Sukses

Gaya Iriana Dampingi Jokowi Lawatan ke 3 Negara Asia, Disambut Dita Karang di Korea Selatan

Selama menemani Jokowi kunjungan ke China, Jepang, dan Korea Selatan, Iriana juga memakai sepatu hak tinggi favoritnya dari Chanel seharga belasan juta rupiah.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Negara, Iriana Jokowi, terlihat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama kunjungan ke tiga negara Asia: China, Jepang, dan sekarang rombongan sedang berada di Korea Selatan. Tiba di Seoul, mereka disambut figur Dita Karang, yang kini tinggal di sana karena aktif sebagai personel grup idola wanita, Secret Number.

Selama waktu ini, Iriana telah memperlihatkan berbagai tampilan dengan sentuhan wastra Indonesia. Berawal sejak saat mendarat Tiongkok, yang diunggah di akun Instagram resmi Jokowi, baru-baru ini, ibu tiga anak ini memakai gaun batik bermotif parang dengan dominasi warna putih, dilengkapi selendang berwarna pastel, dan rok yang jatuh tidak sampai di mata kakinya.

Padanan itu dilengkapi dengan hijab putih. Kalung panjang dan tas tangan berwarna gelap dipilih Iriana sebagai pelengkap penampilan. Di salah satu unggahan akun Instagram Jokowi, tertulis keterangan, "Tiba di Beijing menjelang pukul sepuluh malam waktu setempat, saya dan Ibu Negara langsung menuju Diaoyutai State Guesthouse, tempat kami menginap."

Selanjutnya, Iriana tampak memakai atasan brokat berpadu kain songket dan selendang berwarna krem senada. Ia masih memakai hijab putih, tas tangan berwarna gelap, serta akesori berupa gelang dan kalung. Ini dipakainya saat minum teh dan menonton penampilan musik butet bersama istri Xi Jinping, Madam Peng Liyuan, juga ketika meninggalkan Tiongkok untuk bertolak ke Tokyo, Jepang.

Busana ini otomatis juga tampak saat rombongan Jokowi mendarat di ibu kota Negara Sakura. Salah satu agenda kunjungan, Jokowi dan Iriana bertamu ke kediaman Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako, di Istana Kekaisaran Jepang, Tokyo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beda Gaya Iriana dan Putri Masako

Momen pertemuan mereka diabadikan dalam sebuah foto yang diunggah ke akun Instagram Jokowi. Tampak di sana, Presiden Jokowi dan Kaisar Jepang Naruhito kompak memakai setelan jas hitam, hanya warna dasi mereka saja yang berbeda.

Sementara itu, penampilan berbeda diperlihatkan Iriana dan Putri Masako. Kendati palet warna busananya cukup netral, Iriana menambah statement penampilan dengan aksen berkilau di sana sini, dari pilihan atasan sampai akesori. Ia pun memakai kain batik sebagai pelengkap gaya.

Di sisi lain, Putri Masako tampak polos dengan kimono tradisional beraksen motif bunga dengan padanan warna lembut. Rambutnya digelung rapi untuk tampil selaras dengan keseluruhan look.

Hingga akhirnya pada Rabu malam, 27 Juli 2022, rombongan tiba di Seoul, Korea Selatan, dengan Iriana memakai busana yang diperlihatkan dalam foto kunjungan ke kediaman keluarga Kerajaan Jepang. Penampilannuya kontras dengan kebaya merah yang dipakai Dita Karang.

"Sugeng rawuh (selamat datang dalam bahasa Jawa), sugeng rawuh. Selamat datang di Korea Selatan," Dita mengatakan seraya menyerahkan buket bunga pada Ibu Negara.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tampilan Sederhana Dita Karang

Menyambut rombongan presiden, Dita Karang tampil berkebaya merah dengan tatanan rambut bun yang tidak terlalu resmi, namun tetap rapi. Selama kunjungan, dari China sampai tiba di Korea Selatan, Jokowi dan Iriana juga selalu memakai masker.

Selain, khusus untuk Iriana, ia menambah gaya dengan memakai mules heels rilisan rumah mode mewah Prancis, Chanel. Ini sepertinya jadi item fashion favoritnya untuk dipakai ke acara-acara resmi, sebagaimana terlihat dari momen-momen sebelumnya.

Salah satunya, alas kaki tersebut telah terlihat di perayaan HUT Kemerdekaan RI dari tahun ke tahun. Tercatat bahwa sepatu hak tinggi ini telah dipakai Iriana dalam tiga tahun berturut-turut gelaran Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, yakni pada 2019, 2020, dan 2021.

Series Chanel Runway Black Leather Slides Mules Heels Shoes Pearl ini, melansir 5inchandup, pertama kali dirilis di Chanel Metiers d'Art 2015/16 Runway, Desember 2015. Kehadirannya segera jadi buah bibir karena, menurut mendiang desainer Karl Lagerfeld, ini adalah "sepatu mules pertama yang layak untuk rumah mode."

4 dari 4 halaman

Berapa Harganya?

Heels yang sudah berkali-kali dipakai Iriana ini dideskripsikan cukup berbeda dengan DNA desain alas kaki lain dari Chanel. Kendati, ia dihias dengan aksen khas seperti mutiara. Sepatu berujung hitam diperkenalkan Chanel berdekade lalu dan telah jadi ciri khas mereka sejak saat itu.

Soal harga, sepatu yang dikenakan Iriana Jokowi ini dibanderol 1,1 ribu dolar Amerika Serikat (sekitar Rp15,8 juta), menurut laman Tradesy. Warna sepatu tersebut tampak kontras dengan pilihan busana berpalet netral yang dikenakannya.

Desainnya yang simpel kiranya telah memudahkan Iriana memakainya dengan ragam padu padan busana. Pada peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun lalu, Ibu Negara memilih busana nasional berpadan kain songket untuk dipadukan dengan alas kaki tersebut.

Sementara pada 2020, alas kaki itu dipadukan Iriana dengan busana berwarna kalem. Kala itu, ia memakai atasan tunik sederhana yang seleras dengan bawahan dan selendang yang dipakai sebagai hijab. Di sisi lain, Jokowi melanjutkan tradisi memakai baju adat dalam peringatan tersebut, yakni pakaian adat Lampung untuk 2021 dan baju adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) di tahun 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.