Sukses

Makanan Khas Korea Dijual di Gerbang Restorasi Kereta Api, Ada Apa Saja?

Makanan khas Korea tersebut merupakan menu baru yang bisa dibeli secara langsung di kereta maupun melalui aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Saat pergi naik kereta untuk perjalanan jarak jauh, Anda tak perlu khawatir merasa lapar di pertengahan jalan. Anda bisa memesan makanan atau langsung ke gerbong restorasi (gerbong khusus untuk restoran).

Beragam menu tersedia, termasuk makanan ala Korea. Dalam unggahan di akun TikTok @kulinerkereta, seorang pria menunjukkan momen ketika mencicipi makanan Korea yang dijual di gerbong restorasi. Makanan khas Korea tersebut merupakan menu baru yang bisa dibeli secara langsung maupun melalui aplikasi KAI Access.

Pria ini kemudian menunjukkan aneka makanan yang ia pesan. Ada empat macam menu yaitu dakgalbi, tteokpokki, yangnyeom chicken, dan bulgogi yang bisa kita pesan. Tteokpokki dan bulgogi relatif sudah dikenal, tetapi dakgalbi dan yangnyeom chicken terbilang jarang ditemui. Perbedaannya, dakgalbi adalah ayam tumis pedas, sedangkan yangnyeom chicken adalah ayam goreng yang disiram saus pedas dan lengket.

Semua makanan itu dikemas dengan wadah plastik dan memiliki porsi yang pas. Menurut akun tersebut, cita rasa sajian Korea di gerbong restorasi ini terasa nikmat. Makanan juga disajikan hangat dan segar. Perut lapar di tengah perjalanan panjang pun bisa teratasi.

Tidak semua rute menyediakan menu tersebut. Menu makanan khas Korea tersebut saat ini baru tersedia di kereta Argo Bromo Anggrek, Argo Dwi Pangga, Argo Lawu, Argo Wilis, Taksaka dan Argo Parahyangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kuliner Kereta

Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Sampai berita ini ditulis, video tentang makanan Korea ini sudah dilihat lebih dari 300 ribu kali. Beragam komentar memenuhi unggahan ini. "Astaga baru tahu, jadi pengen nge-trip lagi huhu," komentar seorang warganet.

"Semoga aja ada seblak di kuliner kereta," komentar warganet lainnya. "Please makanan di kereta emang selalu enak, aku nggak pernah ketemu yang rasanya mengecewakan," tulis warganet lainnya.

PT KAI memiliki beberapa layanan kereta wisata, salah satunya adalah Kereta Istimewa. Sajian makanan di kereta ini berbeda dengan jenis kereta lainnya.

Dikutip dari laman resmi KA Wisata, Kamis, 6 Januari 2022, ini adalah eks kereta inspeksi yang didesain ulang untuk agar penumpang dapat menikmati pengalaman perjalanan yang berbeda. Kereta Istimewa berbeda dengan kereta wisata lain karena kereta ini dapat digunakan untuk perjalanan wisata sesuai waktu yang diinginkan alias fleksibel. Mengingat, kereta ini tidak digandengkan pada kereta api reguler.

3 dari 4 halaman

Kereta Istimewa

Kereta ini terdiri dari dua rangkaian yang dilengkapi ruang utama, yakni lounge termasuk karaoke, audio dan video, ruang meeting dilengkapi televisi layar lebar, serta tempat duduk dengan leg rest. Penumpang juga bisa menikmati perjalanan sembari melihat langsung pemandangan dari ruang masinis.

Dikutip dari laman Setkab, Kereta Istimewa dapat dipesan dengan tarif sekitar Rp19 juta dengan total 40 penumpang. Kereta ini melayani jarak tempuh menengah, yakni Jakarta-Cirebon, Jakarta-Bandung, dan Jakarta-Semarang.

Selama perjalanan, penumpang juga dapat menikmati sajian lokal. Beberapa santapan yang ada di Kereta Istimewa, salah satunya Tahu Gejrot, sajian lokal ini terdiri atas tahu yang telah digoreng dan dipotong agak kecil. Penyajian makanan ini bersama kuah yang bumbunya terdiri atas cabai, bawang putih, bawang merah, hingga gula. Biasanya, tahu gejrot disajikan dalam layah kecil.

Selanjutnya ada Pecel Kroya yang disediakan pihak kereta untuk penumpang. Pecel adalah sajian tradisional khas Jawa yang sudah tersohor kepopulerannya.

4 dari 4 halaman

Jajanan Pasar

Sajian yang berbahan dasar ragam sayuran ini disantap dengan campuran sambal kacang. Umumnya, pecel disajikan dengan aneka lauk dan dedaunan, salah satunya dengan adanya bunga combrang yang jadi khas dari daerah Kroya.

Ada pula Sroto Sokaraja, sajian khas Sokaraja, sebuah kota kecil di timur Purwokerto, Jawa Tengah. Kekhasan dari sajian ini adalah ketupat dan sambal kacangnya.

Untuk makanan kecil, Kereta Istimewa juga menyediakan ragam jajanan pasar. Ini adalah camilan tradisional Nusantara yang banyak dijual khususnya di pasar-pasar tradisional. Jajanan pasar yang banyak diminati, meliputi serabi, risoles, putu ayu, onde-onde, kue cucur, kue cincin, dadar gulung, cenil, kue lapis, dan lainnya. Tak ketinggalan, penumpang juga bisa mencicipi pencuci mulut lain, yakni Es Brasil.

Kudapan yang berusia lebih dari setengah abad ini adalah sebuah brand legendaris dari Purwokerto, Jawa Tengah. Ciri khas es ini diproduksi secara homemade menggunakan buah-buahan asli tanpa bahan pengawet dan 100 persen gula tebu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.