Sukses

Sulitnya Koki Ukraina Merekrut Pengungsi Jadi Staf Restoran Baru di London

Koki asal Ukraina ingin memberdayakan para pengungsi dari negaranya walau latar belakang mereka mentereng.

Liputan6.com, Jakarta - Koki Ukraina bernama Yurii Kovryzhenko telah bertahun-tahun memperjuangkan gastronomi nasional negara asalnya ke seantero jagat. Kini, ia tengah bersiap untuk membuka restoran bergaya neo-bistro di London yang akan dikelola oleh para pengungsi Ukraina.

Dikutip dari CNN, Rabu, 20 Juli 2022, sang koki dan rekannya Olga Tsybytovska akan meluncurkan Mriya di lingkungan kelas atas Chelsea di London akhir bulan ini. Keduanya mengunjungi ibu kota Inggris dari Kiev untuk sebuah acara di Kedutaan Besar Ukraina ketika Rusia menginvasi tanah air mereka pada Februari.

Mereka sudah berada di London tersebut sejak momen itu. "Ketika saya menutup pintu apartemen saya, saya pikir saya akan kembali dalam 10 hari," kata Tsybytovska kepada CNN Travel. "Tapi hidup sangat tidak terduga."

Usai berbulan-bulan bekerja dengan koki terkenal Inggris, termasuk Richard Corrigan dan Jason Atherton, untuk mengumpulkan dana bagi warga yang terdampak perang, mereka memutuskan untuk membuka Mriya. Restoran akan menawarkan hidangan klasik Ukraina, seperti borsch, (atau borscht) dengan sentuhan modern, serta spesialisasi seperti semangka yang difermentasi dan golubtsi (kubis gulung) yang terbuat dari bunga zukini.

"Saya ingin orang-orang yang datang ke sini merasa seperti saya ketika saya berada di pasar (makanan) di negara lain," jelas koki tersebut. "Saya ingin mereka menemukan sesuatu yang baru -- rasa baru. Saya ingin mereka jatuh cinta dengan makanan Ukraina."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan Lokal

Kovryzhenko menggunakan produk lokal daripada mengimpor produk makanan dari Ukraina untuk memastikan bahwa ada beberapa selera yang familiar bagi pengunjung. Ketika Mriya membuka pintunya, ia akan menyajikan makanan Ukraina yang terbuat dari produk Inggris dengan "sentuhan" pengaruh yang didapatkan di negara lain.

Menurut Kovryzhenko, makanan Ukraina memiliki banyak kesamaan dengan makanan Inggris, seperti kurangnya "rempah-rempah agresif", serta kesukaan pada daging babi, dill, dan lobak. "Rasa dan rasanya sangat mirip," katanya. "Tetapi pada saat yang sama, teknik (memasak) benar-benar berbeda. Jadi saya pikir itu akan sangat menarik."

Menu utama terdiri dari sekitar 25 hidangan, sementara menu mencicipi juga akan tersedia, bersama dengan pilihan infused vodka atau wine pairing. Sayuran dan buah-buahan yang difermentasi, yang banyak digunakan dalam masakan Ukraina, akan ditampilkan secara signifikan. Restoran ini memiliki ruang fermentasi tersendiri.

Selain masakan tradisional, Mriya juga akan menampilkan seni dan furnitur oleh seniman dan desainer Ukraina. "Kami akan memberikan ruang sentuhan Ukraina dan mengisinya dengan energi Ukraina sebanyak yang kami bisa," tambah Tsybytovska.

3 dari 4 halaman

Makna Nama Restoran

Kovryzhenko dan Tsybytovska mengungkapkan alasan memilih nama Mriya yang berarti mimpi dalam bahasa Ukraina. Selain mewakili mimpi bersama mereka untuk membawa makanan Ukraina ke tingkat berikutnya di kancah global, itu juga nama pesawat jet terbesar di dunia, Antonov An-225 Mriya, yang dikonfirmasi oleh pejabat Ukraina dihancurkan selama invasi.

Dirancang pada 1980-an oleh Biro Desain Antonov di Uni Soviet, pesawat itu telah lama menjadi sumber kebanggaan nasional bagi warga negara, insinyur pesawat Ukraina Petro Balabuyev adalah perancang utama untuk proyek tersebut.

"Itu (pesawat) sangat berarti bagi Ukraina," kata Tsybytovska. "Ini menunjukkan betapa berbakatnya orang Ukraina."

Mriya juga mencerminkan keinginan sederhana untuk perdamaian dan pemulihan kehidupan sehari-hari yang mereka dan orang Ukraina sukai. "Banyak keluarga Ukraina sekarang hidup terpisah di berbagai belahan dunia," kata Tsybytovska. "Dan mereka bermimpi untuk kembali ke rumah dan tidur di bawah langit yang aman. Mendapatkan rumah mereka kembali, memulihkan negara, dan kembali ke kehidupan sebelumnya."

Mereka berharap restoran itu akan menjadi titik pertemuan bagi warga Ukraina dan pengungsi lainnya di London. Keduanya juga berencana untuk menggunakan bagian dari area lantai bawah sebagai tempat berbaur pada Jumat dan Sabtu.

4 dari 4 halaman

Perekrutan Bermasalah

Keduanya percaya bahwa Ukraina berpotensi menjadi tujuan wisata kuliner teratas. Mereka sangat bersemangat untuk menampilkan masakan nasional mereka di ibu kota gastronomi seperti London.

Bahkan, Kovryzhenko bertujuan untuk menawarkan kelas master memasak Ukraina di tempat tersebut, yang terletak tidak jauh dari Kedutaan Besar Ukraina. "Saya ingin menjadikan tempat ini sebagai kedutaan gastronomi Ukraina," katanya.

Sejak memasang iklan untuk staf di berbagai jejaring sosial, mereka dibanjiri permintaan dari pengungsi Ukraina di London yang sangat membutuhkan pekerjaan. Namun, banyak dari mereka yang telah menjawab tidak berbicara banyak bahasa Inggris, sementara beberapa masih menunggu dokumen resmi mereka datang, jadi ini terbukti menjadi proses yang bermasalah.

"Sangat menyedihkan untuk berbicara dengan orang-orang itu," kata Tsybytovska. "Karena beberapa dari mereka adalah guru, beberapa dari mereka adalah dokter dan dokter gigi, tetapi mereka tidak berbicara bahasa Inggris dan gelar mereka tidak diakui di sini (di Inggris)."

Terlepas dari kesulitan-kesulitan ini, mereka mengatakan bahwa mereka tetap berkomitmen untuk menyediakan staf restoran dengan pengungsi Ukraina. Meskipun Mriya terbukti menjadi pengalih perhatian positif, kenyataan dari apa yang terjadi di rumah tidak pernah jauh dari pikiran mereka. "Orangtua dan saudara laki-laki saya tinggal di Ukraina," kata Tsybytovska. "Jadi saya tidak bisa santai lagi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.