Sukses

Turis Sepi Saat Jepang Buka Pintu untuk Wisata, Ada Apa?

Pintu wisata telah dibuka di Jepang, namun ternyata turis sepi minat untuk melancong ke Negeri Sakura.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam hal yang terjadi sepanjang musim panas 2022 dalam industri perjalanan dan wisata. Ini ditandai dengan kecelakaan perjalanan, kepadatan di destinasi utama dan bandara, hingga gelombang panas yang mengancam jiwa.

Dikutip dari CNN, Senin (1/8/2022), di Asia, telah banyak negara yang membuka pintu mereka secara perlahan untuk turis asing. Namun, jumlah pelancong begitu lambat menuju peningkatan dan hal tersebut sangat mencolok terjadi di Jepang.

Negeri Sakura telah membuka pintu wisatanya pada Juni 2022 lalu, bertepatan pada waktu puncak musim liburan. Antara 10 Juni dan 10 Juli, negara itu menyambut sekitar 1.500 turis, menurut data dari Badan Layanan Imigrasi Jepang.

Jumlah tersebut turun 95 persen dari periode yang sama pada 2019, sebelum pandemi. Mengapa para turis begitu lambat untuk kembali ke tempat yang secara historis menjadi destinasi populer?

Meski Jepang sudah membuka pintu, negara tersebut saat ini hanya mengizinkan wisatawan liburan untuk datang dalam kelompok yang terorganisir daripada sebagai individu. Bagi banyak orang di Barat yang lebih menyukai spontanitas dan tidak ingin mengikuti rencana perjalanan yang ketat, masalah itu adalah faktor yang menghentikan seseorang bertindak.

"Kami tidak perlu dijaga," kata Melissa Musiker, seorang profesional hubungan masyarakat yang berbasis di New York dan sering bepergian ke Jepang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ganti Destinasi

Ia dan suaminya telah ke Tokyo "sekitar enam kali." Pasangan itu telah berencana untuk mengunjungi lagi pada 2022 ketika mereka mendengar perbatasan dibuka kembali, tetapi frustrasi oleh pembatasan dan menyerah. Sebaliknya, mereka memilih tujuan baru dan pergi ke Korea Selatan untuk liburan mereka.

"Kami tidak ingin dikarantina. Itu adalah faktor yang sangat besar," kata Musiker. "Kami hanya ingin pergi dan berkeliling dan berbelanja dan makan sushi yang mahal."

Preferensi untuk kunjungan kota daripada liburan pantai memberi keuntungan bagi Seoul, seperti halnya kecanduannya pada K-drama sejak pandemi. Kebijakan Jepang yang tidak sepenuhnya terbuka tidak hanya berlaku untuk visa.

Jepang masih memiliki aturan masker di banyak daerah, tur kelompok bisa bertarif mahal, dan Jepang memerlukan karantina pada saat kedatangan, yang membuatnya menjadi penjualan yang lebih sulit. Katie Tam adalah salah satu pendiri Arry, platform berlangganan khusus anggota yang membantu pengunjung ke Jepang mencetak reservasi di beberapa restoran paling laris di Tokyo, seperti Sukiyabashi Jiro dan daftar Restoran Terbaik Asia baru-baru ini, Den.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Penurunan

Sebelum pandemi, banyak pengguna Arry adalah turis Asia --yang tinggal di Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, atau Singapura-- yang mengunjungi Jepang beberapa kali dalam setahun atau sekadar mampir untuk menikmati akhir pekan panjang yang spontan. Namun sejak 2020, perusahaan tersebut harus hiatus.

"Kami tidak tahu bahwa itu akan memakan waktu begitu lama. Ini pasti sulit," katanya.

Beberapa anggota yang mulai menghubungi kembali Arry untuk memesan, kata Tam, adalah orang-orang yang telah berhasil mendapatkan visa perjalanan bisnis ke Jepang. Kini, ini adalah satu-satunya cara bagi non-warga negara untuk masuk ke negara itu sebagai pengunjung tunggal, dan beberapa memanfaatkan kurangnya keramaian untuk mendapatkan tempat di restoran yang belum pernah mereka pesan sebelumnya.

Terlepas dari tantangannya, banyak tempat makan terbaik di Jepang yang baik-baik saja di tengah pandemi. "Banyak restoran tempat kami bekerja memiliki basis lokal yang kuat untuk klien," kata Tam.

Sisi baiknya, itu berarti tempat-tempat populer ini akan tetap beroperasi setiap kali turis asing bisa datang. Menurut Immigration Services Agency, dua pasar terbesar pariwisata Jepang saat ini adalah Thailand dan Korea Selatan.

Tapi "terbesar" di sini relatif, sekitar 400 orang dari setiap negara telah mengunjungi Jepang sejak Juni. Hanya 150 orang yang berasal dari Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

Pasar Pariwisata

Pada 2019, pasar pariwisata tunggal terbesar Jepang adalah negara tetangga China, dengan 9,25 juta kunjungan warga China. Namun kini, China pada dasarnya tetap tertutup dari seluruh dunia. Negeri Tirai Bambu masih memiliki protokol karantina yang ketat untuk warga negara dan orang asing, membuat pariwisata terhenti.

Jepang bukan satu-satunya negara yang terdampak signifikan dari kurangnya wisatawan China. Destinasi populer bagi turis China, seperti Australia, Thailand, Singapura, dan Korea Selatan, semuanya kehilangan pendapatan karena satu miliar plus calon pelancong tetap tinggal di rumah.

Hiroyuki Ami, kepala hubungan masyarakat di Tokyo Skytree, menyebut bahwa perlu waktu hingga 27 Juni untuk rombongan tur internasional pertama tiba di dek observasi. Rombongan yang dimaksud terdiri dari tamu dari Hong Kong. Kota pusat keuangan ini memiliki batasan ketat termasuk karantina hotel wajib untuk penduduk yang kembali, tetapi masih lebih mudah bagi wisatawan untuk bepergian dari sana daripada dari daratan China.

"Sebelum Covid, Ami mengatakan, "jumlah terbesar (pengunjung asing) berasal dari China, tetapi saya belum melihat mereka baru-baru ini."

Ia mengonfirmasi bahwa sebagian besar pengunjung Skytree dalam enam minggu terakhir adalah orang Jepang lokal pada liburan musim panas mereka. "Hanya karena penerimaan wisatawan telah kembali, tidak berarti kami telah mendapatkan banyak pelanggan dari luar negeri," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.