6 Fakta Seputar Olympic Stadium Seoul, Bakal Lokasi Konser IU

Oleh Henry pada 10 Agu 2022, 15:36 WIB
Diperbarui 10 Agu 2022, 15:36 WIB
Stadion Olimpiade Seoul
Perbesar
Stadion Olimpiade Seoul, tempat konser BTS (dok.wikimedia commons)

Liputan6.com, Jakarta IU akan menjadi penyanyi perempuan pertama yang menggelar konser di Jamsil Olympic Stadium Seoul, Korea Selatan berkapasitas tempat duduk 69.950 orang. Konser IU bertajuk The Golden Hour akan diselenggarakan selama dua hari.

"IU akan menggelar konser The Golden Hour pada 17 dan 18 September di Jamsil Olympic Stadium, Seoul. IU akan menjadi penyanyi KPop perempuan pertama yang menggelar konser di stadion tersebut," kata pihak EDAM Entertainmnet, melansir laman Allkpop, Rabu (10/8/2022). 

Jamsil Stadium atau yang juga dikenal sebagai Olympic Stadium Seoul (Stadion Olimpiade Seoul) adalah stadion multiguna yang dibuat untuk gelaran Asian Games ke-10 di tahun 1986 dan Olimpiade Musim Panas 1988.

Sebelumnya, hanya H.O.T., Shinhwa, g.o.d., Jo Yong Pil, TVXQ, Lee Seung Hwan, Lee Seung Chul, JYJ, Lee Moon Sae, Seo Taiji, EXO, dan BTS yang pernah tampil di Olympic Stadium Seoul. Memiliki kapasitas yang dapat menampung hingga hampir 100.000 penonton, termasuk festival (berdiri) untuk konser, stadion ini dianggap sebagai panggung impian bagi banyak artis KPop.

Warganet sempat membahas bahwa tidak ada penyanyi perempuan yang pernah menggelar konser di Olympic Stadium Seoul. Namun sekarang IU akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah.

Seorang wargaet berkomentar, "Sungguh, semua temanku suka lagu-lagu IU, jadi dia kemungkinan akan masuk (Jamsil Stadium)! Karena untuk konser, kamu harus tahu banyak lagu supaya konser menjadi sangat menyenangkan."

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Termegah di Korea Selatan

Pesona IU dengan Balutan Gaun Hijau Gucci di Festival Film Cannes, Elegan Bak Putri
Perbesar
Hadiri hari terakhir Festival Film Gucci, IU tampil cantik dan elegan bak putri berbalut gaun Gucci.

Konser ini tentunya tak hanya akan jadi momen bersejarah bagi IU tapi juga penyanyi wanita di Korea pada umumnya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut enam fakta seputar Olympic Stadium Seoul yang bakal menjadi tempat konser IU.

1. Desain Stadion

Dilansir dari laman sportskeeda, stadion ini dirancang oleh Kim Swoo-Geun dan pekerjaan konstruksi untuk stadion dimulai pada 1977. Tujuan hadirnya stadion saat itu adalah menjadi tuan rumah Asian Games pada 1986.

Dua tahun kemudian, Olympic Stadium Seoul juga menjadi stadion utama penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas. Sampai saat ini Olympic Stadium Seoul masih termasuk stadion termegah di Korea Selatan.

2. Biaya Penmbangunan

Olympic Stadium Seoul dibangun dengan biaya 430 juta dolar AS atau sekitar Rp6,1 triliun. Stadion ini termasuk peringkat ke-4 dalam daftar tempat paling mahal yang dibangun untuk Olimpiade Musim Panas. Garis yang ada di stadion meniru lekukan elegan dari vas porselen Dinasti Joseon Korea. Kursi penonton didistribusikan dalam dua tingkat dan tertutup seluruhnya.


3. Peresmian Stadion

Olympic Stadium Seoul
Perbesar
Penggemar grup K-pop BTS berfoto saat mereka tiba untuk konser langsung BTS di Olympic Stadium di Seoul pada 10 Maret 2022. (JUNG YEON-JE / AFP)

Olympic Stadium Seoul resmi dibuka pada 29 September 1984. Pembukaan stadion ini dilakukan tujuh tahun setelah pekerjaan konstruksi dimulai. Stadion tidak pernah digunakan untuk acara olahraga internasional sejak Olimpiade 1988. Namun, sempat dipakai oleh Asosiasi Sepak Bola Korea untuk menggelar pertandingan sepak bola sesekali.

4. Pertandingan Sepak bola

Pertandingan sepak bola pertama yang diadakan oleh Stadion Olimpiade Seoul adalah pertandingan persahabatan internasional antara Republik Korea Selatan dan Jepang. Pertandingan itu diadakan pada 30 September 1984 dan dimenangkan oleh Jepang dengan selisih 2-1. Takashi Mizunuma dan Kazushi Kimura mencetak gol untuk tim Jepang.

Selain itu, pada 28 Mei 2000, Serbia bermain imbang tanpa gol dengan tuan rumah dalam pertandingan persahabatan internasional lainnya. Pertandingan ini dimainkan menjelang persiapan Serbia untuk Kejuaraan Eropa UEFA 2000.

5. NCT Dream

Tak hanya IU, di hari ini, Rabu 10 Agustus 2022, media sosial NCT Dream juga mengumumkan akan mengadakan konser di Olympic Stadium Seoul bulan depan selama dua hari. 

Awalnya, NCT Dream berencana untuk menyapa penggemar di konser solo kedua mereka para 29-31 Juli di Gocheok Sky Dome di Seoul. Namun sayangnya, konser tersebut dibatalkan setelah dua anggotanya, Mark dan Renjun dinyatakan positif Covid-19.


6. Konser BTS

[Bintang] Akan Comeback, Ini Jadwal Tur Dunia BTS
Perbesar
Tur dunia BTS ini akan dimulai di Olympic Stadium, Seoul, Korea Selatan pada 25-26 Agustus 2018. Setelah itu, BTS akan tampil di Amerika Serikat, Jerman, Kanada, Perancis, hingga Inggris. (Foto: koreaboo.com)

Konser BTS bertajuk Permission to Dance On Stage Seoul ini berlangsung selama tiga hari, tepatnya tanggal 10, 12, dan 13 Maret 2022 di Olympic Stadium Seoul, 'Permission to Dance On Stage Seoul 2022' menjadi konser offline pertama BTS di Seoul setelah terakhir menggelar 'BTS World Tour Love Yourself: Speak Yourself’ The Final 2019'.

Konser ini berlangsung tanpa riuh tepuk tangan karena menyusul adanya anjuran dari pemerintah setempat terkait mencegah penyebaran virus Covid-19. Pihak panitia yaitu BIGHIT Music dan HYBE Labels menyediakan clapper bagi ARMY yang menonton konser BTS secara langsung.

Para penonton diberikan intruksi menyuarakan clapper mereka sesuai lagu. Agensi juga menyatakan tempat duduk penonton disesuaikan dengan pedoman jarak yang ditetapkan pemerintah demi meredam Covid-19.

Konser di hari kedua, Sabtu, 12 Maret 2022 diwarnai hujan. ARMY yang berada di lokasi konser mengenakan jas hujan agar tidak basah. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat ARMY yang tetap antusias melihat penampilan idola mereka.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya