Sukses

Mengapa Pakaian dan Aksesori Berlogo NASA Digemari?

Tak sedikit orang yang mengenakan outfit dengan logo NASA ada di ransel, t-shirt, sepatu kets, topi, kaus, tas jinjing, dan jaket.

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang yang menyukai pakaian hingga aksesori berlogo NASA dan mengenakannya dalam berbagai kesempatan. Outfit yang dipakai tersebut, mulai dari ransel, t-shirt, sepatu kets, topi, kaus, tas telepon, tas jinjing, dan jaket.

Lantas, apa yang membuat pakaian sampai aksesori dengan logo NASA itu begitu digemari? Dikutip dari CNN, Minggu, 24 Juli 2022, ada beberapa potongan tren mengenai fenomena dalam beberapa tahun terakhir.

Penghubung multimedia NASA, Bert Ulrich -yang mengawasi penggunaan logo NASA di film, TV, dan pakaian- menegaskan permintaan untuk pakaian bermerek NASA masih jauh dari mereda. Setidaknya ini berdasarkan jumlah kesepakatan logo yang telah dia setujui.

Ia telah menjalankan perannya selama lebih dari dua dekade, jadi ia memantau pasang surut tren. Beberapa ledakan penjualan terbaru dapat ditelusuri kembali, yakni rumah mode mewah Amerika Coach, yang memulai debutnya lini pakaian bermerek NASA pada 2017, demikian kata Ulrich kepada CNN Business.

Coach awalnya mendekati NASA untuk menanyakan apakah mereka dapat menggunakan logo "worm", desain retro yang digunakan badan antariksa tersebut dari 1975 hingga 1992. NASA. Penggunaan worm telah dilarang sejak dipensiunkan pada era 90-an, tetapi NASA kemudian mengubah pendapatnya tentang masalah ini, dan mengizinkan Coach untuk menggunakan logo tersebut, kata Ulrich.

Sejak itu, logo tersebut kembali digunakan secara resmi. Hal tersebut turut memperkuat dan memperluas kekaguman publik, setidaknya di antara penggemar luar angkasa yang fanatik.

Setelah lini pakaian Coach merilisnya, segalanya meledak. "Sebelum 2017, kami melakukan lima atau 10 (persetujuan logo) seminggu. Sekarang sampai pada titik kami keluar rata-rata 225 seminggu," kata Ulrich.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyak Permintaan

Tahun lalu, ada "lebih dari 11.000 permintaan," katanya dan ini menjadi yang tertinggi sepanjang masa. Tidak semua permintaan itu disetujui, tambah Ulrich.

Tetapi alasan mengapa ada begitu banyak minat untuk menempelkan logo NASA pada segala hal mulai dari sepatu kets Vans hingga topi pengemudi truk mungkin ada hubungannya dengan fakta bahwa perusahaan-perusahaan ini tidak harus melisensikan logo tersebut. Semuanya gratis, dan NASA tidak menghasilkan sepeser pun darinya.

Biasanya bukan cara kerja kesepakatan lisensi, tetapi, karena NASA adalah lembaga pemerintah, sebagian besar asetnya, termasuk foto, logo, dan bahkan desain teknologi, berada dalam domain publik. Jika sebuah perusahaan ingin mencetak logo NASA di t-shirt atau cangkir kopi, mereka hanya perlu mengirim email ke departemen merchandising NASA, sesuai dengan persyaratan hukum. Biasanya, itu mendarat di kotak masuk Ulrich.

Tugas Ulrich hanya untuk memastikan bahwa logo digunakan dengan cara yang konsisten dengan pedoman estetika yang disetujui badan antariksa. Tidak menggunakan warna yang tidak disetujui, misalnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pengawasan NASA

Tentu saja, NASA ingin memastikan mereknya tidak digunakan untuk tujuan yang tidak diinginkan, seperti dengan cara yang menunjukkan bahwa NASA mendukung sebuah perusahaan atau produk. Jika sebuah perusahaan menyalahgunakan logo tersebut, kantor hukum NASA akan segera mengirimkan surat penghentian, kata Ulrich.

Setelah Coach merilis lini pakaian NASA, desainer kelas atas termasuk Heron Preston dan, baru-baru ini, Balenciaga, merilis lini mereka sendiri. Penyanyi pop Ariana Grande memiliki lagu dan seluruh lini merchandising tentang NASA.

Ada juga Adidas, Swatch, Vans, dan lainnya yang tak terhitung jumlahnya dalam dekade terakhir. Kemungkinan ini untuk menjelaskan fenomena melalui apa yang disebut "efek Miranda Preistly." Ingat adegan di "The Devil Wears Prada" pada 2006 di mana Priestly, karakter Meryl Streep, secara verbal mendandani anak magangnya yang masih muda dan tidak pandai mode?

Ia menjelaskan bahwa sweater biru yang dia kenakan sebenarnya "berwarna biru langit,". Pada dasarnya, menurut Priestly, desainer dan media mode membuat tren, dan bahkan konsumen yang paling tidak tertarik dengan mode pun terpengaruh oleh keputusan tersebut.

Tapi itu hanya setengah dari cerita, menurut Jahn Hall, direktur kreatif Konsorsium agensi desain yang berbasis di Brooklyn, yang mengerjakan desain dan gaya set untuk berbagai merek.

"Anda mulai dengan anak-anak di kota-kota seperti New York membeli seperti, produk Disney lama atau kaus lama NASA, dan kemudian tiba-tiba beberapa seperti 'pemburu keren' di industri mode, seperti di Urban Outfitters, melihatnya dan tiba-tiba berkata, 'Kami harus mengubah beberapa t-shirt bermerek NASA,'" kata Hall. "Ini semacam rekayasa terbalik dari tren."

4 dari 4 halaman

Diminati

Mungkin hanya setelah "anak-anak keren" mulai mengenakan kaus oblong NASA di jalanan, merek-merek desainer mengambilnya dan menjualnya kembali kepada mereka. Hall mengatakan, dalam pikirannya, mengenakan logo NASA jauh lebih banyak tentang mengacungkan apa yang diwakili oleh logo itu daripada menyatakan cinta seseorang terhadap luar angkasa.

Ini mewakili "optimisme klasik Amerika bahwa kita bisa melakukan apa saja," katanya. Ini tidak berafiliasi secara politik, tambahnya, dan dapat dipasarkan kepada kaum muda liberal dan konservatif pedesaan, menghidupkan nostalgia yang sama.

"Orang-orang yang bekerja untuk merek seperti Heron Preston dan Balenciaga terpikat oleh fantasi perjalanan ruang angkasa seperti orang lain. Tidak ada yang kebal dari tingkat nostalgia itu, jadi masuk akal jika merek-merek ini ingin memasukkannya ke dalam koleksi mereka sendiri, " katanya.

Itu terjadi dengan logo dan waralaba lain, katanya, seperti Balenciaga yang mengerjakan proyek dengan "The Simpsons" atau Coach dengan Mickey Mouse. "Simbol abadi ini berbicara kepada semua orang, terlepas dari status sosial ekonomi. Tidak semua orang dapat terhubung dengan Heron Preston atau Target, tetapi semua orang mendapatkan merek Americana modern seperti NASA, Disney, Peanuts, dan The Simpsons," katanya. "Hal-hal seperti NASA bertindak seperti equalizer ajaib ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.