Sukses

Berlian Pink 170 Karat Ditemukan di Angola, Disebut Terbesar Sepanjang 300 Tahun Terakhir

Berlian pink 170 karat bernama "Lulo Rose" ditemukan di tambang berlian Lulo di wilayah Lunda Norte di Angola, Afrika.

Liputan6.com, Jakarta - Berlian pink 170 karat ditemukan di Angola, Afrika Tengah. Berlian ini disebut-sebut batu permata terbesar yang ditemukan dalam 300 tahun, menurut penambang Australia Lucapa Diamond Company.

Dikutip dari CNN, Jumat (29/7/2022), berlian pink tersebut dijuluki "Lulo Rose". Ini ditemukan di tambang berlian Lulo di wilayah Lunda Norte, Angola, demikian kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan pada Rabu, 27 Juli 2022, dengan mitranya penambang berlian milik negara Endiama dan Rosas & Petalas, sebuah perusahaan swasta Angola.

Tambang Angola termasuk di antara 10 besar produsen berlian dunia, menurut Gemological Institute of America, yang meneliti produksi berlian. Dalam penambangan intan aluvial, batu permata ini ditemukan dari kerikil dan pasir yang ditemukan di dasar sungai.

Hanya satu dari 10.000 berlian yang ditemukan berwarna, menurut Stephen Wetherall, direktur pelaksana Lucapa Diamond Company. "Dan hanya satu dari setiap 100 berlian yang ukurannya lebih besar dari 10,8 karat, jadi memulihkan berlian merah muda 170 karat berarti kita berurusan dengan artikel yang sangat langka," kata Wetherall kepada CNN.

"Kami telah menemukan berlian pink sebelumnya, tetapi menemukan satu ukuran ini sangat langka," katanya.

Batu permata pink itu diperkirakan akan dilelang oleh perusahaan pemasaran berlian negara bagian Angola, Sodiam. Wetherall menolak memperkirakan nilainya karena berlian itu masih diperiksa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Berlian Harga Fantastis

Pemerintah Angola juga memuji pemulihan "bersejarah" permata itu. "Rekor dan berlian merah muda spektakuler yang ditemukan dari Lulo terus menunjukkan Angola sebagai pemain penting di panggung dunia untuk penambangan berlian dan menunjukkan potensi dan penghargaan atas komitmen dan investasi dalam industri pertambangan berlian kami yang sedang berkembang," kata Diamantino Azevedo, Menteri Sumber daya mineral, minyak dan gas Angola.

Berlian berwarna ukuran besar telah mencapai rekor harga tertinggi di lelang dalam beberapa tahun terakhir. Pada April 2022, berlian "The De Beers' Cullinan Blue" 15,10 karat terjual seharga 57,5 juta atau setara Rp854 miliar di lelang Sotheby's di Hong Kong.

Lelang itu nyaris mengalahkan rekor yang dibuat oleh berlian "Oppenheimer Blue" 14,62 karat. Berlian ini dijual hanya sedikit dari tambahan 70.000 ribu dolar AS, ketika dijual pada 2016.

Berlian terbesar Angola, dijuluki "4th February Stone," ditemukan dari tambang Lulo pada Februari 2016, menurut Lucapa. Batu permata 404,2 karat dijual seharga 16 juta dolar AS atau setara Rp237 miliar.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Berlian Harga Rp946 Miliar

Perusahaan perhiasan berbasis di Hong Kong Chow Tai Fook membeli berlian pink seberat 59,6 karat senilai 71 juta dolar AS atau sekitar Rp 946,21 miliar (kurs rupiah 13.327 per dolar Amerika Serikat). Chow Tai Fook memenangkan lelang dari penawaran tiga pihaknya melalui telepon selama lima menit.

Penjualan itu termasuk rekor dunia lelang tertinggi untuk batu perhiasan mana pun. Demikian mengutip laman Bloomberg, Kamis, 5 April 2017.

Sebelumnya, berlian bernama Pink Star ini pernah ditawarkan sekitar US$ 83 juta atau sekitar Rp 1,10 triliun pada 2013. Angka itu lebih rendah 12 juta dolar AS dari penawaran sekarang. Namun, pihak pembeli tidak pernah membayar lelang tersebut sehingga pihak lelang Sotheby kembali mengambil berlian tersebut.

Chow Tai Fook didirikan pada 1929, dan termasuk perusahaan perhiasan terbesar di dunia yang beroperasi lebih dari 2.000 toko di seluruh dunia. Berlian Pink Star diperkirakan senilai lebih dari 60 juta dolar AS. Menurut the Gemological Institute of America, berlian pink itu termasuk terbesar di dunia.

Berlian memiliki warna merah muda ini mendapatkan warna tersebut melalui proses yang disebut deformasi plastik. Proses ini ketika ada perubahan tekanan membuat anomali struktural dalam kristal.

 
4 dari 4 halaman

Berlian 102,39 karat

Berlian langka sempurna dengan berat 102,39 karat telah dilelang di Sotheby's Hong Kong pada Senin, 5 Oktober 2020. Batu berharga seukuran telur itu diklasifikasikan sebagai warna D, nilai tertinggi untuk berlian putih.

Dikutip dari South China Morning Post, Rabu, 7 Oktober 2020, rumah lelang tersebut belum memberi 'harga cadangan' untuk berlian tersebut. Namun, harganya diperkirakan berkisar antara 12--30 juta dolar Amerika (Rp177 miliar--Rp442 miliar).

"Pembeli berlian ini mendapat harga murah," kata Tobias Kormind selaku direktur pengelola perhiasan daring, 77 Diamonds. Selama pandemi COVID-19, para investor kelas atas tercatat menyimpan aset berupa berlian, properti, dan emas sebagai tabungan jaminan ekonomi yang aman.

Ada tujuh berlian putih berukuran lebih besar, yakni 100 karat dengan kualitas serupa, yang sudah dilelang lebih dulu. Batu berharga nan langka itu terjual tanpa ada opsi harga lain. Pihak pelelang menawarkan berlian dengan harga tinggi dan tak ada penawaran lain dalam lelang saat itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.