Sukses

Chef Vindy Lee Bagikan Cara Anggun Makan Salak, Warganet Singgung Nia Ramadhani

Chef Vindy Lee punya tutorial cara makan salak yang elegan dan tetap anggun, walaupun terkesan nyeleneh.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya membagikan resep masakan, chef Vindy Lee juga suka berbagi video tentang berbagai cara makan. Anda mungkin masih ingat tutorial makan nasi padang dengan cara elegan dan anggun ala chef Vindy yang sempat viral.

Dalam tutorial itu, chef Vindy membagikan tips makan nasi padang ala table manner agar tetap terlihat anggun. Yang terbaru, ia membagikan cara makan salak dengan metode serupa.

Buah salak sebenarnya sama seperti buah lain pada umumnya. Kulit luarnya harus dikupas terlebih dahulu sebelum dimakan.

Alih-alih dengan tangan, chef Vindy punya tutorial cara makan salak yang elegan dan tetap anggun, walau terkesan nyeleneh. Trik ini ditunjukkan lewat unggahan video di akun Instagram-nya, @vindylee.

"Snake skin fruit, known as #Salak is named after it’s sharp pointy scaly skin. So many have bled just by peeling this fruit! Totally preventable (Snake skin fruit, yang dikenal sebagai #salak, dinamai berdasarkan kulit bersisiknya yang runcing dan tajam. Begitu banyak yang berdarah karena mengupas buah ini! Benar-benar dapat dicegah)," tulisnya dalam kolom keterangan unggahan pada Senin (8/8/2022).

Sebelum memperlihatkan cara makan salak, chef Vindy menerangkan sedikit informasi tentang buah salak bagi pengikutnya. "Cara makan salak biar kuku kita tetap slay. Salak banyak nutrisi dan ini di Inggris namanya Snake skin fruit, buah kulit ular. Karena kulitnya keras dan sangat tajam, jadi sedikit sulit dan kuku bisa luka jari-jarinya," terangnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Garpu dan Pisau

Seperti biasa, chef Vindy sudah mempersiapkan piring beserta garpu dan pisau. Salak yang masih utuh diletakkan di atas piring untuk dipotong. Ia pun memulai memotong bagian kulit luar. Setelah terbelah jadi dua, ia memisahkan kulit salak dari buahnya menggunakan garpu dan pisau.

"Lihat ini belahannya ada yang sisi lembut kita bisa pencet, kita potong dari situ. Belahkan sisi kulit dan bisa gunakan garpu," jelasnya. "Gunakan pisau, goyang kanan kiri bisa. Lepaskan kulit dari buah salaknya. Bersih dan slay," sambungnya.

Untuk menikmati buah salak, chef Vindy tidak membersihkan kulit tipis pada salak, melainkan langsung memakannya. Ia memotong salak sedikit demi sedikit layaknya memakan steik daging. "Potong sementara satu gigitan dan menikmati. Biji congkelan bisa dimasukkan ke kantong. Kita makan anggun-ly," tutupnya.

Tutorial makan salak yang anggun ini rupanya berhasil menarik perhatian warganet. Video tersebut juga sudah disaksikan lebih dari 500 ribu kali dengan beragam komentar.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Mengupas Salak

"Omg... Expert sekali make piso garpu Kalo aku yg kaya gitu, salak ma biji²nya bisa loncat ke jidat orang dimeja sebelah itu mah," timpal warganet lainnya. "Tim yang buka pakai tangan, langsung makan, ayoo kumpulllllyyyy," komentar warganet lainnya.

Tak sedikit juga warganet menyebut Nia Ramadhani karena dulu pernah viral gara-gara mengaku tidak bisa mengupas buah salak. "Nia Ramadhani harus lihat nih," komentar seorang warganet lainnya. "Tag in ke Nia Ramadhani kwkwkwk," timpal warganet lainnya.

Masih dalam semangat "makan dengan 'anggunly,' supaya tetap slay," chef Vindy Lee pada Juni lalu berbagi cara anggun makan kerupuk, yang kemudian menimbulkan pro kontra.

"Fine art of eating Kerupuk," tulisnya dalam keterangan unggahan video berdurasi kurang dari satu menit tersebut. Di klip tersebut, ia mengatakan, "Kerupuk adalah snack favorit, dan hampir (selalu) ada di meja makan Indonesia, tapi berisik dan berantakan."

"Kalau Anda berada di acara penting dan makan kerupuk 'bar-barly,' itu sangat turn off dan berisik," terangnya. "Kerupuk besar seperti ini, dipatahkan, (dibagi jadi bagian) kecil-kecil. Makan anggunly."  Ia menyambung, "Ini kerupuk kulit, jika digigit mungkin bisa muncrat. Kuncinya, pilih keripik daripada kerupuk."

 

4 dari 4 halaman

Keripik dan Kerupuk

"Ambil keripiknya. Taruh di atas lidah. Keripik akan empuk jika dicampur air liur. Menikmati (kerupuk) mungkin tidak, tapi Anda akan jadi teman yang diam (tidak berisik) dan slay," tuturnya

Bukan itu saja, chef Vindy juga mencontohkan cara makan kerupuk dengan anggun saat makan makanan dengan sedikit kuah. "Ambil sepotong kerupuk, campur dengan cairannya (kuah makanan), biar dia tidak terlalu berisik, baru makan. Tetap slay,"ujarnya.

Setelah video tersebut dibagikan, ternyata tidak semua orang menganggap itu "cara makan kerupuk yang benar."  Ada warganet yang berkomentar, "Kalo aku tim ga makan kerupuk/keripik kalau makan di luar (kecuali warteg/kaki lima) soalnya males ribet. Sekarang malah semenjak pandemi kalo dateng ke kondangan cuma makan cake kecil aja udah, atau puding. Padahal makanannya enak-enak dan banyak bgt, apalagi kalo di hotel mewah."

Komentar ini dibalas chef Vindy Lee dengan menulis, "Honestly I prefer a crispy kerupuk. It’s one of many hassel foods I wouldn’t eat during a formal meal. The strategizing (Jujur saya lebih suka kerupuk yang renyah. Ini adalah salah satu dari banyak makanan hassel yang tidak akan saya makan saat makan formal. Strateginya)".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.