Semarak HUT ke-77 RI, Jelajah Serunya Indonesia Live Streaming di 77 Destinasi

Oleh Putu Elmira pada 05 Agu 2022, 09:31 WIB
Diperbarui 05 Agu 2022, 09:31 WIB
Sambut HUT ke-77 RI, Jelajah Serunya Indonesia Live Streaming di 77 Destinasi
Perbesar
Dalam rangka menyambut HUT ke-77 RI, Jelajah Serunya Indonesia akan menyuguhkan live streaming di 77 destinasi di 17 kota di Indonesia selama 77 jam. (Tangkapan Layar Zoom)

Liputan6.com, Jakarta - Semangat perayaan HUT ke-77 RI sudah mulai terasa ketika memasuki Agustus. Beragam agenda siap dihadirkan guna menyemarakkan Hari Kemerdekaan, termasuk Jelajah Serunya Indonesia.

Program ini adalah inisiasi dari TikTok yang bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan tiket.com. Plh. Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf/Barekraf Firnandi Gufron menyampaikan bahwa agenda perjalanan ini sebagai langkah luar biasa yang menerapkan prinsip adaptasi, inovasi, dan kolaboraksi.

"Program yang akan mengekspos keindahan berbagai destinasi di Indonesia dan mengetalasekan di salah satu platform digital dengan pengguna terbanyak merupakan wujud nyata dari digitalisasi yang akan membangkitkan minat masyarakat untuk berwisata, mengenal keunikan budaya bangsa, dan menggerakkan perekonomian, terutama UMKM," kata Firnandi dalam peluncuran daring program "Jelajah #SerunyaIndonesia", Kamis, 4 Agustus 2022.

Firnandi menambahkan, pihaknya selaku pemerintah menyambut suka cita inisiasi kolaborasi ini. Dampak positif yang dihasilkan diharapkan dapat berkontribusi dalam pemulihan sektor pariwisata yang sempat redup di masa Covid-19.

"Kampanye Jelajah Serunya Indonesia yang akan bersama kita gaungkan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia tidak hanya akan meningkatkan minat masyarakat, terutama generasi muda untuk jalan-jalan di Indonesia Aja namun juga rasa nasionalisme serta rasa kebanggaan akan indahnya Tanah Air dan cantiknya ragam budaya bangsa," tambahnya mengenai program perjalanan ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Live Streaming dari 77 Destinasi Selama 77 Jam

Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok.
Perbesar
Ilustrasi TikTok, Aplikasi TikTok. Kredit: antonbe via Pixabay

Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia Agung Pamungkas mengungkapkan bahwa Jelajah Serunya Indonesia adalah program hyperlocal TikTok Indonesia selama Agustus dalam rangka menyambut HUT ke-77 RI. Melalui program ini, pihaknya mendukung juga mempromosikan pariwisata yang terdampak pandemi selama dua tahun terakhir.

"Dalam program Serunya Indonesia akan ada berbagai macam rangkaian aktivitas. Pertama, program Jelajah Serunya Indonesia, program ini adalah live streaming kreator TikTok akan mengunjung 77 destinasi yang ada di 17 kota di seluruh Indonesia dan akan live streaming selama 77 jam," kata Agung.

Agenda lainnya yang akan diselenggarakan adalah Maju Bareng TikTok, yakni program pemberdayaan UMKM yang akan dilaksanakan secara daring dan luring untuk training UMKM di seluruh Indonesia. Dikatakan Agung, setelah semua rangkaian acara ini selesai, akan ada pula Festival Serunya Indonesia, yakni perayaan persatuan Indonesia di tengah keragaman budaya Indonesia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Eksplorasi

Kapal Motor di Danau Toba
Perbesar
Kapal Motor di Danau Toba (RezaEfendi/Liputan6.com)

"Kita ingin mengajak empat kreator TikTok untuk sama-sama live streaming di 77 destinasi yang tersebar di 17 kota di seluruh Indonesia," ungkap Agung.

Para kreator akan menjelajah Nusantara memperkenalkan destinasi-destinasi wisata, hidden gems, budaya, hingga kuliner khas wilayah setempat. Rute jelajah ini mulai dari Aceh, Meda, Padang, Yogyakarta, Malang, Banyuwangi, Bali, Lombok, Pontianak, Samarinda, Makassar, Manado, Ternate, Ambon, Jayapura, hingga Merauke.

Agung menjelaskan format live streaming dipilih karena dapat mendukung interaksi langsung dengan host, followers, atau siapa saja yang menyaksikannya. Live streaming di program ini juga akan berlangsung secara simultan dari seluruh destinasi, tempat kreator berada.

"Program ini juga sebagai bentuk dukungan kami terhadap program pemerintah untuk bisa mempromosikan lima destinasi super prioritas yang sudah ditetapkan," tutur Agung. Adapun kelima destinasi super prioritas meliputi Danau Toba (Sumatera Utara), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Likupang (Sulawesi Utara), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), dan Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur).


4 Kreator

Sambut HUT ke-77 RI, Jelajah Serunya Indonesia Live Streaming di 77 Destinasi
Perbesar
Dalam rangka menyambut HUT ke-77 RI, Jelajah Serunya Indonesia akan menyuguhkan live streaming di 77 destinasi di 17 kota di Indonesia selama 77 jam. (Tangkapan Layar Zoom)

Jelajah Serunya Indonesia akan dibagi menjadi empat grup jelajah dan melibatkan empat kreator Canny Claudia, Firly Adhyatma Rusli, Melani Amelia dan Nanda Setya Pratama Juanda. Masing-masing grup akan menjelajah selama 10 hari.

Grup pertama akan memulai penjelajahan di kota Aceh dan berakhir di Pontianak, grup kedua dimulai dari Samarinda dan berakhir di Yogyakarta, grup ketiga dari Manado dan berakhir di Ambon, sementara grup keempat akan memulai jelajah dari Merauke dan berakhir di Bali. Setelah 10 hari penjelajahan berakhir, keempat grup akan kembali berkumpul merayakan Festival Serunya Indonesia di Jakarta.

Public Relations Senior Manager tiket.com Sandra Darmosumarto menjelaskan platform digital adalah platform komunikasi yang paling dekat dengan masyarakat saat ini. Pihaknya pun gencar berkampanye melalui platform digital.

"Kami sangat mengapresiasi kiprah kreator di platform digital, termasuk TikTok, ranah kreatif mereka dalam menyampaikan pesan kepada audiens memiliki pengaruh yang besar," kata Sandra.

Ia sangat percaya para kreator mengenalkan destinasi wisata Indonesia melalui Jelajah Serunya Indonesia atau menginspirasi masyarakat untuk berkunjung ke spot-spot tersebut. Pihaknya juga mendorong pertumbuhan dan pemulihan industri pariwisata Indonesia.

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan
Perbesar
Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya