Penampilan Selvi Ananda Saat Antar Jan Ethes ke Sekolah Bikin Salah Fokus

Oleh Henry pada 09 Agu 2022, 07:03 WIB
Diperbarui 09 Agu 2022, 07:03 WIB
5 Potret Terbaru La Lembah Manah Anak Kedua Gibran Rakabuming, Makin Gemas
Perbesar
Potret terbaru adik Jan Ethes, La Lembah Manah yang makin menggemaskan. (Sumber: Instagram/@janethes_story)

Liputan6.com, Jakarta - Cucu pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jan Ethes yang genap berusia 6 tahun kini mulai masuk ke Sekolah Dasar (SD). Baru-baru ini ramai tersebar momen pertama kali Jan Ethes masuk ke SD.

Akun TikTok @tiktok.comakundiblok mengabadikan saat kedatangan pemilik nama lengkap Jan Ethes Srinarendra yang diantar oleh ibunya, Selvi Ananda, ke sekolah. Video itu kemudian diunggah ulang di Instagram, salah satunya diunggah oleh akun @rumpi_gosip.

Sebagai anggota keluarga presiden, kehadiran Jan Ethes dan Selvi di sekolah tak luput dari pengawalan Paspampres. Terlihat mobil pengawalan tersebut tepat berada di belakang mobil yang membawa pasangan ibu dan anak itu.

Jan Ethes yag berkemeja berwarna putih dengan setelan celana berwarna hitam, digandeng oleh ibundanya. Sementara itu, para guru yang telah menunggu di sebelah kanan dan kiri menyambut kedatangan putra pertama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Jan Ethes terlihat begitu sopan saat disambut oleh guru di sekolahnya. Saat ini diketahui Jan Ethes sekolah di Focus Independent School (FIS), Solo. Sebelumnya Jan Ethes sudah menempuh sekolah TK di FIS pula.

Selvi mengaku bahwa putranya sangat senang akhirnya sudah masuk SD. Jan Ethes bahkan tidak mempermasalahkan jam waktu pulang sekolah yang lama.

"Dia bilang seneng banget, karena sekarang kan temannya lebih banyak lagi. Dia juga bilang, seneng sekolah, sekolahnya lama tapi temennya banyak," ucap Selvi Ananda.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penampilan Simpel Selvi

Antar Jan Ethes ke Sekolah dan Dikawal Paspampres, Penampilan Selvi Ananda Bikin Salfok
Perbesar
Antar Jan Ethes ke Sekolah dan Dikawal Paspampres, Penampilan Selvi Ananda Bikin Salfok.  foto: TikTok @tiktok.comakundiblok

Video tersebut mengundang berbagai respons positif dari warganet. Tidak hanya Jan Ethes yang menjadi perbincangan dan sorotan, tetapi banyak warganet yang salah fokus (salfok) dengan penampilan simpel Selvi Ananda.

"Cucu presiden sekolahnya sederhana banget.....keren," komentar seorang warganet. "mamanya sederhana banget. Salut dengan keluarga Pak Jokowi sederhana sekali," tulis warganet lainnya. "Ibunya Jan ethes cantik banget," timpal warganet lainnya.

Meski baru duduk di kelas 1 SD, Jan Ethes sudah pintar berbincang dengan wartawan. Hal ini terlihat dari unggahan sang kakek di Instagram.

Dalam video berdurasi empat menit, Jan Ethes ditanya cita-citanya oleh wartawan. Tanpa berpikir panjang, dia pun mantap menjawab ingin menjadi seorang presiden layaknya sang kakek.

"Mau jadi presiden kayak Mbah," ucap bocah yang gemar olahraga taekwondo itu. 

Bocah kelahiran 10 Maret 2016 ini juga sempat memamerkan hafalan nama-nama presiden di negara lain kepada wartawan. "Rusia Putin, Presiden Amerika (Serikat) Biden, China Xi Jinping," katanya. Pengetahuan tentang nama-nama presiden di negara lain ia peroleh dari kakeknya yang juga suka mengajarkan berbagai hal.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Dekat dengan Jokowi

Presiden Jokowi dan Jan Ethes saat melayani permintaan foto bareng dari masyarakat. (Sekretariat Presiden)
Perbesar
Presiden Jokowi, Iriana dan Jan Ethes saat melayani permintaan foto bareng dari masyarakat. (Sekretariat Presiden)

Tanpa malu-malu, Jan pun menceritakan persiapannya menjelang sekolah. Menurutnya, segala persiapan telah rampung dan ia siap bersekolah. "Semuanya udah disiapin, buku udah, tasnya item, (pelajaran yang disukai) semuanya."

Ia pun ditanya apakah sang kakek suka mengajarkannya olahraga. Ia pun menjawab bahwa sang kakek yang ia panggil "Mbah Owi" suka mengajarkannya lari.

Kedekatan Jan Ethes dengan sang kakek kerap terlihat. Yang terbaru, putra Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda ini diajak berjalan santai di Kota Solo.

"Berjalan santai menikmati suasana hari bebas kendaraan bermotor di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Kota Surakarta, bersama Jan Ethes Srinarendra, pagi ini. Salam sehat dan selamat berakhir pekan semuanya," mengutip Instagram Jokowi, Minggu, 7 Agustus 2022. Jalan santai juga dilakukan bersama sang nenek, Iriana Jokowi dan diiringi banyak masyarakat yang antusias melihat kedatangan Jokowi.

Melansir kanal Health Liputan6.com, sejumlah masyarakat juga meminta untuk berfoto bersama dengan Jokowi dan cucu laki-lakinya tersebut. Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gibran.


Juara Taekwondo

6 Momen Jan Ethes Cucu Jokowi Ikut Pertandingan Taekwondo, Sabet Medali Emas
Perbesar
Momen Jan Ethes Cucu Jokowi Ikut Pertandingan Taekwondo. (Sumber: Instagram/gibran_rakabuming)

Jan Ethes menyukai olahraga. Ia adalah salah satu dari 248 peserta yang bertanding di kejuaraan taekwondo kelas kyorugi pemula dalam ajang SKB Solo Sensation 2021. Ia bahkan menorehkan prestasi dalam cabang olahraga taekwondo di saat usianya yang menginjak lima tahun dengan membawa pulang medali emas.

Jan Ethes datang dengan dobok atau seragam taekwondo dan sabuk putih melingkari pinggangnya. Pertandingan yang diikuti Jan Ethes ini berlangsung di Convention Hall Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta pada 14 November 2021. Menurut unggahan Gibran Rakabuming, para peserta pertandingan berasal dari Kota Solo dan luar Solo (Dojang Falcon Salatiga, GDP Salatiga, Joko Tingkir Salatiga, TKSC Ambarawa dan Elite Merapi Boyolali).

Video lantas dilanjutkan dengan aksi Jan Ethes di arena pertandingan yang tiada henti berusaha menendang dan mendorong lawan hingga terjatuh. Momen lain yang terabadikan adalah ketika Gibran yang berada di luar arena tampak menyemangati buah hatinya dengan arahan untuk menyerang.

Jan Ethes berhasil menyabet gelar juara di kategori Super Prakadet Putra. Masih berbalut seragam taekwondo dan mengenakan masker, dia dikalungi medali emas dan piagam penghargaan sebagai juara pertama.

Infografis Agenda dan Misi Lawatan Jokowi ke Tiga Negara Asia Timur. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Agenda dan Misi Lawatan Jokowi ke Tiga Negara Asia Timur. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya