Sukses

Wisatawan Indonesia Liburan ke Turki, Bujet Perjalanannya Bikin Warganet Syok

Untuk tiket pesawat dari Jakarta ke Turki, wanita ini mendapatkan harga sekitar Rp5,7 juta per orang untuk pulang pergi.

Liputan6.com, Jakarta - Turki termasuk salah satu destinasi wisata favorit, termasuk bagi wisatawan Indonesia, terutama setelah kesuksesan serial Layangan Putus beberapa waktu lalu. Atraksi menaiki balon udara di Cappadocia menjadi salah satu yang dituju.

Pengalaman itu pula yang dibagikan Herma lewat akun TikTok @hermaprabayanti. Ia mengaku liburan ke Turki selama sembilan hari bersama tujuh orang temannya.

Melansir dari unggahannya pada Rabu, 20 Juli 2022, untuk tiket pesawat dari Jakarta ke Turki mereka mendapatkan harga sekitar Rp5,7 juta per orang untuk pulang pergi. Untuk naik transportasi umum seperti bus dan kereta di Turki, mereka menghabiskan sekitar Rp350 ribu.

Mereka juga sempat menikmati makan malam di kapal feri dengan harga Rp650 ribu per orang.  Selanjutnya, mereka membeli access pass museum dengan harga Rp900 ribu. Access pass museum ini digunakan untuk masuk ke seluruh museum yang ada di Turki.

Dari Istanbul, mereka juga pergi ke Cappadocia naik pesawat seharga Rp1,7 juta per orang untuk pulang pergi. Di sana mereka menyewa mobil seharga Rp1,5 juta selama tiga hari.

Untuk hotel, rata-rata mereka menghabiskan Rp700 ribu per malam. Sesampainya di Cappadocia tentu mereka menaiki balon udara dengan harga Rp3 juta per orang. Dari bandara ke hotel, mereka juga menaiki bus sebanyak tiga kali. Sekali jalan mereka akan mengeluarkan biaya Rp150 ribu sekali jalan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengumpulkan Uang Jajan

Untuk biaya makan, per orang memiliki bujet Rp250 ribu. Kemudian, mereka juga pernah menaiki feri dengan tarif Rp650 ribu per orang. Total untuk liburan ke Turki menghabiskan biaya Rp22.690.000 per orang selama sembilan hari di sana.

Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini. Banyak yang syok dan tak mengira untuk liburan ke Turki butuh biaya yang sangat besar.

"MasyaAllah harganya bikin aku meleyot," komentar seorang warganet. "Itu berdelapan habisnya bisa sampai Rp180 jutaan. Nangis banget gue," komentar warganet lainnya.

"Aku perlu ngumpulin uang jajan berapa tahun ya buat bisa sampai ke Turki," tulis warganet lainnya.  Sampai berita ini ditulis, unggahan itu sudah dilihat lebih dari 2,3 juta kali dan disukai lebih dari 321 ribu kali.

Di awal tahun ini, nama Cappadocia di Turki menjadi sangat terkenal setelah disebut dalam adegan pertengkaran Kinan dan Aris dalam serial Layangan Putus. Saat itu banyak bermunculan tawaran paket liburan ke Turki, terutama ke Cappadocia. Lantas, berapa biaya liburan ke Cappadocia yang menjadi impian Kinan dalam Layangan Putus?

3 dari 4 halaman

Paket ke Cappacodia

Melansir kanal Jateng Liputan6.com, Tourturki.my.id pada Januari lalu menawarkan paket perjalanan ke Turki dengan biaya Rp 12,95 juta untuk 10 hari. Kunjungan ke Cappadocia dilakukan pada hari kelima sampai ketujuh.

Biaya itu sudah termasuk tiket pesawat pulang pergi, hotel bintang lima, makan, tiket dan tur perjalanan,PCR test sebelum kepulangan, free porter bandara, serta prviate Bhosporus Cruise. Ada juga paket perjalanan khusus ke Cappadocia bagi Anda yang sudah berada di Turki.

Berdasarkan getyourguide.com, tur seharian ke tempat balon udara tersebut dibanderol Rp3,3 juta per orang. Tak sekadar menikmati pemandangannya, paket tersebut termasuk menikmati wahana balon udara.

Biaya hidup dan perjalanan di Cappadocia juga masih masuk akal untuk kantong orang Indonesia. Itu karena nilai tukar 1 Turkish Lira (TL) sekitar Rp1.000-an.

Kalau biaya liburan ke luar negeri seperti ke Turki terasa terlalu mahal, Anda bisa berlibur di negeri sendiri. Ke Bali misalnya. Keindahan Pulau Dewata ini tak perlu diragukan lagi.

4 dari 4 halaman

Liburan Murah

Ada cara untuk bisa liburan hemat ke Bali ala backpacker yang dibagikan oleh akun TikTok @septyarani. Dalam unggahannya, pemilik akun bernama Devi Nikola ini mengungkapkan cara liburan ke Bali selama seminggu meski uang yang dimiliki terbatas dan dilakukan di masa pandemi Covid-19.

Dalam unggahan pada 27 Agustus 2021, Devi merangkum tips liburan murah ke Bali selama seminggu. Yang pertama, untuk menuju Bali, Anda bisa menggunakan moda transportasi selain pesawat. 

Dalam video tersebut, wanita ini memilih untuk naik bus dari Kediri dengan harga tiket Rp285 ribu. Ia juga membayar Rp100 ribu untuk tes antigen sehingga uang yang dikeluarkan totalnya adalah Rp385 ribu.

Sampai di Bali, Devi menyewa homestay seharga Rp500 ribu untuk satu minggu. Di homestay tersebut tersedia dapur dan kulkas sehingga ia bisa masak untuk menekan biaya makan. Untuk transportasi selama di Bali, Devi memilih untuk menyewa motor selama satu minggu.

Biaya yang dikeluarkan untuk sewa motor adalah Rp400 ribu. Devi memilih destinasi wisata yang tak perlu membayar tiket masuk. Ia datang ke Pantai Jimbaran serta Pantai Kuta dan hanya perlu membayar Rp2.000 untuk parkir motor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.