Ingin Wajah Glowing dan Sehat Berseri, Jangan Lupa Lengkapi 6 Vitamin Ini!

Oleh Gilar Ramdhani pada 22 Jul 2022, 14:53 WIB
Diperbarui 22 Jul 2022, 14:54 WIB
Wajah Glowing
Perbesar
Ilustrasi wajah glowing. (Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit wajah sehat dan glowing menjadi keinginan setiap wanita. Tidak heran, bila mereka meluangkan banyak waktu untuk melakukan perawatan dan membersihkan wajah. Selain merawat wajah dari luar, kamu juga harus merawatnya dari dalam, seperti mengonsumsi makanan yang bergizi dan bervitamin.

Tercukupinya kebutuhan vitamin dapat menjadi poin penting ketika Anda merawat wajah. Tak hanya menyehatkan kulit, vitamin ini juga akan membantu wajah Anda tampak awet muda.

Berikut ini beberapa vitamin yang perlu Anda lengkapi dan makanan yang dikonsumsi bila ingin memiliki wajah glowing natural.

Vitamin A

Kandungan Vitamin A itu berfungsi untuk menormalkan kulit sehingga dapat mengurangi keriput dan meningkatkan kolagen. Tak hanya itu, dengan kandungan itu menjaga kulit tetap kenyal. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti telur, sayuran hijau, susu, wortel, labu, jeruk, melon dan hati sapi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Vitamin B 

Wajah Glowing
Perbesar
Ilustrasi wajah glowing. (Shutterstock)

Dikutip dari KlikDokter, Vitamin B kompleks dipercaya memiliki manfaat terhadap kesehatan kulit wajah. Salah satu khasiatnya berkaitan dengan meningkatnya kesehatan kulit dengan memproduksi sel-sel kulit baru yang tentunya lebih sehat. Anda dapat memperoleh vitamin untuk wajah ini dengan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin B. Beberapa contoh makanan yang dimaksud, antara lain pisang, beras, telur, dan lain-lain.

Vitamin C

Vitamin C memberikan perlindungan antioksidan kuat yang dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas seperti sinar UV dan polusi. Vitamin ini sangat cocok bagi Anda yang aktif bekerja.

Selain itu, vitamin C juga mampu membantu meningkatkan produksi kolagen, mengurangi peradangan dan iritasi kulit serta mencegah timbulnya flek hitam. Untuk itu, jaga kecantikan kulit Anda dengan mengkonsumsi buah sitrus seperti jeruk, stroberi, mangga, brokoli, cabai, paprika hijau dan merah, pepaya dan wortel.

 


Vitamin D

Wajah Glowing
Perbesar
Ilustrasi wajah glowing. (Shutterstock)

Vitamin wajah berikutnya dapat diperoleh dengan mudah dari sinar matahari. Anda bisa mendapatkan vitamin wajah ini dengan berjemur di bawah matahari selama 10 menit per harinya. Namun, pastikan untuk berjemur di bawah jam 10 pagi. Selain berjemur, Anda pun dapat memperoleh vitamin D dari makanan, seperti sereal, jus jeruk, dan yoghurt. Konsumsi juga ikan yang mengandung vitamin D alami, seperti salmon, tuna, dan ikan kod.

Vitamin E

Vitamin E merupakan vitamin yang paling terkenal dan sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Vitamin E adalah antioksidan yang efektif membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Anda dapat memperoleh vitamin E dari berbagai sumber makanan, misalnya kacang dan biji-bijian, seperti almon, hazelnut, dan biji bunga matahari. Selain mendapatkannya lewat konsumsi makanan, suplemen vitamin E maupun multivitamin juga dapat menjadi pilihan.

Vitamin K

Vitamin K berperan dalam membantu proses pembekuan darah tubuh, yang membantu tubuh menyembuhkan luka, memar, dan area yang terkena operasi. Fungsi dasar vitamin K juga dianggap membantu kondisi kulit tertentu, seperti stretch mark, bekas luka, titik gelap lingkaran membandel di bawah matamu.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin K antara lain sayuran kale, brokoli, kubis, kol, buncis. Lalu, buah prem, kiwi, blueberry, alpukat, tomat, dan anggur. Selain sayuran, kacang, buah, dan minyak, vitamin K juga bisa Anda dapatkan dari produk hewani.

Itulah beberapa vitamin yang baik untuk wajah, karena setiap orang kebutuhan vitamin dan kondisi kulit wajahnya berbeda-beda, lebih baik konsultasikan ke dokter agar tahu diet yang sesuai.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya