Miss Universe Izinkan Perempuan Menikah dan Para Ibu Ikut Berkompetisi Mulai 2023

Oleh Putu Elmira pada 08 Agu 2022, 17:03 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 17:03 WIB
Mahkota Miss Universe
Perbesar
Miss Universe Catriona Gray dan Pascal Mouawad mengungkap mahkota Miss Universe baru pada 5 Desember 2019 di Marriott Marquis di Atlanta, GA. Dirancang oleh perhiasan mewah Mouawad, mahkota itu dibuat dari emas 18 karat, handset dengan lebih dari 1.770 berlian termasuk berlian kenari emas berpotongan perisai di bagian tengah yang megah dengan berat 62,83 karat. (MARCUS INGRAM / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP)  

Liputan6.com, Jakarta - Kontes kecantikan Miss Universe membuat perubahan terbesar sepanjang lebih dari 70 tahun kompetisi kecantikan pertama digelar. Mulai 2023, kompetisi tahunan ini akan mengizinkan keikutsertaan kontestan perempuan menikah dan seorang ibu.

Dikutip dari The Nasional, Seni (8/8/2022), dalam memo internal yang dilihat oleh The National, Organisasi Miss Universe mengatakan bahwa pihaknya selalu berusaha beradaptasi sesuai perkembangan zaman. Pihaknya menyebut bahwa langkah perubahan yang diambil mencerminkan komitmen mereka.

"Kita semua percaya bahwa perempuan harus memiliki hak pilihan atas hidup mereka dan bahwa keputusan pribadi manusia tidak boleh menjadi penghalang bagi kesuksesan mereka," demikian bunyi memo itu.

Aturan baru itu akan berlaku untuk kontes ke-72 Miss Universe yang akan berlangsung pada 2023 mendatang. Kontes preliminary berlangsung untuk Miss Universe 2022, yang akan diadakan akhir tahun ini.

Sebelumnya, hanya perempuan lajang berusia antara 18--28 tahun yang belum pernah menikah atau memiliki anak yang diizinkan untuk mendaftar. Namun, aturan baru itu tidak menjelaskan apakah kelompok usia kontestan akan tetap sama.

"Organisasi Miss Universe selalu merupakan platform terbesar dan paling inovatif dari jenisnya dan sekarang akan lebih inklusif dan ramah bagi ibu dan perempuan yang sudah menikah. Bagi saya, ini selaras dengan apa yang telah saya perjuangkan, mematahkan stereotip dan menghilangkan pembelajaran stigma bahwa masyarakat lama telah memaksa kami dari beberapa dekade yang lalu," kata Josh Yugen, kepala eksekutif Yugen Group dan direktur nasional Miss Universe Bahrain kepada The National.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Miss Universe 2021

Harnaaz Sandhu, Wakil India Raih Mahkota Miss Universe 2021
Perbesar
Miss India, Harnaaz Sandhu, dinobatkan sebagai Miss Universe 2021 selama kontes kecantikan Miss Universe ke-70 di kota pesisir Laut Merah selatan Israel, Eilat pada 13 Desember 2021. (Menahem KAHANA / AFP)

Selain kontes Miss Universe global, Miss Universe Organization juga memiliki kontes Miss USA dan Miss Teen USA. Kontes telah berubah seiring berjalannya waktu.

Pada 2021, Miss Universe Bahrain mengukir sejarah dengan memilih untuk berjalan di putaran baju renang dengan pakaian olahraga yang tertutup penuh. Manar Nadeem Deyani, seorang mahasiswa mode yang tinggal di Dubai, termasuk di antara 79 kontestan yang berpartisipasi pada kontes 2021.

Sementara, Miss India Harnaaz Sandhu dinobatkan sebagai Miss Universe 2021 pada acara yang diadakan di Eilat di Israel. Salah satu jawaban kemenangan Sandhu di kontes itu adalah ketika dia dimintai nasihatnya untuk para remaja putri yang mengawasinya tentang menghadapi tekanan yang mereka hadapi saat ini.

"Saya pikir tekanan terbesar yang dihadapi anak muda saat ini adalah untuk percaya pada diri mereka sendiri, untuk mengetahui bahwa Anda unik dan itulah yang membuat Anda cantik," katanya.

Sandhu menegaskan, "Berhentilah membandingkan diri Anda dengan orang lain dan mari kita bicarakan (tentang) hal-hal yang lebih penting yang terjadi di seluruh dunia. Saya pikir ini yang perlu Anda pahami. Keluarlah dan bicaralah sendiri karena Anda adalah pemimpin hidup Anda, Anda adalah suara Anda sendiri. Saya percaya pada diri saya sendiri, dan itulah mengapa saya berdiri di sini hari ini."

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Sosok Harnaaz Sandhu

Harnaaz Sandhu, Wakil India Berhasil Raih Miss Universe 2021
Perbesar
Miss India, Harnaaz Sandhu, dinobatkan sebagai Miss Universe selama kontes kecantikan Miss Universe ke-70 di kota pesisir Laut Merah selatan Israel, Eilat pada 13 Desember 2021. (Menahem KAHANA / AFP)

Perwakilan India, Harnaaz Sandhu dinobatkan sebagai Miss Universe 2021. Puncak acara kontes kecantikan ke-70 ini berlangsung di Universe Dome, Port of Eilat di Eilat, Israel, Minggu, 12 Desember 2021, waktu setempat.

Miss Universe 2020 Andrea Meza memakaikan Harnaaz Sandhu mahkota kemenangan. Perempuan berusia 21 tahun ini sukses mengungguli dua kontestan di Top 3 Miss Universe 2021, yakni 1st Runner-Up Nadia Ferreira (Paraguay) dan 2nd Runner-Up Lalela Mswane (Afrika Selatan).

Dikutip dari laman resmi Miss Universe, Senin, 13 Desember 2021, Harnaaz terinspirasi dari ibunya, yang mematahkan generasi patriarki untuk menjadi ginekolog yang sukses dan memimpin keluarganya. Didorong untuk mendukung perempuan lain dengan cara yang sama, Sandhu tumbuh bersama ibunya di kamp kesehatan yang menangani kesehatan perempuan dan kebersihan menstruasi.

Sandhu sangat sadar akan hak istimewa yang diberikan oleh perjuangan ibunya yang membuat dirinya hari ini sebagai pendukung kuat pemberdayaan perempuan, khususnya hak konstitusional mereka untuk pendidikan, karier, dan kebebasan memilih. Secara profesional, Sandhu adalah aktor dengan dua LMS Punjabi yang dijadwalkan rilis pada 2022.

Perempuan berusia 21 tahun ini berharap dapat menulis karakter dalam LMS yang mematahkan stereotip tentang perempuan. Aktris favoritnya adalah Priyanka Chopra dan mendapat inspirasi dari karyanya.


Masa Tersingkat sebagai Miss Universe

Andrea Meza, Wakil Meksiko Sabet Mahkota Miss Universe 2020
Perbesar
Andrea Meza, perwakilan Meksiko berhasil menyabet mahkota Miss Universe 2020. (Rodrigo Varela / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Andrea Meza dianugerahi mahkota Miss Universe 2020 di malam puncak yang digelar di Seminole Hard Rock Hotel and Casino di Hollywood, Florida di Amerika Serikat pada 16 Mei 2021. Andrea mengungguli kontestan lain di Top 5, yakni Runner-Up keempat Dominika Kimberly Jimenez (Republik Dominika), Runner-Up ketiga Adline Castelino (India), Runner-Up kedua Janick Maceta (Peru), Runner-Up pertama Julia Gama (Brazil).

Miss Universe ke-69 sebelumnya ditunda karena pandemi Covid-19. Dilansir dari Metro, Senin, 13 Desember 2021, karena itu, masa tugas Andrea sebagai Miss Universe selama tujuh bulan menjadi yang tersingkat dalam sejarah Miss Universe.

Meski begitu, ia tetap menjalankan perannya dengan penuh semangat untuk beragam kegiatan. Andrea bekerja amal dan bepergian ke Amerika Serikat, Puerto Riko, Afrika Selatan, Bahama, hingga Israel.

Agenda awalnya setelah menyandang gelar ratu kecantikan sejagat adalah menerima vaksin Covid-19. Dilansir dari Insider, 28 Mei 2021, Andrea menerima dosis pertama vaksin Pfizer di CVS di Manhattan, Rabu, 26 Mei 2021. Ia mengenakan gaun merah muda, memakai masker, dan selempang Miss Universe.

Infografis Tren Perawatan di Klinik Kecantikan Tahun 2022
Perbesar
Infografis Tren Perawatan di Klinik Kecantikan Tahun 2022. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya