Deretan Potret Persalinan Aliya Rajasa, Lahirkan Anak ke-4 Ibas Yudhoyono

Oleh Dinny Mutiah pada 23 Jul 2022, 14:06 WIB
Diperbarui 23 Jul 2022, 14:10 WIB
Deretan Potret Persalinan Aliya Rajasa, Lahirkan Anak ke-4 Ibas Yudhoyono
Perbesar
Aliya Rajasa lahirkan anak keempat dari Ibas Yudhoyono. (dok. Instagram @ruby_26/https://www.instagram.com/p/CgVy0N4LaJ0/?hl=en/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta - Aliya Rajasa dan Edhi Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengumumkan kelahiran anak ke-4 mereka yang berjenis kelamin perempuan. Dengan begitu, keluarga itu kini memiliki sepasang anak lelaki dan sepasang anak perempuan.

"Alhamdulillah Wasyukurilah, Wanikmatilah Lahawlawalakuata Ilabilah. Tepatnya, tanggal 22 Juli 2022 di Jum’at berkah dan bahagia untuk kami sekeluarga #EBYFAMILY," tulis Aliya dalam akun Instagram @ruby_26, disertai unggahan sederet potret, Sabtu (23/7/2022).

Belum diketahui nama bayi Aliya dan Ibas Yudhoyono yang berbalut selimut kuning sesaat setelah ia dilahirkan. Doa warganet untuk kesehatan dan keselamatan keluarga itu membanjiri kolom komentar. Sementara, adik Aliya juga tidak menutupi kegembiraannya.

"Duuuhhh ngga sabar ketemu… Tio ❤️ you," tulis Rasyid Rajasa dalam kolom komentar.

Aliya sebelumnya sempat mengungkapkan bahwa kehamilan keempatnya sangat berbeda dari sebelumnya. Dalam sebuah unggahan, ia mengaku menjadi melankolis, hampir setiap hari menangis. Walau berusaha mengalihkan pikiran dengan berkegiatan, ia selalu merasa ada yang berbeda.

"Antara kangen tapi juga membiasakan keadaan tidak ada Memo lagi yg membimbing di keseharian kehamilanku kali ini..karena rasanya memang sangaat berbeda dari ketiga kehamilan sebelumnya 🤍 maklum usia jugaa ya bundd," tulis Aliya saat itu.

Kehamilan keempat ini menjadi yang pertama bagi Aliya tanpa bimbingan Ani Yudhoyono yang berpulang pada 1 Juni 2019. Karena itu, ia bersyukur Ibas menghadapinya dengan sabar. Terlebih, suaminya harus membagi waktu, tenaga, pikiran, dan perasaannya antara pekerjaan dan tugas sebagai suami siaga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Deretan Potret Persalinan Aliya Rajasa, Lahirkan Anak ke-4 Ibas Yudhoyono
Perbesar
Anak keempat Aliya Rajasa dan Edhy Baskoro Yudhoyono. (dok. Instagram @ruby_26/https://www.instagram.com/p/CgVy0N4LaJ0/?hl=en/Dinny Mutiah)

Bangun Kedekatan

Deretan Potret Persalinan Aliya Rajasa, Lahirkan Anak ke-4 Ibas Yudhoyono
Perbesar
Aliya Rajasa dan Ibas Yudhoyono didampingi SBY dan kedua orangtuanya berdoa sebelum masuk ke ruang bersalin. (dok. Instagram @ruby_26/https://www.instagram.com/p/CgVy0N4LaJ0/?hl=en/Dinny Mutiah)

Sebelum menjalani persalinan, perempuan kelahiran 26 April 1986 itu berdoa bersama di dalam kamar perawatan. Dalam sebuah potret terlihat bahwa momen persalinan itu dihadiri oleh kedua orangtuanya, Hatta Rajasa dan Okke, serta bapak mertuanya, Susilo Bambang Yudhoyono.

Selanjutnya, Aliya yang duduk di kursi roda digiring ke ruang bersalin. Wajahnya tampak tenang dengan riasan makeup tipis ditambah bulu mata palsu yang mencolok. Ibas terlihat ikut masuk ke dalam ruang bersalin. Wajahnya tersenyum begitu putrinya lahir dan menangis.

Tidak diketahui apakah ketiga anak Ibas dan Aliya ikut serta. Yang pasti, Aliya mengabari bahwa anak ketiganya yang ia panggil Ayuk Gaia sudah mempersiapkan diri menjadi kakak selama ia hamil. Ayuk adalah sebutan kakak perempuan dalam bahasa Palembang.

"Gaia sering sekali menanyakan keadaan adiknya di perut, mengingatkan mammienya tidak telat makan, membayangkan nanti kalau adiknya telah hadir katanya Gaia ingin turut bantu memandikan dan menggendong😄, dan Gaia sering memeluk, mengelus dan ajak bicara adiknya yg masih di perut," tulis Aliya di salah satu unggahan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Dilibatkan

Deretan Potret Persalinan Aliya Rajasa, Lahirkan Anak ke-4 Ibas Yudhoyono
Perbesar
Ibas terlihat mengelus kepala Aliya yang bersiap menjalani persalinan anak keempatnya. (dok. Instagram @ruby_26/https://www.instagram.com/p/CgVy0N4LaJ0/?hl=en/Dinny Mutiah)

Menurutnya, Gaia dan sang bayi sudah memiliki ikatan sejak di dalam kandungan. Gaia selalu menyentuh dan bercerita kepada adiknya yang masih di kandungan, dan adiknya merespons dengan gerakan yang aktif. "Bahkan setiap ada suara Gaia si baby seperti langsung merespon," ia menambahkan.

Aliya juga kerap melibatkan anak-anaknya dalam persiapan menyambut bayi. Salah satunya dengan mengajak mereka berbelanja perlengkapan bayi bersama.

"Karena sudah tidak simpan perlengkapan dan segala kelengkapan untuk bayi, jadilah harus kembali melengkapi. rasanya seperti deja vu," tulis Aliya.

Tidak terlalu banyak kesulitan yang dihadapinya saat memilih perlengkapan bayi untuk kali ini. Ia tidak lagi mencari informasi karena sudah belajar dari pengalaman sebelumnya. "Tinggal warnanya saja disesuaikan," imbuhnya.

Pengalaman melahirkan terakhir Aliya adalah saat ia melahirkan Gaia alias Gayatri Idalia Yudhoyono pada 1 Januari 2018. Namanya terinspirasi dari istri raja pertama Majapahit, yaitu Raden Wijaya. Dia berharap putrinya bisa menjadi perempuan yang tangguh.

 


Anak-Anak Ibas Aliya

Pesona Aliya Rajasa Istri Ibas Yudhoyono saat Hamil Anak ke-4
Perbesar
Berfoto bersama sang suami dan ketiga anaknya, Aliya tampak menggemaskan mengenakan dress putih panjang dengan detail pita di bagian depan. Dikombinasikan dengan sandal san handbag hijaunya. @ruby_26

Ibas mengakhiri masa lajangnya pada 24 November 2011, bertepatan dengan peringatan hari ulang tahunnya yang ke-31. Dengan tekad yang kuat, ia secara resmi menikahi Siti Rubi Aliya Rajasa – putri mantan Menko Perekonomian Kabinet Indonesia Bersatu, Hatta Rajasa.

Kebahagiaan keluarga Ibas semakin lengkap setelah rumah tangga mereka dikarunai dua orang putra dan satu orang putri. Putra pertama bernama Airlangga Satriadhi Yudhoyono yang lahir pada 24 Desember 2012 di RS. Pondok Indah Jakarta, sementara putra kedua lahir bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2015 sehingga diberi nama Pancasakti Maharajasa Yudhoyono.

Sakti begitu panggilan akrabnya lahir di hari Kamis pukul 00.55 WIB di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta dengan berat 2,98 kilogram dan panjang 48 cm. Kemudian, tepat tanggal 1 Januari 2018 pukul 08.58 WIB, putri Ibas lahir dengan berat 3,59 kg.

Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19
Perbesar
Infografis 8 Cara Cegah Bayi Baru Lahir Tertular Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya