainya di sana dan masuk ke area IKEA, Anda bisa menemukan inspirasi dari berbagai room set yang ada di sana. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.