Flaneur Patisserie Sajikan Tartlet hingga Chiffon Cake Lembut untuk Food Lovers Magelang

Oleh Gilar Ramdhani pada 15 Agu 2022, 11:02 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 13:05 WIB
Flaneur Patisserie Sajikan Tartlet hingga Chiffon Cake Lembut untuk Food Lovers Magelang
Perbesar
Flaneur Patisserie.

Liputan6.com, Jakarta Sajian manis seperti cake dan pastry selalu bisa membuat hati bahagia dan menambah semangat. Citarasa manis ditambah teksturnya yang sangat lembut benar-benar bisa memanjakan lidah orang Indonesia. Gak heran jadi teman baik menemani waktu santai hingga menjadi hidangan penutup favorit.

Bicara seputar cake, ada kabar gembira untuk food lovers di Magelang. Sekarang kamu bisa menikmati sejumlah sajian cake seperti Tartlet dan Chiffon yang lembuh dan enak dengan harga yang tentu lebih terjangkau. Salah satunya dari Flaneur Patisserie, brand kuliner yang dirintis oleh Patricia Vellana Antoinetta sejak Maret 2022 lalu.

Meskipun tergolong baru, sajian manis dan lezat Flaneur Patisserie dibuat dari tangan seorang ahli. Bukan otodidak atau baru coba-coba membuat kue.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Awal Mula Usaha Flaneur Patisserie

Flaneur Patisserie
Perbesar
Flaneur Patisserie

Berbekal ilmu dari sekolah kuliner dan pengalaman magang di hotel berbintang 5, mendorong seorang Patricia Vellana Antoinetta untuk memulai usaha pastry yang dinamakan Flaneur Patisserie.

"Sejak dulu saya memang ingin mempunyai usaha sendiri dalam bidang kuliner. Karena sejak SMP saya suka memasak. Setelah lulus SMA, saya sekolah di Bali Culinary Pastry School. Setelahnya magang di 2 hotel bintang 5 yaitu Pullman Jakarta Central Park dan The Apurva Kempinski Bali. Setelah lulus saya putuskan membuka usaha Flaneur Patisserie," cerita Patricia kepada ManisdanSedap.com

Adapun inspirasi nama usaha diambil dari sebuah konsep yang sangat Prancis yakni Flâner, keluyuran tanpa tujuan di seputar kota. 

"Saya memutuskan menggunakan nama Flaneur karena saya merasa bahwa Flaneur adalah bagian dari diri saya. Saya suka berkelana atau jalan-jalan tanpa tujuan untuk mencari inspirasi. Sehingga ini menjadi dasar bagi saya untuk membuat suatu karya/produk," cerita Patricia.


Menu-Menu Favorit Flaneur Patisserie

Flaneur Patisserie
Perbesar
Flaneur Patisserie

Flaneur Patisserie menghadirkan berbagai menu manis yang lezat. Mulai dari Tiramisu Lotus Cheese Cake, Choux Au Craquelin, dan  Chiffon. Lalu ada Mini Cakes, seperti Magnum Cake, Black Forest Cake, Tart, Sandwich Brownies sampai Birthday Custom Cake. Untuk Choux Au Craquelin tersedia dalam varian Choco Nut, Matcha Kiwi dan Vanilla. 

"Yang menjadi andalan saat ini adalah menu Tartlet. Karena bisa dibilang menu ini cukup unik dan belum ada di Magelang. Sehingga cukup banyak menarik perhatian masyarakat," kata Patricia. Untuk Tartlet per box-nya bisa isi 3, 6, dan 9.

Sebagai informasi, Tart & Tartlett masuk dalam kategori shortcrust pastry dan memiliki komponen dasar berupa shell/crust, filling atau isian, dan topping. Perbedaan Tart dan Tartlet adalah dari segi ukurannya. Umumnya Tart berukuran besar dan dapat dipotong untuk dinikmati oleh beberapa orang. 

Sedangkan Tartlet merupakan Tart yang berukuran porsian (8cm-10cm). Selain itu, ada mini Tartlet yang berukuran lebih kecil lagi (4cm-5cm) yang sering kali menjadi sajian petit fours, cocktail party, desserts table, dan sebagainya.

Selain sistem pre order, Patricia setiap hari juga membuat kue yang siap antar. Seperti Mini Cakes, Tiramisu Cup dan Lotus Cheese Cake. Konsumen bisa menanyakan menu-menu yang ready.

"Saya juga bikin yang ready dan menunya bisa berubah-ubah. Minimal order enggak ada, tapi untuk pemesanan biasanya H-2," kata Patricia. 


Patricia Ingin Buka Store dan Kursus Pastry

Flaneur Patisserie
Perbesar
Flaneur Patisserie

Dalam mengembangkan bisnis Flaneur Patisserie, Patricia tak luput dari sejumlah tantangan. Mulai dari tempat untuk usaha, promosi, mencari supplier yang baik dan terpercaya, sampai urusan delivery yang jadi sorotan. Meski begitu, Patricia tidak kenal menyerah demi mewujudkan mimpinya memiliki offline store dan membuka kursus pastry.

“Harapan saya kedepannya adalah Flaneur menjadi besar dan dikenal banyak orang sehingga saya bisa membuka cake shop atau cafe (offline store) dan juga saya ingin bisa membuka kursus bagi masyarakat yg ingin belajar tentang pastry,” harapnya.

Untuk urusan promosi, Patricia memanfaatkan media sosial dan platform digital seperti ManisdanSedap.com yang merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse). 

Mendukung impian para seller kuliner, ManisdanSedap.com hadir sebagai ‘etalase’ yang memajang jualan mereka. Lengkap dengan fitur yang menghubungkan pembeli dengan penjual, memudahkan pembeli untuk berinteraksi langsung dan bertransaksi terpisah dari platform.

Selain itu, ManisdanSedap.com juga membantu siapa saja untuk menemukan dan memesan beragam menu pre-order dari seluruh Nusantara dalam sekejap. Jadi, bila kamu memiliki usaha kuliner bisa bergabung dengan ManisdanSedap.com untuk memperluas pasar dan media promosi. Yuk, gabung sekarang dan juga lakukan pre order makanan favoritmu.Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya