Sukses

6 Detail Pernikahan Bintang Emon, dari Mahar sampai Busana Pengantin

Bintang Emon resmi menikahi Alca Octaviani pada hari ini, MInggu (24/7/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan tengah meliputi pasangan Bintang Emon dan Raden Alca Octaviani. Sang komika resmi menikahi pujaan hatinya, Alca Octaviani, pada hari ini, Minggu (24/7/2022).

Proses pernikahan Bintang Emon dan Alca Octaviani berlangsung di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta. Momen bahagia mereka juga disiarkan langsung melalui channel YouTube Bintang Emon.

Apa saja detail pernikahan Bintang Emon dan Alca Octaviani? Simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Usung adat Betawi

Prosesi pernikahan Bintang Emon dan Alca Octaviani terselenggaran dengan mengusung adat Betawi. Ketika memasuki venue pernikahan, Bintang didampingi kedua orangtuanya.

Rangkaian acara dimulai dengan adat palang pintu khas Betawi. Ini adalah tradisi yang menjadi bagian dari upacara pernikahan dengan saling berbalas pantun dan pertunjukan bela diri.

2. Mahar

Mahar atau maskawin yang diberi Bintang Emon untuk memperistri Alca adalah seperangkat alat salat dan uang senilai 2.407 dolar AS atau sekitar Rp36 juta. Nilai maskawin tersebut merujuk pada tanggal penikahan Bintang dan Alca, yakni 24 Juli.

3. Busana pengantin

Busana pengantin Bintang Emon dan Alca Octaviani dibalut nuansa perak. Bintang terlihat berbalut beskap, peci, dan celana panjang dan dipadu dengan kain warna emas dan selop warna senada, sedangkan mengenakan kebaya yang juga bernuansa perak dan siangko khas Betawi, yakni mahkota yang dikenakan pengantin perempuan Betawi yang dilengkapi cadar dari emas atau perak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Memohon restu

Sebelum prosesi akad nikah dilangsungkan, Alca Octaviani terlebih dahulu memohon restu kepada orangtuanya. Alca juga meminta doa kepada ayah dan ibunda untuk pernikahannya.

"Hari ini, atas izin dan perkenankan Allah SWT Alca akan melangsungkan pernikahan untuk membangun rumah tangga sendiri dengan calon suami yang Alca cintai yang bernama Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra. Hati dan langkah Alca berat rasanya jika pernikahan ini dilakukan tanpa kerelaan hati ayah dan ibu," kata Alca Octaviani dengan suara bergetar.

"Alca mohon ampun, mohon dibukakan pintu maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan Alca selama ini. Alca juga mohon restu dan kesediaan ayah untuk menikahkan merelakan dan ikhlas serta rida dengan pernikahan ini dan sertakan kami dalam setiap doa ayah dan ibu agar keluarga kami kelak menjadi sakinah, mawaddah dan warahmah. Aamiin ya rabbal alamin," demikian kata Alca Octaviani.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

5. Akad nikah

"Ananda Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra bin Agus Sunardi, saya nikahkan dan saya kawinkan engkau dengan anak kandung saya yang bernama Raden Alca Octaviani dengan maskawin seperangkat alat salat dan uang tunai sebesar 2.407 dolar Amerika dibayar tunai," kata ayah Alca, Raden Budi Priatna.

"Saya terima nikah dan kawinnya Raden Alca Octaviani binti Raden Budi Priatna, dengan mas kawin tersebut dibayar tunai," jawab Bintang Emon dengan satu tarikan napas yang langsung disambut oleh kata "sah" dari para saksi.

6. Saksi nikah

YouTuber Arief Muhammad didaulat sebagai saksi nikah dari pihak Alca Octaviani. Alca sebelumnya sempat bekerja di perusahaan milik Arief Muhammad, Armuh Global Management.

Arief Muhammad juga sempat membagikan sederet unggahan yang mengabadikan prosesi ijab kabul Bintang Emon. "Sah!" tulisnya singkat dalam unggahan di hari bahagia Bintang tersebut.

4 dari 4 halaman

Lamaran hingga Siraman

Sebelumnya, Bintang Emon telah melamar Alca Octaviani pada Minggu, 16 Mei 2022. Momen bahagia tersebut ia bagikan melalui unggahan di akun Instagram pribadinya.

"Terima kasih buat semua pihak yg terlibat.Kalo diliat lagi, beneran kayak acara lamaran anak di bawah umur," bunyi keterangan unggahannya yang bernada bercanda.

"Saya mah ga ngerti kan soal perbajuan lamaran.Gatau bahwa baju yg kupilih ternyata lumayan berani warnanya untuk acara lamaran. Yang kutau hanyalah berasa ganteng bak Andrew White aja pas pake baju ini, dan ternyata banyak banget yang suka sama bajunya juga," tulis Bintang dalam unggahan berbeda soal baju lamarannya.

Menjelang prosesi akad nikah, Alca menjalani prosesi pengajian dan siraman. "Qur'an Recitation & Siraman before Wedding; FULL OF LOVE," tulisnya dalam unggahan pada 21 Juli 2022.

Dalam prosesi pengajian, Alca terlihat berbalut kebaya merah muda. Momen haru tercipta ketika Alca sungkem dan meminta doa restu kepada kedua orangtuanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.