Sukses

Desainer Issey Miyake Meninggal Dunia karena Kanker Hati

Desainer Jepang Issey Miyake meninggal dunia di usia 84 tahun pada Jumat, 5 Agustus 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Desainer Jepang Issey Miyake meninggal dunia di usia 84 tahun. Ia dikenal sebagai salah seorang perancang yang membangun salah satu merek fesyen terbesar di Negeri Sakura.

Dikutip dari AP, Selasa (9/8/2022), Issey Miyake mengembuskan napas terakhir pada Jumat, 5 Agustus 2022, setelah berjuang melawan kanker hati, demikian pernyataan Kantor Desain Miyake pada hari ini, Selasa (9/8/2022). Miyake menerjemahkan era dalam sejarah modern Jepang.

Ia mencapai ketenaran pada 1970-an di antara generasi desainer dan seniman yang mencapai popularitas global dengan mendefinisikan visi Jepang yang unik dari Barat. Aksen lipatan seperti origami Miyake mengubah poliester yang biasanya kasar menjadi chic.

Miyake juga menggunakan teknologi komputer dalam menenun untuk membuat pakaian jadi. Busana karyanya yang sederhana dimaksudkan untuk merayakan tubuh manusia tanpa memandang ras, bentuk tubuh, ukuran atau usia.

Miyake bahkan benci disebut perancang busana, memilih untuk tidak mengidentifikasi diri dengan apa yang dilihatnya sebagai konsumsi yang sembrono, menonton tren, dan mencolok. Ia kembali ke konsep dasarnya yang dimulai dengan selembar kain, baik itu disampirkan, dilipat, dipotong atau dibungkus.

Selama bertahun-tahun, desainer Issey Miyake terinspirasi dari berbagai budaya dan motif masyarakat, serta barang-barang sehari-hari, sepertinya plastik, rotan, kertas "washi", goni, bulu kuda, foil, benang, batik, pewarna nila, dan kabel.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karier Issey Miyake

Miyake pernah berkolaborasi dengan desainer furnitur dan interior Shiro Kuramata, fotografer Irving Penn, koreografer dan sutradara Maurice Bejart, pembuat tembikar Lucie Rie dan Balet Frankfurt. Pada 1992, dia ditugaskan untuk merancang seragam Olimpiade resmi untuk Lithuania, yang baru saja memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet.

Issey Miyake lahir di Hiroshima pada 22 April 1938. Miyake menjadi bintang setelah menjejakkan karyanya di runway Eropa.

Atasan cokelatnya, yang memadukan kain jahit Jepang "sashiko" dengan rajutan sutra mentah, tercecer di sampul majalah Elle edisi September 1973. Miyake juga seorang pelopor dalam peran gender, meminta feminis Fusae Ichikawa pada 1970-an, ketika dia berusia 80-an, untuk menjadi modelnya, mengirimkan pesan bahwa pakaian harus nyaman dan mengekspresikan keindahan alami orang-orang nyata.

Meskipun dia membuat pakaian yang melampaui duniawi, Miyake menegaskan untuk tidak pernah menjadi sok, selalu setuju dengan tampilan T-shirt-and-jeans. "Merancang seperti organisme hidup yang mengejar apa yang penting untuk kesejahteraan dan kelangsungannya," demikian tulis Miyake dalam bukunya.

Kantornya mengonfirmasi pemakaman pribadi telah diadakan dan upacara lainnya tidak akan diadakan, sesuai dengan keinginan Miyake. Issey Miyake merahasiakan kehidupan keluarganya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Perjalanan Hidup

Dikutip dari CNN, Miyake dikenal secara internasional pada 1980-an dengan desain avant-garde yang langsung diakui oleh mereka yang mampu membeli barang mewahnya sebagai barang kolektor. Saat ini, desainnya dilestarikan di berbagai institusi termasuk Museum Victoria dan Albert di London, Museum Seni Modern New York, dan Museum Seni Philadelphia.

Ia juga menemukan pelanggan setianya, yakni Steve Jobs, yang mengenakan turtleneck hitam hampir secara eksklusif dari 1980-an dan bertahun-tahun berikutnya. Miyake lahir di kota Hiroshima Jepang pada 1938. Bom yang dijatuhkan di kota itu pada 1945 membuatnya lemah dan kondisi ini menghantuinya hingga dewasa, dan ibunya meninggal tiga tahun kemudian karena paparan radiasi.

Bertekad untuk tidak dicap sebagai perancang yang lolos dari bom atom, dia tidak menyebutkan masa kecilnya yang traumatis hingga 2009. Kala itu, dia menulis tentang pengalaman itu dalam sebuah opini untuk mendukung perlucutan senjata nuklir, yang diterbitkan di New York Times.

Miyake belajar desain grafis di Tama Art University Tokyo sebelum pindah ke Paris pada 1965. Di sana, ia mendaftar di sekolah menjahit dan penjahitan yang terkenal cole de la Chambre Syndicale de la Couture Parisienne.

4 dari 4 halaman

Ragam Pencapaian

Saat di Paris, Miyake bekerja untuk Guy Laroche dan Hubert de Givenchy, dua nama besar dalam haute couture, sebelum pindah ke New York untuk membantu Geoffrey Beene. Pada 1970, ia mendirikan studio desainnya sendiri di Tokyo.

Desain awalnya dengan terampil memadukan Timur dan Barat, menggunakan teknik bordir Jepang dan desain tato. Selama 1980-an ia mulai mengembangkan kain baru yang dapat diperluas secara vertikal dengan ratusan lipatan kecil. Ia terinspirasi dari gaun sutra berlipit Delphos yang dirancang oleh Henriette Negrin dan suaminya Mariano Fortuny di awal 1900-an.

Miyake membawa ide mereka selangkah lebih maju, memadukan teknik tradisional dan teknik yang baru dikembangkan untuk menciptakan pakaian lipit permanen yang sekaligus avant-garde dan nyaman, arsitektural dan alami. Dia tidak pernah berhenti berinovasi. Pada 2007, Miyake meluncurkan Reality Lab untuk mengeksplorasi bahan yang tahan lama dan ramah lingkungan.

Selain pakaiannya, Miyake juga dikenal dengan lini wewangiannya. Yang pertama, L'Eau d'Issey, diluncurkan pada tahun 1992 dan menjadi buku terlaris internasional. Miyake menerima banyak penghargaan untuk karyanya sebagai perancang busana dan sebagai seniman. Pada 2005, Asosiasi Seni Jepang memberinya penghargaan Praemium Imperiale atas pencapaiannya yang luar biasa dalam bidang seni.

Setahun kemudian ia menjadi perancang busana pertama yang menerima Penghargaan Kyoto dalam Seni dan Filsafat untuk pencapaian seumur hidup. Pada 2016, pemerintah Prancis menganugerahkan Miyake Legion of Honor yang bergengsi, dan Pusat Seni Nasional di Tokyo menyelenggarakan pameran terlengkap sepanjang karier Miyake. Sampai akhir, Miyake tetap setia pada kerajinan couturier yang telah dipelajari sebagai seorang pemuda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.